Cara Mengatasi Mainboard PC Hanya Mau Hidup Tanpa Case

Bebagi pengelaman dalam hal service dan Install Komputer yang baru saja saya selesaikan. Saya mendapatkan job service komputer yang cukup membuat saya super pusing dan menghabiskan waktu satu hari lebih untuk memperbaikinya.

Singkat cerita, ada salah satu pelanggan saya yang mengeluh dimana ketika komputer dinyalakan dan start booting windows namun tidak sampai selesai tiba-tiba saja komputer mati dan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Sudah dipastikan kondisi koneksi listrik melalui kabel power dan tombol power aman, dan juga power supply dalam kondisi masih prima.

Setelah saya cek ala kadarnya dan coba ganti Power Supply meskupun sudah dipastikan power supply bawaan PC tidak bermasalah, komputer tetap tidak mau hidup sama sekali. Saya pun merasa penasaran, biasanya hal seperti ini langkah untuk cek lebih mendalam adalah dengan mengeluarkan mainboard dari case dan mencoba menyalakannya tanpa case dengan melepas komponen tambahan seperti VGA Card. Hasilnya Mainboard masih hidup dan bisa menyala dengan normal.


Dari sini saya menarik kesimpulan, penyebab komputer tidak mau hidup adalah karena adanya komponen mainboard yang ngeground dengan case melalui baut. Solusinya adalah dengan melapisi baut menggunakan karet khusus seperti tampak pada foto di bawah ini:


Biasanya setelah baut dilapisi karet, masalah komputer yang tidak mau hidup karena adanya masalah ground mainboad dapat teratasi. Untuk memastikan masalah adanya ground mainboard penyebab komputer tidak mau hidup adalah dengan menghidupkan mainboard di luar case.


Saya pun menginstal Windows dan program aplikasi komputer dalam kondisi mainboard hidup tanpa case. setelah selesai install saya pun mencoba memasang kembali mainboard berikut komponen PC lainnya seperti sebelumnya dengan tambahan karet baut untuk mencegah terjadinya ground.

Setelah semua komponen PC terpasang, termasuk disini VGA Card External, komputer tidak dapat dinyalakan. Berulang kali saya bongkar pasang VGA Card, komputer tetap tidak mau menyala, ketika saya coba hidupkan tanpa VGA Card langsung hidup, namun kadang juga sulit sekali untuk mau hidup.

Hal inilah yang membuat saya pusing dan tidak terfikirkan untuk memastikan VGA Card benar-benar dalam kondisi baik. Lebih dari satu hari saya melakukan uji coba, dari pagi, siang, malam, dan dikesokan harinya sampai dengan siang. Masalah tidak kunjung terpecahkan, saya juga sempat melapisi plat VGA Card dengan busa agar tidak menjadi penyebab ground.


Setelah saya merasa lelah, saya pun mulai mencurigai VGA Card, jangan-jangan VGA Cardlah biang keroknya yang menyebabkan PC tidak mau hidup. Ternyata benar, setelah saya coba bongkar kembali PC dan menghidupkannya tanpa case dan VGA Card, Mainboard dapat menyala dengan normal. saya coba matikan dan ganti power supply serta cucuk cabut kabel power mainboard bisa hidup dengan mudah dan normal tanpa VGA Card. Ternyata dan ternyata VGA Card lah biang keladinya, mungkin saja VGA Card tersebut mati atau mengalami short sehingga ketika dipasang membuat mainboard memproteksi dirinya sendiri dengan tidak mau menyala ketika VGA Card terpasang.

Ini merupakan pengalaman yang berharga dan tidak akan terlupakan, dan bisa menjadi bahan panduan dan pedoman serta petunjuk bagi teman-teman yang mungkin saja  mengalami dan menemui komputer yang hanya mau hidup normal tanpa case. Bisa disebabkan karena adanya masalah mainboard ngeground atau ada komponen yang short seperti VGA atau USB.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.