Cara Install Laravel di Windows Komputer dan Laptop

Laravel adalah salah satu framework pengembangan web yang populer untuk membangun aplikasi web berbasis PHP. Laravel dikembangkan oleh Taylor Otwell dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Framework ini dirancang untuk memudahkan pengembangan aplikasi web dengan menyediakan seperangkat alat dan fitur yang kuat, serta mengikuti pola desain Model-View-Controller (MVC).

Berikut beberapa fitur dan konsep utama yang terkait dengan Laravel:

Eloquent ORM: Laravel menyediakan Eloquent, sebuah sistem Object-Relational Mapping (ORM) yang memungkinkan pengembang untuk berinteraksi dengan basis data menggunakan objek dan model PHP daripada SQL mentah.

Routing: Laravel memiliki sistem routing yang kuat dan fleksibel, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan rute URL dan menghubungkannya dengan fungsi-fungsi dalam controller.

Blade Templating Engine: Blade adalah mesin templating yang kuat untuk membuat tampilan (view) dalam Laravel. Blade menyediakan sintaks yang bersih dan ekspresif untuk menghasilkan tampilan HTML.

Middleware: Middleware digunakan untuk menambahkan lapisan logika yang dapat dijalankan sebelum atau setelah permintaan HTTP tertentu. Ini berguna untuk autentikasi, otorisasi, dan pemrosesan lainnya.

Autentikasi dan Otorisasi: Laravel menyediakan sistem autentikasi yang lengkap, termasuk otentikasi pengguna, manajemen sesi, dan otorisasi berbasis peran. Ini memudahkan pengembangan fitur keamanan dalam aplikasi.

Artisan Command-Line Tool: Laravel dilengkapi dengan Artisan, sebuah utilitas baris perintah yang kuat yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas seperti membuat model, controller, migrasi basis data, dan sebagainya dengan mudah.

Migrasi Database: Migrasi memungkinkan Anda untuk mengelola struktur basis data dengan mudah dan secara konsisten melalui kode PHP, tanpa perlu menyentuh SQL mentah.

Paket dan Ekosistem yang Kaya: Ada banyak paket pihak ketiga dan ekstensi yang tersedia untuk Laravel melalui komposer, yang memperluas fungsionalitas framework ini.

Laravel telah menjadi salah satu pilihan utama bagi pengembang web PHP karena kemudahan penggunaannya, dokumentasi yang kuat, dan komunitas yang besar. Framework ini sangat cocok untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi web, mulai dari aplikasi sederhana hingga proyek-proyek besar dan kompleks.

Cara Install Laravel di Windows Komputer dan Laptop

Untuk menginstal Laravel di komputer Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Pastikan Anda sudah memiliki lingkungan pengembangan PHP dan Composer yang terinstal sebelum memulai. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

Langkah 1: Instal PHP

Laravel memerlukan PHP untuk berjalan. Anda dapat mengunduh dan menginstal PHP terbaru dari situs web resmi PHP (https://windows.php.net/download/). Pilih versi yang sesuai dengan sistem Anda (x64 atau x86), dan pastikan untuk menambahkan PHP ke PATH saat menginstal.

Langkah 2: Instal Composer

Composer adalah manajer paket PHP yang diperlukan untuk mengelola dependensi Laravel. Anda dapat mengunduh dan menginstal Composer dari situs web resmi Composer (https://getcomposer.org/download/). Ikuti panduan instalasi yang disediakan.

Langkah 3: Instal Laravel Menggunakan Composer

Setelah Composer terinstal, buka terminal (Command Prompt atau PowerShell) di komputer Anda dan jalankan perintah berikut untuk menginstal Laravel secara global:

Langkah 4: Buat Proyek Laravel BaruSetelah Laravel terinstal, Anda dapat membuat proyek Laravel baru dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

Gantilah "nama-proyek-anda" dengan nama yang Anda inginkan untuk proyek Anda.

Langkah 5: Jalankan Server Pengembangan Laravel

Anda dapat menjalankan server pengembangan Laravel dengan menjalankan perintah berikut di dalam direktori proyek Anda:

Ini akan menjalankan server pengembangan dan memberikan URL lokal tempat Anda dapat mengakses proyek Laravel Anda.

Anda sekarang sudah berhasil menginstal Laravel di komputer Windows Anda. Anda dapat mulai mengembangkan aplikasi web Anda dengan menggunakan Laravel framework. Pastikan untuk merujuk ke dokumentasi Laravel (https://laravel.com/docs) untuk memahami lebih lanjut tentang fitur dan konsep dalam framework ini.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.