Tutorial Cara Membuat Meta Description Blog Lengkap

Hallo sobat blogger? .... apa kabar? terima kasih sudah berkunjung ke Blog Tutorial Online. Melanjutkan tutorial sebelumnya Cara membuat Menu Footer About Us dkk pada kesempatan ini Admin akan berbagi Tutorial Cara membuat meta description. Apa itu meta description? apa fungsinya? dan bagaimana cara membuatnya?

Admin akan coba jelaskan menurut versi Admin ya, menurut Admin pengertian Meta Description adalah suatu code HTML yang merupakan bagian dari kode-kode HTML theme blog yang fungsinya mendeskripsikan atau memberikan gambaran atau juga bisa diartikan kode yang menjabarkan inti dari keseluruhan Isi dari sebuah blog. Jadi melalui meta description ini mesin pencari search engine google akan mendapatkan informasi apa yang ada pada blog yang kemudian akan diteruskan untuk ditampil pada hasil pencarian kata kunci pada sebuah pencarian google. Dengan adanya meta description google akan mengenal dan mengetahui konten yang ada pada suatu blog. Dengan kata lain dengan adanya meta description Blog kita akan mudah diindex dan dikenali oleh google sehingga blog kita akan mudah ditemukan oleh user google. 

Untuk membuat meta description tidaklah terlalu sulit, sobat blogger cukup mengikuti langkah-demi langkah tutorial berikut ini. 

Pertama-tama sebelum kita membuat Meta Description, silahkan sobat blog chek terlebih dahulu apakah theme yang sedang sobat blogger terapkan sudah memiliki/menyertakan kode meta description atau belum. Untuk mengeceknya silahkan kunjungi situs seositecheckup.com lebih cepat lewat sini




Jika blog sobat blogger ternyata belum memiliki meta description, maka akan ada notifikasi peringatan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:



Sekarang kita akan memulai membuat meta description pada blog, langkah kedua setelah kita chek dan ternyata meta description belum ada pada blog kita maka kita akan tambahkan kode html meta description, langsung saja sobat blogger login di Blogger kemudian kita akan dibawa pada halaman Dasboard Blog seperti gambar di bawah ini:



Untuk menambahkan meta description blog silahkan tulis kode berikut ini:


Letakkan kode di bawah <head> terserah lokasinya mau dimana, yang terpenting kode meta description harus berada di bagian bawah area <head>. Tuliskan dan jelaskan deskripsi Blog sobat, usahakan deskiripsi tersebut mewakili keselurhan isi dari konten blog agar lebih SEO Friendly, jangan terlalu pendek tapi juga jangan terlalu panjang untuk meta deskirpsinya. Jika terlalu pendek maka secara otomatis penjabarannya akan kurang lengkap akan tetapi jika terlalu panjang google tidak menyukai itu. 

Catatan penting yang secara tidak sengaja Admin temukan dalam membuat meta description ini yaitu sejak awal admin mengelola blog pada awal tahun 2014 dan baru sekarang ini secara tidak sengaja admin menemukan cara membuat meta description yang sekaligus di dalamnya memuat Keyword Title

Sebelumnya admin sudah mencoba puluhan tutorial cara menambahkan Keyword Title dan Keyword Meta Description dengan kode HTML Meta tambahan. Akan tetapi belum berhasil setiap kali Admin check di situs-situs SEO Checker Keyword Title Tag dan Keyword Meta Description dinyatakan belum Tersedia/tertepenuhi. 


Ternyata cukup simple cukup menulis ulang nama Blog Kita pada awal kata Meta Description contohnya seperti ini "Tutorial Online|" kemudian disusul kata deskirpsi isi blog. Alhasil pada hasil Keyword Usege Test Mantap Jiwa Mempesona blog telah mencantumkan Meta Keyword Title Tag dan Keword Meta Description. 

Setelah sobat blogger meletakkan kode Meta Description dan mendeskripsikan isi dari blog, langkah selanjutnya adalah Klick Tombol Save. Untuk membuktikan bahwa blog kita sudah memili meta desckription silahkan kunjungi kembali situs seositecheckup.com  kemudian lalukan check ulang. 



Apabila ketika akan melakukan check ulang ternyata kita hanya diberikan satu kali kesempatan, dan untuk melanjutkannya harus mendaftarkan diri tidak usah panik, cukup close tab browser situs seositecheckup.com kemudian disconek koneksi jaringan internetnya kemudian konek kembali, lalu buka tab baru kunjungi kembali situs seositecheckup.com kemudian lakukan check. 

Apabila berhasil maka hasilnya akan seperti di bawah ini, dan selamat... sobat blogger sudah berhasil menambahkan meta desckription pada blog harapannya semoga blog menjadi lebih SEO Friendly.




Demikian Tutorial cara membuat meta Description Blog, terima kasih sudah membaca torial ini sampai habis, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.