Custom ROMs Gaming Terbaik dan Terpopuler Official

Apakah Anda bosan dengan tampilan Handphone Android Anda yang seperti itu-itu saja? Atau apakah Anda ingin memaksimalkan kinerja Handphone Android Anda? Anda bisa mendapatkan solusi dari semua itu dengan menginstall Custom ROM khusus pada Handphone Android Anda. Custom ROM adalah ROM atau firmware berdasarkan sistem operasi Android tertentu yang telah dimodifikasi dan disesuaikan oleh pengembang yang bertujuan untuk memberikan kinerja yang lebih baik daripada firmware default ROM atau pabrikan.

Dengan menggunakan Custom ROM pada Handphone Android, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang tidak Anda peroleh pada penggunaan ROM Bawaan Android. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan Custom ROMHandphone Android:

1. Dapat Menghapus Bloatware

Bloatware adalah aplikasi default pabrik yang diinstal pada perangkat Android. Bloatware dipasang untuk meningkatkan kelengkapan aplikasi pada perangkat. Namun, sebagian besar aplikasi bloatware yang jarang Anda gunakan dan cukup memenuhi memori internal pada Handphone Android Anda.

Dengan menginstal Custom ROM Android, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghapus semua bloatware pada perangkat Android Anda. Selain itu Anda juga dapat memilih aplikasi Google yang Anda butuhkan. Jadi penyimpanan internal pada perangkat Android Anda dapat longgar.

2. Dapat memaksimalkan Kinerja Handphone Android

Karena Anda dapat mengurangi aplikasi bloatware atau aplikasi yang tidak diperlukan pada perangkat Android, sehingga dapat meminimalisir penggunaan RAM. Akibatnya, kinerja perangkat Android Anda jauh lebih baik untuk bermain game, menjalankan banyak aplikasi atau multitasking, dan sebagainya. Selain itu Anda dapat overlocking untuk memaksimalkan kinerja system Android sampai batas maksimal dan meningkatkan kinerja Android secara signifikan.

3. Dapat Meminimalisir Penggunaan Daya Batrai

Karena Anda telah mengurangi aplikasi bloatware atau aplikasi penting di perangkat Anda, tidak ada lagi aplikasi yang berjalan di belakang layar Android ketika Anda menggunakan Custom ROM. Dan sebagai hasilnya Anda akan merasakan baterai Handphone Android Anda yang jauh lebih ekonomis dan efisien. Setidaknya Anda akan lebih puas dengan kinerja baterai handphone Android Anda.

4. Mendapatkan pembaruan versi Android lebih cepat

Jika Anda ingin merasakan versi Android terbaru lebih cepat, solusinya adalah dengan menggunakan Custom ROM pada Handphone Android Anda. Anda akan mendapatkan pembaruan versi Android hanya dengan hitungan waktu mingguan atau bulanan sejak versi Android terbaru dirilis. Dibandingkan dengan menggunakan ROM default pabrik, itu harus sabar menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan pembaruan versi Android. 

5. Mendapatkan Fitur-fitur Keren yang Tidak ada Pada ROM Pabrikan

Karena Custom ROM dibuat oleh pengembang atau pihak ketiga, banyak fitur tambahan ada di dalamnya. Fitur-fitur ini cukup menarik dari pada fitur yang disediakan oleh stok ROM default.Seperti Fitur Game Booster, peningkatan versi Kernel, Google Camera, Aneka Animasi System, dan banyak sekali fitur-fitur baru yang keren yang tentunya tidak ada pada ROM bawaan Android secara pabrikan.


Rekomendasi untukmu: Magisk and Custom TWRP TeamWin All Android Latest Update

Berikut ini saya akan bagikan beberapa Custom ROM yang sudah populer dan banyak digunakan oleh pengguna Android terutama yang berbasis Pecinta Gaming dengan Link Download Resmi alias Official dari pengembangnya, sehingga kualitas dan keamanan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan setelah pengaplikasian Custom ROM pada Android Anda bisa diminimalisir sekecil mungkin.

