Cara Mengatasi Samsung Galaxy V SM-G313HZ Suka Blank Ngelaq

Salah satu penyakit atau masalah yang sering menimpa handphone merk samsung adalah dimana handphone sering blank no respon atau lebih dikenal dengan bahasa ngelaq. Hal ini disebabkan karena memang rata-rata handphone samsung yang beredar dipasaran pada waktu masih jaya-janya berkapasitas RAM dan Memory Internal yang kecil. Sehingga setelah digunakan dalam jangka panjang secara otomatis file-file yang tersimpan baik itu foto, vidio atau pengaturan aplikasi menghabiskan ruang penyimpanan yang banyak. 

Akibatnya handphone sering blank no respon atau lemot ketika dipakai ketika dipakai untuk membuka paliksai media sosial. Jika sudah seperti ini masalahnya solusinya adalah dengan di Reset ulang dan jangan diflash. Karena dengan reset saja sudah bisa mengatasi masalah ini, anda tidak perlu membuang-buang uang untuk mengatasi hal yang sama. 

Untuk type handphone samsung dengan system android dibawah Kitkat versi android 4.4+ tidak perlu mengantifkan unlock OEM. Namun untuk type android samsung dengan versi android Lolipop 5.0.+ harus melalukan OEM unloc pada menu Opsi Pengembang agar ketika direset tidak terkunci FRP Google Account.


Matikan handphone, kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol power, tombol volume up dan tombol home secara bersamaan. Setelah handphone hidup dan muncul logo samsung, lepaskan tombol power dan tetap menekan tombol volume up dan home.



Setelah muncul boneka android, lepaskan penekanan tombol, tunggu beberapa saat sampai masuk ke menu recovery, apabila tidak masuk ke menu recovery dan tetap dalam tampilan "tidak ada perintah" tekan tombol volume up satu kali.


Setelah handphone berasil masuk ke menu recovery saatnya melakukan Resset system, Reset Wipe Data User/Factory Reset dan Wipe Cache Partition. Setelah itu restart system dengan memilih Robot Device.

Tunggu beberapa saat sampai dengan muncul halaman penyambutan persiapan penggunaan device baru setelah dilakukannya Resset.




Lakukan penyiapan penggunaan handphone mengikuti prosedur yang ada, bila ada pilihan lewati maka pilih lewati agar proses penyiapan lebih cepat.


Sekarang handphone sudah menyala normal dalam kondisi seperti baru, hanya ada aplikasi bawaan system saja. Silahkan diinstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan saja dan jangan terlalu banyak menginstal aplikasi mengingat RAM dan memory internal handphone ini kecil.

Kesimpulan: 
Salah satu cara untuk mengatasi handphone yang lemot, sering blank dan ngelaq adalah dengan cara direset ulang melalui menu recovery. Tips ini merupakan metode yang paling mudah dari pada melakukan flash ulang sementara hasilnya pun sama.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.