Panduan Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Update Terbaru

Instal Ulang Laptop Windows 10. Menginstal ulang Windows pada Komputer atau Laptop dapat dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa penyedia Service Komputer dan Laptop khususnya dalam hal Instal Ulang Windows. Sehingga dapat menghemat  pengeluaran, dan juga bisa menjadi antisipasi apabila di kemudian hari secara tiba-tiba Komputer atau Laptop mengalami Error System Anda dapat memperbaikinya sendiri.

Sampai saat ini masih banyak pengguna komputer dan laptop yang ketergantungan dengan jasa penyedia service komputer dan laptop dalam hal Instal Ulang Windows. Padahal sebenarnya jika dipelajari cara Instal Ulang Windows tidak terlalu sulit dan tidak  membutuhkan alat-alat khusus yang mungkin selama ini bagi masyarakat awam mengira bahwa alat-alat tersebut hanya dimiliki oleh tukang service. Padahal sebenarnya tutorial tentang cara instal ulang sudah banyak sekali bertebaran dan mudah di dapatkan hanya dengan searching google.

Baca Juga: Tutorial Cara Download ISO Windows 10 Original Microsoft 

Disini saya akan membagikan urutan dan tata cara Instal Ulang Windows pada Laptop. Caranya ini sebenarnya bisa juga diterapkan untuk Instal Ulang WIndows pada Komputer. Hanya saja tedapat sedikit perbedaan di dalam setting BIOS, namun inti dan prosedurnya hampir sama dan sangat mirip.

Pertama-tama siapkan Master Bootable Installer Windows, bisa dalam bentuk Bootable Flasdisk atau Bootable DVD. Untuk cara membuat Master Bootable Installer Windows Flasdisk saya sudah pernah membahasnya silahkan cari Postingan di Label Komputer.

Baca Juga: Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Panduan Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Update Terbaru


Hidupkan Laptop, kemudian ketika muncul Logo Brand merk Laptop tekan tombol F2 untuk masuk ke System BIOS.



Pada Jendela Pengaturan BIOS pilih Tab Menu Boot kemudian setting Boot Priority Drive. Jika Anda menggunakan Bootable Instaler Flasdisk maka posisikan Flasdisk berada di paling atas Nomor 1 seperti tampak pada screenshot di bawah ini.

Dan apabila Anda menggunakan Master Instaler Windows DVD maka posisikan Drive CDROM menjadi urutan paling atas nomor 1. Caranya gunakan Tombol F5 dan F6 untuk menukar posisi.



Simpan pengaturan dengan cara menekan Tombol F10, jika muncul notifikasi Save Configuration Change and Exit Now? Pilih Yes dengan menekan Enter. Atau juga dapat melalui menu Exit, pilih Save and Change Configuration.




Laptop akan Restart dan Booting melalui Master Botable Instaler Windows, Atur Language to Insall dan Time and Curently Format sesuai dengan Bahasa dan Zona Waktu Negara Anda. Arahkan Kursor ke Menu Next untuk melanjutkan dan Tekan Enter. Untuk mengarahkan bisa dengan menggunakan Tombol Tab apabila Mouse tidak berfungsi.



Contoh disini saya tidak mengubah bahasa Instal dan tetap menggunakan bahasa bawaan Installer English (United States) akan tetapi untuk Opsi pengaturan zona waktu saya memilih Indonesia.



Pada Jendela Windows Setup Klick Instal Now bisa juga dengan menekan Tombol Enter



Pada Tab Activate Windows pilih I don't have a product key apabila Anda tidak memiliki Product Key Windows 10.



Pada Tab Select Operating System You Want to Instal pilih versi Windows sesuai dengan keinginan atau selera Anda kemudian Klick Next (Jika kursor tidak aktif gunakan Tab untuk select dan Enter untuk konformasi).



Check List I Accept the license terms, kemudian Next



Pilih Custom: Install WIndows Only (Advanced)



Pilih Hard Drive yang akan digunakan sebagai System Windows. Hati-hati jangan sampai salah pilih Drive Penyimpanan Data beresiko Data hangus karena Drive akan diformat ulang otomatis.

Apabila muncul notifikasi Windows can't be installed on Drive Partition itu berarti terjadi perbedaan format Hard Drive sehingga tidak compitable. Untuk mengatasinya Anda harus menyamakan antara System Format Drive Installer dengan Drive yang akan diinstal. Ada dua jenis Format Drive, untuk versi usang Drive biasanya berformat MBR Fat32/NTFS dan untuk versi terbaru saat ini MBR UEFI NTFS.