LineageOS

Dimulai sebagai penerus Custom ROM CyanogenMod yang terkenal, LineageOS tidak diragukan lagi salah satu Custom ROM paling terkenal. LineageOS bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sama seperti yang dilakukan OEM yaitu Stabilitas, Keamanan, dan Kecepatan untuk semua perangkatnya. Semua perangkat yang didukung secara resmi oleh LineageOS mengikuti serangkaian aturan ketat yang dinyatakan dalam piagamnya. Kode sumber baik ROM maupun perangkat sepenuhnya opensource. LineageOS bahkan menyediakan pembaruan Mingguan dan Bulanan untuk semua perangkat yang didukung secara resmi. Banyak ROM Kustom menggunakan LineageOS sebagai basis pengembangan. Dapat diasumsikan seberapa terkenal dan terpercaya LineageOS dari statistik bahwa 1,8 juta perangkat Android menjalankan LineageOS. Bekerja pada LineageOS-16.0. Penasasran pengen coba Custom ROM LeneageOS? Langsung saja: Download Custom ROM LineageOS Official For Many Android Brand.

OmniROM

Mengemas banyak fitur tetapi lebih memilih stabilitas daripadanya, OmniROM juga merupakan salah satu ROM Kustom paling terkenal. OmniROM berkembang pesat untuk mencapai inovasi baru dengan tetap menjaga stabilitas dan telah mampu melakukannya dengan sempurna. Open delta dan OmniSwitch adalah beberapa fitur paling terkenal dari OmniROM di luar sana. OmniROM juga digunakan sebagai basis untuk banyak proyek Custom ROM. Wallpaper keren, banyak pilihan aplikasi, banyak fitur, stabilitas, dan keamanan adalah beberapa alasan mengapa OmniROM menjadi pilihan tepat di antara para pengguna. Penasaran pengen coba Custom ROM OmniRom? Langsung saja: Download OmniROM Official For Many Android Brand.

Paranoid Android

Paranoid Android adalah Custom ROM sudah cukuplama menjadi salah satu pilihan paling terkenal dan favorit di antara para pengguna Android. Tidak hanya stabilitas, Paranoid Android juga terkenal dengan fitur uniknya yang dikembangkan sendiri. Baru-baru ini, tim di balik Paranoid Android merilis pembaruan beta resminya untuk sejumlah ponsel tertentu. Penasaran pengen coba Custom ROM Paranoid Android? Langsung saja: Download Paranoid Android Custom ROM Official For Many Android Brand.

Resurrection Remix OS

Resurrection Remix OS telah ada sejak Android 4.0. Stabilitas tanpa kompromi atas jumlah penyesuaian, Resurrection Remix OS adalah ROM Kustom favorit komunitas nyata. Semua jenis fitur yang dapat Anda bayangkan dan inginkan dalam OS dengan stabilitas, OTA, dukungan komunitas, dan banyak hal hebat lainnya dikemas ke dalam ROM Kustom ini. Ada pengembangan berkelanjutan sambil mengingat preferensi pengguna adalah salah satu alasan mengapa Resurrection Remix OS adalah salah satu yang paling terkenal. Penasaran pengen coba Custom ROM Resurrection Remix OS? langsung saja: Download Resurrection Remix OS Official For Many Android Brand.

Pixel Experience

Dikembangkan oleh XDA Recognized Developer jhenrique09, Pixel Experience adalah ROM yang bertujuan untuk menghadirkan sebanyak mungkin fitur dari Google Pixel ke perangkat lain. Tidak ada yang lebih atau tidak kurang. Ini membawa apa yang ditawarkan Pixel ke perangkat Android Anda. Banyak fitur Pixel Spesifik seperti Pixel Exclusive Sounds, Wallpapers, Now Playing di layar kunci tersedia di Pixel Experience. Ini telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pengguna. Pixel Experience mendukung banyak perangkat sekaligus menjaga stabilitas dan keamanan. Penasaran Pengen Coba Custom ROM Pixel Experience? Langsung saja: Download Pixel Experience Official For Many Android Brand.

