Cara Optimasi Traffic Blog Dengan Question Hub

Optimasi Traffic dengan QuestionHub. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan traffic blog secara signifikan dan umumnya dilakukan oleh hamper semua blogger baik yang pemula maupun yang sudah kelas master. Dintara cara yang sudah biasa dilakukan adalah:

  • Submite Link URL Postingan ke Webmaster Tools seperti Google Webmaster Tools, Yandex Webmaster Tools, Bing Webmaster Tools dan Baidu Webmaster Tools, 
  • Share Postingan Blog ke Media Sosial seperti Facebook, instagram, twitter, tumbrl, pinterest dan LinkdIn
  • Beriklan di Google dan Facebook serta cara-cara lain yang tujuannya agar konten postingan blog yang sudah dipublikasikan cepat mendapatkan banyak pembaca. 



Selain dari pada cara-cara di atas, belum lama ini ada tempat baru bagi para konten creator seperti blogger untuk share postingan blog baik yang sudah lama dipublikasikan maupun konten yang baru akan dibuat yaitu Google Questin Hub yang bisa dijadikan sebagai tempat atau wahana mempromosikan postingan blog dan dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat konten postingan baru .

Question Hub sendiri adalah sebuah produk dan fitur baru yang diperkenalkan oleh Google diakhir tahun 2019 dan baru populer dan familiar di kalangan blogger di awal tahun 2020. Question Hub merupakan fitur Google Search Engine yang berfungsi mengumpulkan daftar kata kunci pencarian pengguna google yang belum mendapatkan artikel potingan yang menjadi jawaban atas apa yang dicari oleh pengguna. Daftar Pertanyaan atau Keyword Pencarian tersebut kemudian dikumpulkan dan di sajikan dalam suatu wadah yaitu Question Hub.

Google memberikan kesempatan dan inspirasi kepada para Konten Kreator untuk membuat konten berdasarkan daftar pertanyaan di question hub. Secara tidak langsung konten kreator dapat dengan mudah memperkaya konten blognya tanpa harus bersusah payah memunculkan ide baru dan Riset kata kunci (Keyword) ketika hendak membuat postingan baru.

Jadi disini Konten kreator dapat menjawab daftar pertanyaan di question hub menggunakan link URL postingan, yang nantinya dapat secara lansung diakses oleh pengguna yang mengetikan kata kunci pencarian yang sama dengan daftar pertanyaan yang sudah terindex di Question Hub sebelumnya dengan jawaban dari konten kreator yang direkomendasikan oleh Google.

Tentunya dengan Question Hub selain dari pada memperkaya konten blog secara tidak langsung traffic blog akan meningkat secara signifikan dengan adanya share link postingan yang menjadi jawaban pertanyaan di question hub.

Sebagai motivasi bagi Anda, beberapa minggu yang lalu saya sudah ikut berpartisipasi di question hub dengan membuat akun dan mendaftarkan blog saya di question hub. Hasilnya cukup memuaskan dengan menjawab sekitar 201 pertanyaan dengan 68 artikel diperoleh sekitar 6.79k Preview dan 1.02k Klick Penelusuran. Itu artinya secara tidak langsung saya sudah berhasil mendatangkan 1.02k Klick di postingan blog  yang saya jadikan sebagai jawaban pertanyaan di question Hub.



Setelah saya amati dari 201 postingan yang saya jadikan jawaban pertanyaan di question hub ada satu artikel yang paling banyak mendatangkan Klick Pengguna Google sejumlah 267 Klick dengan tayangan 1.268 dan CTR rata-rata 21.1% dengan posisi 8.3 di penelusuran google.



Berikut ini tampilan grafik performa Question Hub milik saya terhitung mulai tanggal 26 Januari 2020. Tampak grafik lalu lintas preview dan klick merangkak naik sedikit demi sedikit secara signifikan.



Untuk mendapatkan daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan di question hub caranya sangatlah mudah. Selelah anda selesai membuat akun dan mendaftarkan Blog Anda di Question Hub pada halaman Dashboard Question Hub klick Tambahkan Pertanyaan.



Pilih pertanyaan berdasarkan kategori atau anda dapat secara langsung mendapatkan pertanyaan dengan mengetikkan kata kunci pencarian pertanyaan di kolom pencarian. Gunakan kata kunci pencarian pendek dan jangan menggunakan lebih dari 3 kombinasi kata. Misalkan anda ingin mencari pertanyaan yang berkaitan dengan printer merk canon maka ketikkan “Canon” dan jangan mengetikkan kata pencarian panjang seperti “Cara Memperbaiki Printer Canon”.

Setelah anda mendapatkan label pertanyaan di Guestion Hub, tambahkan pertanyaan berdasarkan label, klick selesai kemudian akan muncul daftar pertanyaan berdasarkan label atau kata kunci pencarian yang anda gunakan.



Untuk menjawab pertanyaan Klick Menu Jawab di sebelah kanan, kemudian tempelkan URL Potingan yang menjadi jawaban pertanyaan, Klick Kirim untuk mengirim jawaban.



Ulangi langkah di atas untuk menjawab pertanyaan lainnya di question hub. Lakukan add atau penambahan pertanyaan baru untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi dalam membuat konten baru berdasarkan pertanyaan yang anda dapatkan dan mudah untuk menjawabnya dalam bentuk artikel postingan.

Baca Juga: Tips Mengidentifikasi Kekurangan Konten dengan Question Hub

Dalam menjawab pertanyaan usahakan sesuaikan jawaban dan pastikan memberikan solusi atau informasi atas apa yang dibutuhkan pengguna. Jangan mencoba untuk asal jawab pertanyaan dengan jawaban yang tidak sesuai. Perilaku yang tidak wajar dan terkesan mencurigakan akan dideteksi dan diindikasi sebagai spam. Jangan sampai anda melanggar kebijakan dan privasi google karena dapat berdampak negative terhadap akun question anda dan juga bisa saja berdampak buruk pada blog anda. Setiap tindakan spam akan mendapatkan sanksi yang tegas dari Google.

Bagaimana dengan Anda apakah tertarik untuk ikut berpartisipasi dan ambil bagian di Question Hub? 

Jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan Google, segera ambil bagian untuk turut berpartisipasi di question hub. Perkaya konten Blog Anda dan Tingkatkan traffic blog menggunakan question hub mulai dari sekarang. Semakin banyak pertanyaan yang terjawab dan dinyatakan valid oleh Google akan meningkatkan reputrasi blog anda di mata Google Search Engine.

Demikianlah tutorial cara meningkatkan traffic blog dengan memanfaatkan fitur terbaru Google yaitu Question Hub. Semoga apa yang saya sampaikan di atas mudah dipahami dan dipraktikkan bagi anda yang ingin mencobanya. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di next tutorial.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.