Cara Menghapus URL Postingan Blog dari Google Penelusuran

Menghapus URL Postingan Blog. Pada awal dirilisnya Google Search Console versi baru dan ditutupnya Google Search Console Versi Lawas menu penghapusan URL Postingan tidak tersedia. Sehingga untuk menghapus URL Postingan sebelumnya cukup sulit apabila tidak mengetahui alamat atau URL penghapusan setelah dinonaktifkannya Google Search Console Versi Lawas. Saya pernah membahas cara penghapusan URL Postingan Blog yang sudah usang tidak ditemukan dengan otifikasi error 404 pada postingan saya sebelumnya dengan judul Cara Baru Menghapus URL Halaman Usang Yang Tidak Ditemukan Error 404

Cara Menghapus URL Postingan Blog dari Google Penelusuran 

Baru-baru ini Fitur Penghapusan sudah muncul di Google Search Console versi terbaru, saya baru mengetahuinya beberapa hari yang lalu seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Untuk menghapus URL Postingan dari Index Google agar tidak ditampilkan pada hasil penelusuran baik itu untuk sementara (Google memberikan batas waktu 6 bulan) atau secara permanent dapat melalui menu Penghapusan.

Klick menu Penghapusan kemudian pilih menu PERMINTAAN BARU, masukkan URL Postingan Blog yang akan di hapus, kemudian pilih Opsi Hapus URL ini saja lalu Klick BERIKUTNYA.



Muncul Jendela Konfirmasi Hapus URL? dengan informasi URL akan diblokir dari Google Penelusuran selama sekitar enam bulan. Dan dapat dibatalkan penghapusannya selama masa blokir masih berlaku, apabila tidak dilakukan tindakan pembatalan maka URL akan benar-benar dihapus secara permanent dari Google Penelusura.



Sampai disini request penghapusan URL Postingan dari Index Google berhasil, berstatus "Memproses Permintaan". Apabila Anda ingin menghapus URL lainnya silahkan ulangi langkah-langkah di atas.



Demikianlah Tutorial Cara Mudah Menghapus URL Postingan Blog yang sudah dipublikasikan dan terindex google agar tidak muncul di hasil penelusuran Google oleh Pengguna melalui Google Search Console untuk sementara ataupun permanent.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.