Tutorial Cara Mengatasi Windows Eror Mode Repair

Jumpa lagi sobat blogger terima kasih ya udah setia pantengan blog sederhana admin ini. Melanjutkan Postingan Sebelumnya TutorialCara Membuat Bootable Master Windows dengan Flasdisk Tanpa Software Kali ini admin mo bagi2 tips atau tutorial bagaimana mengatasi windows yang tiba-tiba masuk ke mode repair ketika pertama kali dinyalakan.

Hal ini biasanya terjadi disebabkan oleh putusnya arus mendadak (pemadaman listrik) atau juga bisa juga disebabkan karena computer dimatikan secara paksa atau bisa juga tanpa sebab tau-tau ketika dinyalakan langsung masuk mode repair padahal sebelumnya normal. Kenapa bisa seperti itu? Jawabannya adalah karena kemungkinan system window kita sedang mengalami eror/troble/corrupt sehingga secara otomatis akan mencoba perbaiki sendiri system ketika komputer dinyalakan. Berbeda dengan versi Windows 7 pada Windows 10 terkadang Repair system harus dilakukan secara manual tidak semudah atau sesimple Windows 7 yang ketika terjadi eror pada system windows secara otomatis merepair sendiri atau cukup dengan satu kali tombol Klick.

Untuk lebih jelasnya seperti inilah kondisi dimana system windows 10 masuk mode Repair:




Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memilih menu Advanced Option



Maka akan keluar dialog selanjutnya Pilih Troubleshoot gambar kunci dan obeng



Selanjutnya pilih Advanced Option



Di menu dialog Advanced Option langsung saja pilih Startup Repair



System window akan mencoba merepair/memperbaiki konfigurasi windows kita yang mengalami eror. Biasanya butuh waktu beberapa menit sekitar 15 – 30 menit. Setelah system windows atau proses repair selesai komputer akan merestart dengan sendirinya. Jika kerusakan system windows tergolong ringan maka komputer setelah restart akan normal seperti sediakala. Akan tetapi jika tingkat kerusakan system windows berat maka jalan satu-satunya adalah menginstal ulang system windows.

Cukup sekian tutorial kali ini sampai jumpa di tutorial berikutnya

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.