Jika Anda dihadapkan pada masalah seperti di bawah ini, ada 2 Opsi pilihan:

  1. Ganti Master Bootable Installer Windows dengan Format MBR tanpa harus menghapus semua partisi dan membackup data user.
  2. Tetep menggunakan Bootable Instaler Windows GPT UEFI dengan cara menghapus dan membuat partisi Hard Drive baru (RePartisi Drive) dan jangan lupa membackup semua user terlebih dahulu agar tidak kehilangan data bisa dengan menyalinnya ke Hardisk External atau Flasdisk dengan kapasitas besar
Baca Juga: Tutorial Cara Backup Data User Sebelum Instal Ulang



Biasanya Installer Windows 10 yang compitable dengan Format Drive MBR Fat32/NTFS adalah Windows 10 versi keluaran lama dibawah tahun 2018 dan untuk versi baru sampai saat ini Format GPT UEFI umumnya dipakai untuk keluaran Laptop terbaru saat ini.



Select Drive kemudian pilih menu Delete, muncul jendela konfirmasi pilih OK



Lakukan hal yang sama pada drive yang lain untuk menghapus partisi Hard Disk



Setelah semua Partisi dihapus maka akan menjadi satu buah partisi Drive Unallocated Space



Buat partisi baru dengan select Drive 0 Unallocated Space kemudian pilih menu New



Untuk membagi/partisi Hardisk menjadi beberapa bagian sebelum menekan tombol Aply tentukan besar MB Hardisk System. Misal hardis laptop berkapasitas 500 GB terbaca 476.938 MB saya mengubah angka ratusan 4 menjadi 1 yang atinya besar Hardisk System nantinya adalah 1.76.938 MB atau 172.2 GB dan sisanya nanti akan dijadikan Hardisk Peyimpan Data.



Tekan tombol Apply kemudian OK ketika muncul konfirmasi seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Untuk mengaktifkan Space Drive Sisa System, select Drive kemudian Pilih New kemudian Aplly. Setelah itu Select Kembali dan Pilih Format. Bisa juga ditunda dan diaktifkan nanti melalui Explorer yang akan saya cantumnya Link Tutorialnya di akhir postingan.

Saatnya memulai proses Instal, select Drive yang akan dijadikan System kemudian Klick Next



Proses Installing Windows dimulai tunggu sampai dengan tahap selanjutnya, waktu yang dibutuhkan biasanya antara 15 - 30 menit tergantung spesifikasi laptop.



Pilih bahasa sesui dengan Negara Anda kemudian klick Yes



Pilih Keyboard Layout sesuai dengan bahasa yang Anda gunakan, atau dapat memilih secara default bahasa English United States Klick Yes untuk melanjutkan



Pada Opsi Wanto to Add a Second Keyboard Layout? pilih Skip



Koneksikan Laptop dengan Jaringan Internet Wifi. Disinilah letak perbedaan antara Windows 10 versi lawas dengan Update terbaru saat ini, dimana pada tahap penyelesaian setting instal diharuskan Laptop terkoneksi dengan jaringan intenet.



Setelah Laptop terkoneksi jaringan Internet Wifi Klick Connect Now untuk melanjutkan




Pilih Set up for personal us kemudian Klick Next



Pilih Offline Account apabila Anda belum memiliki Microsoft Account



Pilih Limited Experience



Masukkan nama User, bisa nama Anda atau nama Toko/Badan Usaha Anda



Buat Pasword, apabila tidak ingin membuat pasword langsung saja Klick Next



Klick Yes untuk melanjutkan



Klick Accept untuk melanjutkan



Proses penyiapan Device Baru Windows selesai



Proses ini memakan waktu antara 1 - 5 menit



ReIntall Windows 10 Laptop dengan Update terbaru sukses





Laptop siap digunakan kembali dengan tampilan Windows 10 yang cukup mempesona dan keren.



Baca Juga: Tutorial Cara Install Driver Laptop Setelah Setelah Instal Ulang Windows 

Demikianlah Tutorial Cara Instal Ulang Laptop dengan Update Windows 10 terbaru, semoga mudah dimengeri dan dipraktekkan. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan silahkan hubungi saya melalui menu Contact US. Untuk selanjutnya silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan Partisi Hardisk Unallocated di Windows 10 yang merupakan Partisi Hardis ke-2 sisa dari Space System agar dapat terbaca dan ditampilkan di Explorer Windows.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.