2 Cara Mudah Mengabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu

Ketika Anda dihadapkan pada suatu keadaan dimana Anda membutuhkan satu buah file PDF yang terdiri dari beberapa file PDF yang digabungkan menjadi satu tentunya bagi Anda yang tidak begitu menguasai ilmu komputer akan dibuat pusing. Bagaima cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file, sementara seperti kita ketahui bahwa file PDF pada umumnya tidak bisa lagi diedit ulang tanpa melalui Convert yaitu mengubah file PDF menjadi ekstensi dokumen lain seperti diubah menjadi JPG atau Dokumen Microsoft Office seperti Word dan Exel.



Disini saya akan berbagi pengetahuan bagaimana cara agar Anda bisa menggabungkan beberapa file pdf yang terdiri dari  1, 2 halaman pdf  atau lebih menjadi 1 buah file PDF dengan mudah dan cepat. Ada dua cara yang dapat ditempuh yaitu mengabungkan file PDF secara Offiline dan Online. Kedua metode tersebut akan saya bahas pada postingan ini.

Cara Menggabungkan File PDF Offline

Menggabungkan file PDF secara Offline artinya menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu buah file PDF tanpa perlu menggunakan aplikasi atau website yang membutuhkan akses jaringan internet. Jadi tanpa koneksi internet dengan cara ini Anda tetap bisa membuat satu buah file PDF dari gabungan beberapa file PDF secara Offiline.

1. Ubah setiap halaman dari file PDF menjadi JPG menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop dengan cara Klick Kanan file PDF Open With Adobe Photoshop



 2. Pilih halaman yang dibutuhkan kemudian konfirmasi OK



3. Save As Halaman PDF menjadi file Gambar dengan Ekstensi JPG



4. Buat lembar kerja Word dengan paper size mini contohnya 5 x 7 in (13 x 18 cm) atau disesuaikan dengan kebutuhan semakin paper size maka akan semakin kecil size file PDF nantinya.



5. Copy dan Tempelkan file Halaman PDF yang sudah menjadi JPG ke Microsoft Word.



6. Save As dokumen dengan Ekstensi PDF



7. Selesai, Anda sudah berhasil membuat File PDF multi Page menggunakan Microsoft Office

Cara Menggabungkan File PDF Online

Menggabungkan File PDF Online artinya dalam proses pengerjaan menggunakan Aplikasi atau Website yang membutuhkan akses jarigan Internet. Cara ini merupakan cara paling praktis bila dibandingkan dengan cara menggabungkan File PDF Offile. Namun ada satu hal yang menjadi kekurangan metode ini yaitu ukuran size file PDF yang tidak bisa disesuikan. Sehingga terkadang hasilnya size file PDF dari multi page melebihi batas maksimal kebutuhan misalnya maksimal file dari 6 multi page PDF adalah 500 Kb, bisa saja nanti hasilnya lebih dari 500Kb.



1. Buka Website Small PDF

2. Upload File PDF yang akan dijadikan satu file PDF melalui menu Pilih File



3. Tambahkan beberapa file PDF melalui menu Tambahkan File kemudian Klick Pilih File



4. Klick menu Gabungkan PDF untuk memulai Proses penggabungan



5. Tunggu hingga proses penggabungan selesai dan muncul menu Unduh



6. Unduh file PDF hasil dari penggabungan  dengan hasil nama file diakhiri kata digabungkan

Demikianlah 2 Tutorial Cara Mudah Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Buah File PDF secara Online dan Offile. Semoga kedua metode di atas mudah dipahami dan dipraktikkan, pilih salah satu metode yang paling mudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.