Cara Mengatasi Printer Epson L360 Paper Out or Incorrect Loading

Untuk pertama kalinya saya mendapatkan Job service Printer Epson L360 Series dengan kendala tidak bisa dipakai untuk print dokumen. Ketika dihidupkan printer menyala dengan normal, ketika diperintah untuk mencetak dokumen, printer merespon head merespon dengan pergerakan namun gagal menarik kertas.


Kasusnya mirip dengan Paper Jamed, tapi bedanya mekanik yang ada di backing kertas sama sekali tidak ada pergerakan, secara normalnya biasanya backing kertas akan ada pegerakan mendorong kertas ke bawah sehingga kertas bisa masuk ke area percetakan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini:


Awalnya saya berasumsi bahwa Rol Penarik Kertas atau Mekanik di Area Backing pasti ada yang rusak atau patah karena tidak ada pergerakan sama sekali ketika dilakukan perintah Print. Untuk memastikan kerusakannya tentunya perlu tindakan membongkar case printer dan mengecek dan memastikan bagian mana sebenarnya yang tidak berfungsi. Untuk cara bongkar Case Printer Epson L360 series ada di Artikel saya yang berjudul: Tutorial Cara Bongkar Case dan Mengganti Timing Belt Epson L360

Setelah saya bongkar dan saya analisa area backing dan mekanik printer terutama mekanik area bawah printer yang berkaitan dengan pergerakan backing kertas selama beberapa menit, secara tidak sengaja mata saya terarah pada potongan kecil busa yang berada di area mekanik seperti yang saya tujukkan pada foto berikut ini:


Potongan busa kecil tersebut berada di sela-sela mekanik yang saya beri tanda kotak merah. Setelah saya ambil dan saya coba pasang kembali scanner Printer tanpa memasang body penutup bagian kanan dan kiri printer kemudian melakukan test print. Alhamdulillah printer dapat digunakan untuk mencetak dokumen, ternyata dan ternyata potongan kertas tersebutlah biang keroknya.

Jadi bagi kalian yang dihadapkan pada masalah printer Paper Jam, kertas tidak mau masuk (gagal ditariik), mekanik printer seperti ada yang mengahalangi pergerakannya dengan catatan printer tidak langsung blink ketika dihidupkan sudah dipastikan ada kerusakan di area mekanik atau ada benda asing yang menghalangi pergerakan mekanik printer sehingga menyebabkan printer menjadi error.

Lain cerita apabila ketika printer dihidupkan langsung Blink sebelum ada pergerakan, kalau seperti itu kejadiannya biasanya disebabkan karena printer konslet, bisa karena sensor terkena tinta atau sort di area head atau sudah saatnya direset.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.