Cara Buat Google Form di Laptop dan HP Android

Mungkin awalnya Google Form tidak begitu terkenal. Tetapi seiring waktu berjalan, orang mulai membutuhkan Google Form untuk beragam kepentingan, mulai formulir pendataan, survei, kuis, ulangan online, pendaftaran, dan ada banyak lagi manfaat layanan Google ini.

Google Form, berbarengan dengan Docs, Sheets, dan Slides adalah bagian dari serangkaian alat program aplikasi online Google. Deretan program spliksdi online ini dapat membantu mu menyimpan data bisa lebih cepat. Data yang masuk langsung akan disimpan pada spreadsheet Google Sheets.

Google Form adalah perangkat lunak administrasi survei yang disertakan sebagai bagian dari serangkaian Penyunting Google Document berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google. Formulir menampilkan semua fitur share yang ditemui di Document, Spreadsheet, dan Slide.

Layanan Google ini menjadi fasilitas mudah untuk mengumpulkan informasi, pemakai semakin suka karena Google Form gratis untuk dipakai. Persyaratan untuk membuat Google Form tidak sulit, hanya internet dan account Google. Walau demikian, ada banyak orang yang kebingungan saat membuatnya.

Untuk kamu yang ingin membuat Google Form tetapi masih bingung bagaimana langkahnya, berikut langkah-langkah mudah yang dapat kamu ikuti, baik itu lewat HP atau PC dan laptop. Nanti juga akan ada cara bagaimana membuat quesioner online.

Cara Buat Google Form di PC atau Laptop

Formulir Google benar-benar mudah dibuat. Pemakai bisa menggunakan PC atau laptop untuk membuatnya. Pastikanlah kamu  terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil sehingga pada proses pembuatannya tidak ada masalah. Berikut ini adalah cara memuat Google Form di komputer dan laptop serta HP Android:

  1. Pertama-pertama, buka browser yang ada pada laptop atau PC yang kamu punyai. Selanjutnya, mulai mengakses Website Google Form. Pastikan kamu sudah masuk atau login account Gmail yang kamu punya. Nanti account Gmail itu yang akan admin dari Gform yang akan dibuat.
  2. Setelah sukses membuka situs Gform, kamu dapat pilih template (tema) formulir yang hendak kamu buat. Tetapi, template itu tidak harus dibuat. Bila kamu tidak inginkannya, maka kamu bisa pilih blank atau tanpa tema.
  3. Setelah itu, kamu bisa mengisi bagian judul dan deskripsi singkat formulir Google tersebut. Judul dan deskripsi itu menjadi poin penting karena memberikan informasi ke mereka yang membuka formulir tersebut.
  4. Selanjutnya mulai membuat pertanyaan yang akan tampil di formulir tersebut. Selain mengisi dengan pertanyaan, kamu bisa juga mengatur beragam pilihan jawaban. Untuk menambah pertanyaan, kamu dapat click lambang plus (+), secara otomatis kamu dapat menambah pertanyaan pada formulir tersebut.

Setelah semua pertanyaan dan pilihan jawaban telah dibuat, karena itu kamu bisa langsung click opsi "send" yang ada pada sisi atas kanan. Selanjutnya kamu bisa juga pilih pilihan untuk membagi Google Form tersebut di banyak sosial media, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, atau program yang lain.

Cara Buat Google Form di  HP Android

Selainnya memakai PC atau laptop, Gform bisa juga dibuat dengan memakai  HP Android. cara membuat Google Form di HP Android bisa dibilang tidak susah. Kamu akan diminta mendownload program Aplikasi FormsApp atau G-Froms lebih dulu. Berikut ini cara selanjutnya:

  1. Setelah mendownload program Aplikasi FormsApp atau G-Froms, kamu dapat segera memakainya dan tekan "Grant Permission" untuk mengaksesnya.
  2. Kemudian, kamu dapat masuk menggunakan account Google yang kamu punya.
  3. Setelah itu kamu dapat segera membuat form google dengan tekan lambang plus (+) yang umumnya berada pada pojok bawah program aplikasi tersebut.
  4. Seperti pada cara membuat google formulir menggunakan PC atau laptop, kamu bisa juga pilih template sesuai kemauan kamu. Bila tidak ingin memakai tamplate, maka kamu dapat pilih tema "Blank Forms" dan atur sendiri formulir yang hendak kamu buat.
  5. Apabila sudah memilih template, kamu bisa meneruskannya dengan membuat isi dari formulir tersebut. Kamu bisa mulai tuliskan beberapa pertanyaan yang hendak kamu ajukan. Kamu bisa juga atur pilihan tanggapan jawaban untuk setiap pertanyaan yang kamu buat.
  6. Saat semua pertanyaan dan pilihan jawabnya selesai dibuat kamu bisa langsung melanjutkan dengan menuliskan judul dan deskripsi singkat dari Gform tersebut. Judul dan deskripsi ini akan memudahkan responden mengenal tujuan dari formulir yang akan mereka isi.
  7. Setelah  langkah di atas selesai, kamu dapat melanjutkan dengan click "Submit" untuk akhiri proses pembuatan Gform. Kamu akan diminta untuk mengisi dengan cara menandai beberapa opsi yang ada pada pengaturan formulir. Kamu dapat menandai sesuai yang diharapkan, selanjutnya tekan "Submit" kembali.

Apabila sudah selesai, sekarang kamu dapat langsung membagikan Google Form itu ke teman, keluarga, atau membaginya melalui media sosial seperti WhatsApp, Twitter, atau Facebook

Cara Melihat Tanggapan Google Form d PC atau Laptop

Selesai membagikan Gform, sekarang waktunya untuk menunggu beberapa responden mengisi formulir.  Untuk mengetahui apa formulir itu telah banyak yang mengisi atau tidak, kamu bisa melihat opsi tanggapan dari formulir yang kamu buat.

Untuk melihat tanggapan formulir Google dengan menggunakan PC atau laptop, kamu dapat dilakukan dengan membuka link Gform tersebut, selanjutnya click bagian "Tanggapan". Kamu akan melihat orang yang telah memberikan respon formulir yang kamu buat. Kamu bisa juga menyimpan semua tanggapan itu menggunakan spreadsheet dengan click icon tersebut. Semua data akan tersalin ke spreadsheet dan masuk di Google Drive yang kamu punyai.

Cara Melihat Tanggapan Google Form di HP Android

Sama seperti dengan laptop, HP Androidmu juga bisa  dipakai untuk melihat tanggapan Google Form yang masuk. Pertama-pertama, buka fitur formulir yang berada di halaman utama aplikasi tersebut. Lantas, pilih pilihan "View Responses". Kamu bisa melihat respon dari formulir itu satu persatu atau juga bisa melihatnya melalui rangkuman yang telah tersedia.

Apabila sudah melihat respon atau tanggapan pada google formulir tersebut, maka kamu dapat tentukan pilihan "Google Sheets" untuk menyalin data yang ada pada formulir tersebut. Pastikan di HP Android yang kamu pakai telah ada aplikasi Google Sheet atau kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.