Panduan Cara Pendaftaran STR Bidan Online KTKI Kemkes

Pendaftaran STR Bidan Online. Surat Tanda Registrasi (STR) merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi.

Tenaga kesehatan yang telah memiliki STR dapat melakukan aktivitas pelayanan kesehatan. STR dapat diperoleh jika setiap tenaga kesehatan telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi yang diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi. Ijazah diterbitkan oleh perguruan tinggi peserta didik dan sertifikat uji kompetensi yang diterbitkan oleh DIKTI.

Surat Tanda Registrasi (STR) berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang setiap lima tahun. Sesuai dengan Permenkes 1796 tahun 2011, STR yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan dan/ atau pelatihan, kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan profesinya, serta kegiatan pengabdian masyarakat. Sumber:Faculty of Nursing Universitas Indonesia

Baca Juga: Tutorial Cara Perpanjangan STR Online - KTKI Kemkes Tenaga Kesehatan

Panduan Cara Pendaftaran STR Bidan Online KTKI Kemkes 

Disini saya akan membagikan tutorial cara pendaftaran STR Bidan secara online melalui website KTKI Kemkes bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang bidan hendak mengurus diterbitkannya STR dari KTKI Kemkes.

1. Buka halaman Website Registrasi STR Online ver 2.0 | MTKI

Muncul halaman informasi persiapan file yang akan diupload dan informasi prosedur pendaftaran dan perpanjangan STR Online, setelah anda membacanya Checklist Saya sudah membaca dan memahami ketentuan di atas kemudian Klick menu Tutup.



2. Buat PIN terlebih dahulu dengan klick menu Belum Punya PIN



3. Pada halaman pembuatan (Request) PIN masukkan alamat email anda, No. NIK, Nama Anda di KTP, Tempat Lahir, Tangal Lahir sesuai Identitas Kependudukan, kemudian masukkan kode Captcha lalu Klick DAFTAR



4. Setelah berhasil membuat PIN dan PIN anda ditampilkan Ambil Screenshot atau Salin dan Catat PIN dan simpan. PIN akan digunakan setiap kali akan login Account jadi jangan sampai anda lupa untuk mencatatnya.



5. Kembali ke Menu Login, masukkan alamat email dan PIN Anda, masukkan kode Captcha kemudian Klick Masuk.

6. Akan muncul Pilihan Pendaftaran, Perpanjangan dan menu lainnya saya lupa mengabadikannya melalui screenshot. Jika Anda ingin mendaftar / mengusulkan STR pilih Opsi Pendaftaran.

7. Muncul halaman tahun pendidikan di bawah tahun 2013 dan di tahun 2013 atau tahun sesudahnya. Pilih sesuai dengan tahun lulus dan tahun Ijazah diterbitkan.

8. Masukkan nama perguruan Tinggi Anda secara otomatis akan muncul, pilih yang sesuai dengan Perguruan Tinggi Tempat Anda Kuliah.

9. Masukkan Program Studi, maka akan munul pilihan Program Studi beserta Code Program pilih sesuai dengan Program Studi di Ijazah.

10. Masukkan Nomor Induk Mahasiswa Anda kemudian Klick Konfirmasi Data ke Kemenristekdikti



11. Muncul Jendela Hasil Pencarian Data, Klick Lanjut



12. Pada Jendela Hasil Pencarian Data, Masukkan Identitas anda sesuai dengan Ijazah dan Kartu Tanda Penduduk.



13. Setelah semua Form input data selesai terisi secara keseluruhan pilih Opsi Data Diri dari DUKCAPIL kemudian Check List Persetujuan kebenaran Data kemudian Klick menu Mulai.



14. Step 1 Info Pribadi, siapkan semua dokumen yang harus diupload pada halaman Step 1 Infor Pribadi sesuai dengan ketentuan jenis file dan ukuran. Isi semua Form Input data yang diminta









15. Setelah selesai mengisi input data Step 1 dan dipastikan semua sudah benar Klick Lanjut



16. Step 2 Langkah 1 Info Administrasi, isi semua form pada Step 2 Informasi





17. Setelah selesai menginput data pada Step 2 Langkah 1 Klick Lanjut





18. Step 3 Uji Kompetensi, Masukkan Nomor Sertifikat Komptensi, Tanggal Sertifikat Kompetensi, Tempat Uji Kompetensi, dan Tanggal Uji Kompetensi kemudian Klick Selesai.



19. Muncul Jendela Review dan Informasi data yang sudah anda input sebelumnya. Lakukan pengecekan dengan teliti, apabila ada yang masih salah input data Klick Batal kemudian perbaiki data Anda.



20. Setelah semua data yang diinput sudah dipastikan benar, Cheklist Dengan ini saya menyatakan setuju dengan ketentuan di atas dan menyatakan data saya sudah benar, klick Selesai untuk mengakhiri pendaftaran.



21. Muncul Notifikasi Selamat Registrasi Selesai.



Data ulusan registrasi STR telah selesai, kemudian akan dilakukan validasi dan keabsahan data. Jika Anda menerima informasi melalui email: data terdapat kesalahan/kekurangan/ketidaksesuaian lakukan perbaikan data secepatnya.



Jika data sesuai/benar/asli/disetujuai kemudian lakukan pembayaran dengan menggunakan kode billing yang di dapat melalui menu "Cek Status" atau melalui pesan email.




Tunggu 1 - 2 hari kemudian biasanya anda akan mendapat notifikasi email pendaftaran sukses atau ada kesalahan. Lakukan pembayaran tagihan pencetakan dan pengiriman STR menggunakan Kode Billing Pembayaran melalui Mobile Banking, SMS Banking, ATM atau Anda langsung membayar melalui Bank.

Baca Juga: Panduan Cara Naik Level STR Bidan Online KTKI Kemkes

Setelah anda melakukan pembayaran, STR akan segera diproses untuk di cetak dan dikirim melalui Kantor POS. STR harus diambil sendiri atau dapat berwakil menggunakan surat kuasa di Kantor POS.

Demikianlah Tutorial Cara Pendaftaran atau Registrasi STR Bidan secara Online melalui website KTKI Kemkes STR Online ver 2.0 | MTKI bagi anda yang belum memiliki STR. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan cara Like FansPage, Subscribe dan Share tutorial ini kepada teman anda yang membutuhkan.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.