Cara Mengatasi Laptop Asus UL50Aseries No Boot Devices

Salah satu type error atau masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop adalah dimana ketika Laptop dihidupkan muncul layar blank hitam dengan notifikasi Reboot and Select Proper Boot Device or Insert Boot Media in selected Boot device and pess a key.



Masalah ini disebabkan karena system tidak mendeteksi Drive Boot Devices yang tidak alain adalah system windows yang terintal di hardisk Internal Laptop. Maka muncul notifikasi perintah untuk memilih Proper Boot Device (Hardisk System Windows) atau menggunakan Drive Media Eksternal Boot Devices seperti Botable Tool Repair Windows Flashdisk atau Master DVD Instaler Windows.

Ada 2 kemungkinan penyebab terjadinya Laptop blank tidak mendeteksi System Windows:

  1. System Windows mengalami corrup atau error sehingga tidak dapat diload yang mengakibatkan Laptop  tidak dapat booting melalui system windows Hardisk sebagaimana mestinya.
  2. Hardisk  mengalami Bat Sector atau Mati sehingga system bios tidak mendeteksi adanya Devices Hardisk.


Disini saya akan berbagi pengalaman dengan kasus yang sama pada Laptop Asus type UL50Aseries dimana ketika dihidupkan muncul notifikasi Reboot and Select Proper Boot Device or Insert Boot Media in selected Boot device and pess a key.




Untuk memastikan penyebabnya apakah karena system windows error (corrup) atau Hardisk  Mati maka saya menggunakan Bootable Tool Repair Windows DLCBoot 2014 yang cocok dengan spek Laptop yang belum mendukung System UEFI.



Dengan menggunakan Bootable Tool Repair Windows kita Laptop bisa dihidupkan dan diakses layaknya dalam kondisi normal menggunakan Mini Windows Louncher.



Buka Explore dan Klick My Computer maka akan ditampilkan informasi Drive yang terpasang dan terhubung dengan Laptop.



Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas Drive yang terpasang hanya Flasdisk yang dijadikan Master Bootable Tool Repair Windows dan tidak terdeteksi adanya Hardisk Internal. Artinya Laptop tidak bisa hidup normal sampai ke jendela windows dan hanya muncul notifikasi Reboot and Select Proper Boot Device or Insert Boot Media in selected Boot device and pess a key disebabkan oleh Hardisk Internal Laptop Mati dan solusi satu-satunya adalah dengan mengganti Hardisk yang mati dengan Hardisk Baru kemudian diinstal ulang.

Perhatikan Gambar di bawah ini yang juga mengalami kendala hampir sama bedanya disini Laptop langsung masuk BIOS karena ketika dihidupkan. Setelah saya chek menggunakan Master Bootable Repair Windiws hardisk masih terdeteksi di explorer yang artinya masalah disebabkan oleh Error (Corrup) System Windows dan dapat diatasi dengan mudah dengan cara instal ulang windows.



Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Laptop Asus yang tidak dapat masuk ke jendela windows ketika dihidupkan dan hanya muncul notifikasi Reboot and Select Proper Boot Device or Insert Boot Media in selected Boot device and pess a key. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.