Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • 3 Point Penting Sebelum Mempublikasikan Entri Postingan

    Membuat tulisan berupa artikel atau tutorial yang akan dipublikasikan ke publik melalui blogger perlu adanya teknik penulisan yang baik dan benar. Kebanyakan blogger pemula kurang tepat dalam prosedur membuat postingan karena mungkin faktor ketidak tahuan dan pengalaman menjadi seorang blogger yang belum lama sehingga banyak metode pengelolaan blog khususnya dalam pembuatan postingan yang belum dikuasai.

    Ada 3 hal yang harus diperhatikan bagi Anda seorang blogger pemula yang sedang belajar mengelola dan membangun sebuah blog pada saat sebelum mempublikasikan postingan yang sudah selesai dibuat.

    Yang Pertama adalah memberi label berdasarkan pengelompokan jenis tema postingan yaitu dengan mengisi Label postingan pada Sub Menu Label Setelan Entri. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan identitas postingan berdasarkan tema yang sedang dibahas kepada Google Searching  Engine. Misalnya Anda membahas tentang bagaimana menjaga kebersihan badan atau lingkungan rumah maka labelnya bisa menggunakan kata Kesehatan. Karena inti dari penjabaran postingan menjaga kebersihan  badan atau lingkungan adalah Kesehatan.

    Label dari postingan ini adalah Blogger karena postingan ini merupakan salah satu penjabaran dari cara pengelolaan blog dan label yang tepat untuk digunakan adalah Blogger.

    Yang Kedua Adalah  mengatur link dari postingan yang akan dipublikasikan melalui Sub menu Tautan Permanen Setelen Enteri, meskipun secara otomatis link akan terbuat dengan sendirinya, terkadang link secara otomatis tidak tepat bahkan tidak seo fiendly menurut Google Searching Engine seperti tampak pada screenshot berikut ini:

    Link yang terbuat otomatis tampak kurang tepat dengan akhiran kata -sebelum-. Jelas link seperti ini tidak mewakili inti atau isi dari postingan yang dibuat. Selain itu pada akhir tangggal dimana postingan dibuat ada digit angka 3 yang merupakan bagian dari judul. Link urul postingan yang mengandung digit angka atau tanda baca dianggap tidak seo friendly. Maka dari itu link harus disempurnakan menjadi seperti berikut ini agar memenuhi persyaratan Link SEO Friendly:

    Gunakan pilihan sub menu Tautan Permanen Khusus, lalu ketik ulang link dengan mengambil beberapa kombinasi kata dari judul postingan, antar kata atau kalimat dipisahkan dengan tanda baca setrip (-) dan gunakan penulisan huruf kecil saja jangan kapital.

    Perhatikan gambar contoh screenshot link postingan berikut ini:

    Tampak pada akhir url postingan diakhiri dengan tanda baca underscore (_) dan digit angka (20). Url postingan seperti ini tidak SEO Friendly bahkan tidak menjelaskan atau mewakili isi postingan. Maka harus dirubah agar SEO Friendly menjadi seperti ini:

    Untuk postingan yang sudah terlanjur dipublikasikan, caranya adalah dengan mengembalikan postingan ke draf terlebih dahulu, kemudian lakukan edit ulang.

    Perbaiki url yang tidak SEO Friendly melalui sub menu Tautan Permanent Khusus Setelan Enteri. Masukkan Url pengganti secara manual setiap kata dipisahkan dengan tanda baca strip (-) usahakan url singkat padat dan jelas dan jangan terlalu panjang.

    Gunakan sub menu permanent khusus untuk membuat link secara manual, gunakan beberapa kombinasi kata (potongan kalimat) dari judul postingan. Usahakan singkat, padat dan tepat tidak perlu ditulis secara keseluruhan karena link yang terlalu panjang juga tidak SEO Friendly.

    Yang Ketiga adalah memberikan Deskripsi Penelusuran postingan, hal ini sangat penting dilakukan untuk memberikan deskripsi secara singkat isi postingan pada hasil penelusuran. Deskripsi akan ditampilkan tepat di bawah link, sehingga calon visitor blog akan mengetahui isi dari postingan melalui cuplikan deskripsi penelusuran. Dengan adanya deskripsi yang jelas dan menarik secara otomatis akan memberi nilai plus postingan anda dan pengguna akan merasa tertarik untuk membacanya secara keseluruhan.

    Deskripsi penelusuran bisa diambil dari potongan paragraf yang mewakili isi dari inti postingan. Bisa juga menggunakan kalimat yang tidak ada dalam paragraf postingan namun harus saling berkaitan. Gunakan deskripsi yang singkat, padat dan tepat sasaran namun jangan terlalu singkat dan jangan pula terlalu panjang karena tidak semua kata-kata dari deskripsi ditampilkan pada hasil penelusuran. Usahakan membuat perkiraan deskripsi yang dibuat dapat tampil tanpa terpotong kalimatnya dihasil penelusuran.

    Setelah ke 3 point penting di atas terpenuhi barulah publikasikan enteri baru potingan anda, jangan lupa untuk mensubmite urul postingan yang telah dibuat di Google Webmaster Tool dan Webmater Tool lainnya seperti Bing dan Yandex agar postingan anda nantinya lebih mudah ditemukan oleh calon visitor. Untuk cara submite url postingan bagi anda yang belum mengerti silahkan  simak tutorial berikut ini:

    1. Tutorial Cara Submite Postingan ke Google Webmaster Tools
    2. Tutorial Cara Submite Postingan ke Bing Webmaster Tools
    3. Tutorial Cara Submite Postingan ke Yandex Webmaster Tools

    Semoga apa yang Admin jelaskan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi Anda yang membaca postingan ini, apabila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan via menu Comentar.


    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: