Cara Mengatasi Advan i5C Lite Sering Muncul Notifikasi Tutup Aplikasi

Singkat cerita kemarin saya mendapatkan Job operan service Android Merk Advan Type i5C lite dari salah satu konter yang ada di area tempat tinggal. Kondisinya Advan i5C Lite sering muncul PopUp atau Notifikasi Aplikasi telah terhenti dan Opsi Tutup Aplikasi. Tentunya dengan adanya kendala ini Aplikasi-Aplikasi yang ada akan sangat sulit untuk diakses dan digunakan.



Biasanya ada 2 faktor yang menyebabkan Android sering muncul pesan Aplikasi Telah Terhenti, atau sayangnya Aplikasi Telah Terhenti disertai dengan Opsi Tutup Aplikasi atau Tunggu Proses Aplikasi khususnya Android merk Advan. Penyebab pertama mungkin saja karena Error System, sehingga perlu dilakukan flash ulang system. Penyebab kedua biasanya karena memang kondisi emmc sudah lemah sehingga sudah tidak mampu lagi bekerja sebagaimana mestinya.

Dalam hal service Android dengan kasus seperti ini, apabila anda seorang penyedia jasa flash, sebelum melakukan tindakan flash perlu ada pertimbangan yang cukup matang. Karena biasanya kasus seperti ini sangatlah rawan terjadi Mati Total setelah dilakukan proses flashing. Untuk itu perlu ada persetujuan dari sang pemilik, agar kita sebagai teknisi tidak menanggung resiko ganti rugi Android karena mati total, atau mendapat tuntutan dari sang pemilik HP lebih jelasnya.

Panduan Tutorial Cara Flash Advan i5C yang Error sering Muncul Notifikasi Aplikasi Telah Terhenti, Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti, dan error lainnya seperti Bootloop atau Stuck di logo Advan.


Pertama terlebih dahulu Download Frimeware Advan i5C Lite, kemudian ekstrak file Frimware ke Dekstop agar lebih mudah dijangkau.

Kedua Jalankan Aplikasi Researc Download PSD Tool. Disini saya menggunakan versi terbaru dari ResearchDownload-R24.0.0003 yang bisa kalian download DISINI.

Load File Frimware melalui menu roda gerigi paling kiri, kemudian tunggu proses load firmware sampai dengan selesai untuk selanjutnya Klick Icon Play untuk memulai proses Flashing.

Advan i5C Lite  dalam kondisi power off, tekan secara bersamaan tombol Volume Up dan Down kemudian hubungkan dengan komputer menggunakan kabel USB Data. Setelah Aplikasi ResearchDownload Tool mendeteksi Device dan proses flash berjalan lepaskan penekanan kedua tombol dan tempatkan Advan i5C Lite  di tempat yang aman.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan Rekaman Video Proses Flashing Advan i5C Lite berikut ini:

Apabila terjadi error yang biasanya dan pada umumnya berdasarkan pengalaman saya pribadi yang kaitannya dengan NV-LTE, ProdNV, PhaseCheck sebagaimana juga terjadi dalam proses flashing pada rekaman video di atas biasa diatasi dengan menghilangkan cheklist NV_LTE, ProdNV, dan PhaseCheck seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Kemudian untuk menghindari hilangnya IMEI yang bisa berakibat dengan hilanya sinyal setelah dilakukan flash, hilangkan chekclist pada NV_LTE, ProdNV dan PhaseCheck di Opsi MainPage seperti tampak pada screenshot dibawah ini kemudian klick OK untuk menerapkan pengaturan.



Lakukan proses flashing setelah menerapkan pengaturan seperti di atas, maka dapat dipatikan apabila kondisi emmc tidak bermasalah proses flashing akan berjalan dengan normal sampai dengan selesai



Dengan cara di atas, meskipun sudah menghilangkan checklist pada Opsi Backup NV_LTE, ProdNV dan PhaseCheck IMEI aman.



Alhamdulilah setelah saya lakukan Flashing Android Advan i5C Lite kembali normal dan terhindari dari resiko mati total setelah flashing.



Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mudah Flash Advan i5C Lite yang mengalami kendala error sering muncul notifikasi pop up Aplikasi Telah Terhenti, semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang menghadapi masalah yang sama.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.