Tips Mengidentifikasi Kekurangan Konten dengan Question Hub

Mengidentifikasi Kekurangan Konten dengan Question Hub. Salah satu fitur baru dari Google di awal tahun 2020 adalah questionhub.google. Sebuah fitur  yang mengumpulkan pertanyaan pengguna yang belum mendapatkan jawaban berdasarkan kategori tertentu.

Hal ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan reputasi Google sendiri sebagai mesin pencari dengan pengguna terbanyak dan nomor 1 di dunia. Hampir semua orang dan perangkat atau device yang digunakan untuk mengakses internet menggunakan produk dari Google. Google terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna.



Disisi lain fitur ini juga menguntungkan bagi para Kreator Konten untuk menganalisa kekurangan dan memperkaya konten websitenya dengan menjawab daftar question pengguna yang belum mendapatkan jawaban dan juga bisa memanfaatkan untuk riset kata kunci (keyword) yang mendapatkan volume pencarian pengguna di Google Search.

Mengidentifikasi Kekurangan Konten dengan Question Hub

Untuk mengaktifkan dan bergabung bersama questionhub.google anda bisa mengikuti tour pendaftaran yang muncul di area header menu Postingan Dasboard Blogger. Namun apabila Anda sudah terlanjur close notifikasi Question Hub dan tidak lagi muncul di area menu Dashboard Blogger anda bisa mendaftar melalui link berikut ini: Join Question Hub Now



Klick Menu Daftar kemudian Anda akan dialihkan ke jendela Verifikasi diri Anda klick Berikutnya untuk melanjutkan.



Apabila Anda sudah pernah login menggunakan beberapa Account Google pada browser Chrome atau yang lainnya maka akan muncul jendela pemilihan Account yang akan digunakan untuk pendaftaran seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Setelah memilih salah satu Akun Google Klick Allow untuk melanjutkan dan Anda akan dialihkan pada Jendela pemilihan daftar Properti Domain Sites (Blog) Anda yang terdaftar di Google Search Console.




Pilih Blog anda, saya rekomendasikan dan sarankan gunakan domain blog yang sudah berdomian Top Level Domain (TLD) baik yang menggunakan awal https atau tanpa https dan untuk url dengan awalan http sebaiknya jangan dipilih.



Setelah Anda memilih URL Domai Blog yang akan digunakan untuk menjawab pertanyaan pengguna Google di Question Hub Klick Next untuk melanjutkan.



Tentukan bahasa yang akan digunakan untuk menjawab pertanyaan di Question Hub sesuai dengan bahasa yang anda gunakan pada Blog Anda. Klick Get Started untuk memulai dan anda akan dialihkan ke Jendela Add Questions.



Pilih Topik atau Niche sesuai dengan Niche Blog, di dalamnya akan ditampilkan Daftar Sub Kategori Topik Pembahasan berdasarkan Kategori Utama. Klick Add untuk mendapatkan daftar pertanyaan sesuai dengan Kategori yang sesuai dengan topik pembahasan Blog Anda.



Gunakan fitur pencarian agar lebih cepat menemukan daftar Pertanyaan berdasarkan Kategori





Setelah Anda selesai memilih dan menambahkan daftar Pertanyaan berdasarkan Kategori  Klick Done. Berikut ini tampilan Tab Kategori terpilih dengan daftar pertanyaan pengguna Google di dalamnya. Untuk menambah daftar pertanyaan Klick +Add Questions



Anda juga bisa menambahkan Blog yang belum terpilih pada saat pendaftaran Question Hub Anda dapat menambahkannya melalui menu Settings



Menu Performance berfungsi untuk menampilkan Ringkasan Daftar Pertanyaan Pengguna Google yang Anda coba berikan jawaban menggunakan postingan yang sudah dipublikasikan berikut Kinerjanya.



Sebagai contoh disini saya mencoba menjawab pertanyaan pengguna yang belum terjawab mengenai darimana blogger mendapatkan informasi teknologi, Klick Menu Answer



Muncul Jendela Submite An Answer yang merupakan tempat untuk menempelkan URL Postingan yang dapat memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna. Klick Submite untuk konfirmasi jawaban.



Setelah saya mencoba menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan kategori terpilih akan muncul ringkasan pertanyaan yang berhasil saya jawab dengan jumlah artikel yang digunakan untuk menjawab pertanyaan. Sementara untuk kinerjanya masil 0 karena mungkin belum ada pengguna yang memiliki pertanyaan yang sama dan mendapatkan jawaban dari artikel yang saya masukkan sebagai jawaban.




Disini dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan questionhub.google dapat meningkatkan kreativitas Blogger untuk membuat dan memperkaya konten blog dengan konten bahasan yang menjawab pertanyaan pengguna di Question Hub sebagai fokus keyword dan juga berpeluang meningkatkan traffic blog secara berangsur-angsur dimasa yang akan datang.



Anda harus runtin dan rajin melakukan check daftar pertanyaan baru dari pengguna google di Question Hub dan menjawab pertanyaan yang bisa anda jawab menggunakan postingan blog yang sudah dipublikasikan atau membuat postingan baru untuk menjawab pertanyaan pengguna Google di Question Hub.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.