Pixel Extended

Hampir sama dengan Pixel Experience, Pixel Extended merupakan ROM yang bertujuan untuk menghadirkan sebanyak mungkin fitur dari Google Pixel ke perangkat lain.  Banyak fitur Pixel Spesifik seperti Pixel Exclusive Sounds, Wallpapers, Now Playing di layar kunci tersedia di Pixel Experience. Ini telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pengguna. Pixel Experience mendukung banyak perangkat sekaligus menjaga stabilitas dan keamanan. Penasaran Pengen Coba Custom ROM Pixel Experience? Langsung saja: Download Pixel Experience Official For Many Android Brand.

AOSP Extended

AOSP Extended adalah Custom ROM Android yang dikembangkan oleh XDA Recognized Contributor ishubhamsingh. Berdasarkan AOSP, ia menawarkan sejumlah fitur pilihan dari berbagai ROM Kustom sambil tetap memperhatikan stabilitas. Itu berasal dari berbagai fitur dari ROM Kustom terkenal seperti LineageOS, OmniROM, Unicorn Kotor, ABC, dan lainnya. Penasaran Pengen Coba Custom ROM AOSP Extended? Langsung Saja: Download AOSP Extended Official For Many Android Brand.

LegionOS

Sebuah proyek Custom ROM berbasis AOSP yang diatur untuk menunjukkan kekuatannya dalam Baterai, Performa, dan Kustomisasi tanpa mengorbankan keamanan. Penasaran Pengen Cobain Custom ROM LegionOS? Langsung saja: Download LegionOS Official For Many Android Brand

Nusantara OS

Nusantara OS merupakan Custom ROM hasil Project Anak Bangsa Indonesia berbasis Custom ROM Gaming dengan nama khas Nusantara menambah kesan yang kental bahwa Custom ROM satu ini benar-benar dikembangkan oleh Developer dari Indonesia. Penasaran Pengen Cobain Custom ROM Nusantara OS? Langsung saja: Download Nusantara OS Official For Many Android Brand

Corvus OS

Corvus termasuk dalam cusrom berbasis AOSP, ROM ini terinspirasi oleh unicorn kotor tetapi dengan menambahkan fitur-fitur lain. ROM ini bertujuan untuk memprioritaskan stabilitas sambil memberikan fitur yang bermanfaat. Custom ROM Corvus OS adalah salah satu ROM yang baru. Tetapi ROM ini ternyata menjadi ROM yang ceroboh, karena menurut banyak pengguna termasuk ROM saya sendiri memiliki kinerja yang cukup baik. ROM khusus ini dapat menjadi salah satu rekomendasi ROM khusus untuk bermain game bahkan sebagai pengemudi harian untuk menemani kegiatan sehari-hari. Penasaran Pengen Cobain Corvus OS? langsung saja: Download Corvus OS Official For Many Android Brand.

Havoc OS

Havoc-OS dikembangkan sebagai sistem operasi berbasis AOSP dan terinspirasi oleh Google Pixel. Cara pengguna berinteraksi dengan layar utama sama dengan Google Pixel. Pengguna hanya menggeser ke atas di kolom bidang pencarian Google untuk membuka daftar aplikasi yang diinstal. Penasaran Pengen Cobain Custom ROM Havoc OS? langsung saja: Download Havoc OS Official For Many Android Brand

Itulah Daftar Custom ROM Populer saat ini yang bisa menjadi reverensi bagi Anda yang sedang mencari tempat dimana untuk bisa download Custom ROM Official langsung dari website  resmi developer Custom ROM Android. Jangan lupa untuk share postingan ini kepada teman-teman Anda yang membutuhkan informasi seputar Custom ROM Android dalam berbagai Brand. 


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.