Cara Buat Nota Kwitansi Olshop dengan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengelola kata yang paling populer dan dapat dipastikan digunakan oleh seluruh pengguna Komputer dan Laptop seluruh dunia. Taukah Kamu ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan Aplikasi Microsoft Word, salah satunya yaitu dapat digunakan untuk membuat desain Nota Kwitansi Olshop.

Dengan membuat atau mendesaian sendiri Nota Kwitansi Olshop, dapat menghemat pengeluaran dan juga dapat menentukan desain Nota Kwitansi Olshop sesuai selera kalian. Nota Kwitansi Olshop merupakan bukti fisik transaksi jual beli yang sangat penting untuk dibuat untuk mendokumentasikan sekaligus menjadi bukti sebuah jual beli yang telah terjadi dan dilakukan dalam rentang waktu tertentu.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi Tutorial Bagaimana Cara Membuat Desain Nota Kwitansi Olshop secara mandiri dengan AplikasiMicrosoft Word, yang tentunya mudah sekali untuk dipraktikkan sekalipun untuk pemula.

Panduan Membuat Desain Nota Kwitansi Olshop Word

Perlu diketahui bahwa sebenarnya untuk membuat Desain Nota atau Kwitansi dapat menggunakan banyak sekali program aplikasi komputer diantaranya adalah CorelDraw yang paling familiar di dunia percetakan, Microsoft Exel dan Word untuk pengguna komputer yang masih pemula. 

Sebenarnya untuk membuat Nota Kwitansi Olshot yang terdiri dari kolom-kolom akan lebih mudah menggunakan Microsoft Exel, Namun bagi pemula biasanya dan pada umumnya akan merasa kesulitan, jadi disini saya akan mengajarkan alternatif termudahnya yaitu dengan menggunakan Microsfot Word.

Langkah Pertama Jalankan Aplikasi Microsoft Word, bisa melalui shortcut Ms. Word yang mungkin sudah tesedia di Dekstop atau bisa juga melalui Klick Start - All Program - Microsoft Office - Microsoft Word

Setelah Jendela Ms. Word Terbuka, buat Lembar Kerja Baru Ms. Word. Contohnya disini saya menggunakan Microsoft Word 2019, untuk Kalian pengguna Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, Microsort Word 2013 dan Microsoft Word 2016 silahkan disesuaikan.

Setelah berhasil membuat Lembar Kerja Ms. Word, langkah selanjutnya adalah mengatur jenis kertas dan ukuran margin lembar kerja Ms. Word. Klick Menu Layout kemudian klick tanda panah kecil area bawah, perhatikan sreenshot berikut ini:

Maka akan ditampilkan Jendela Page Setup, pilih Menu Paper dan pada opsi paper Size Pilih A6. Kenapa memilih kertas A6? jawabannya adalah pada umumnya Nota Kwitansi itu menggunakan atau berukuran kertas A6 (10,5 x 14,8 cm). Klick OK untuk konfirmasi ukuran kertas terpilih.

Atur margin atau batas kanan, kiri, atas dan bawah dengan cara arahkan kursor diarea setting ukuran margin. Klick tahan, geser dan sesuaikan seperti tampak pada sreenshot dibawah ini:

atau bisa juga melalui menu margin, dan tentukan nominal batas kanan, kiri, atas, dan bawah.

Mulailah membuat KOP Nota Kwitansi yang umumnya terdiri dari Nama Toko, Alamat, Nomor HP, Nomor Nota, Nama Pembeli, Tanggal Nota.

Percantik KOP Nota Kwitansi kalian semaksimal mungkin, agar terlihat lebih cantik dan menarik gunakan kombinasi Huruf dan Warna serta Logo Usaha yang bisa didesaian menggunakan CorelDraw atau Photoshot, atau bisa juga kalian copy paste saja gambar logo png hasil searching google. Bisa juga dengan variasi huruf dengan jenis huruf tertentu dan ukuran sedemikian rupa sehingga tampak seperti logo.

Langkah selanjutnya buatkan kolom yang terdiri dari No, Jasa/Barang, QTY/Jumlah satuan, Harga Satuan, dan Jumlah Total dengan cara Klick Insert kemudian pilih Table, Klick Insert Table.

Tentukan Jumlah Kolom dan Baris Nota, Misalnya disini contohnya nota terdiri dari 5 Kolom dan 15 baris. Klick OK untuk menambahkan kolom table.

Blog area kepala table kemudian Klick Kanan dan sesuaikan pengaturan sesuai selera kalian, misalnya tentukan jenis huruf, Layout Teks Rata Tengah dan Bold, warna baris kolom dalain lain-lain.

Untuk menyatukan (menghapus) garis pembatas antar kolom, Klick Kanan kemudian pilih Merge Cells. Misalnya pada Kolom Total Belanja dengan layout rata kanan yang bisa kalian atur pada menu Paragraph yang terletak pada menu HOME.

Pada area bawah berikan Catatan atau Informasi mengenai perjanjian atau ketentuan pembelian barang, misalnya barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan dengan menggunakan Teks Box.

Klick Opsi Teks Box kemudian arahkan kursor ke area kosong bagian bawah nota, klick tahan dan buat teks box dengan ukuran menyesuaikan.

Untuk efek frame teks box, misalnya garis putus-putus atau warna frame Klick Kanan Teks Box kemudian pilih Format Shape. Pilih Opsi Line, dan atur sesuai selera kalian.

Selanjutnya untuk membuat kolom tandatangan Pemesan dan Penjual gunakan table atau bisa juga teks box yang lebih mudah. 

Untuk menghilangkan frame teks box, klick kanan pilih Format Shape kemudian pada area Line pilih Opsi No Line.

Hasil akhir dari pembuatan Nota kwitansi menggunakan Aplikasi Ms. Word yang sebelumnya sudah saya pernah terapkan kurang lebih seperti nota toko saya berikut ini:

Kalian harus pintar-pintar memodifikasi dan mempercantik tampilan Desaian Nota Kwitansi Olshop kalian. Jangan lupa untuk Save hasil kerja pembuatan nota kalian ya teman-teman.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.