Cara Memulai Pengetikan Microsoft Word agar Hasil Rapih

Melanjutkan Tutoria sebelumnya Tutorial Cara Conver File PDF, JPG, WORD dan POWER POINT secara Online pada postingan ini Admin akan membahas Tips cara memulai pengetikan di Microsoft Word yang baik dan benar sehingga menghasilkan hasil ketikan yang rapih dan mudah untuk diedit ulang teruma pengaturan spasi antar teks dan paragrap. 

Tutorial ini mungkin terkesan tidak terlalu penting atau banyak yang beranggapan untuk memulai pengetikan tidak perlu penerapan-penerapan, cukup langsung buka lembar pengetikan beres. Akan tetapi pada kenyataannya Admin sering menemui hasil ketikan pelanggan yang numpang cetak hasil ketikan dengan hasil ketikan yang kurang rapih spasinya terlalu jarang dan tidak bisa dirubah spasi jarak teksnya baik itu 1 spasi atau 1.5 spasi. Banyak juga yang tidak memperdulikan ukuran kertas, dimana ketika dokumen diprint out hasilnya terpotong melebihi panjang ukuran kertas yang ada. 

Maka dari itu bagi sobat blogger yang masih belajaran, belum mengasai teknik pengaturan pengetikan pada Microsoft Word silahkan simak langkah-langkah pengaturan Lembar Pengetikan Word yang baik dan benar. 

Pertama-tama Buka Microsoft Word




Setelah jendela lembar kerja pengetikan word terbuka atur ukuran kertas dulu dengan cara memilih menu Page Layout kemudian disudut kanan bawah ada anak panah kecil klick untuk memulai setting



Akan muncul Dialog Page Setup, pada sub menu margin tentukan layout pengetikan apakah potradi (berdiri) atau Ladscape (mendatar), kemudian tentukan jarak teks dari tepi kertas atas, bawah, kiri, dan kanan. Untuk hasil ketikan yang akan dijilid pada bagian kiri (left) isi minimal 3 cm dan bagian atas, bawah, dan kanan 2.54 cm atau disesuaikan.



Setelah itu masuk ke submenu Page, disini kita akan menentukan Jenis Media kertas yang akan digunakan, silahkan dipilih Letter, A4 atau Legal. Khusus untuk kertas ukuran Legal atau F4 lakukan setting manual, setelah memilih ukuran kertas Legal pada Paper Size silahkan diubah dibagian Width menjadi 21.5 cm dan pada Height menjadi 33 cm. Secara default pada kolom Height akan terisi ukuran 35.56 cm ukuran ini tidak sesuai dengan kerjas ukuran F4 yang beredar di Pasar Indonesia jadi perlu diadakan perbuhan jika tidak maka hasil ketikan akan terpotong ketika diprint out meski di layar tidak terlihat terpotong hal ini karena ukuran kertas yang ada di Indonesia lebih pendek dari standar legal F4 Amerika. 




Setelah selesai melakukan pengaturan margin dan Pages klick OK



Langkah selanjutnya adalah mengatur spasi jarak antar text hasil pengetikan, secara default jarak spasi teks pengetikan adalah 2 Spasi lakukan pengubahan dengan cara klick No. Spasi seperti tampak pada gamabar di atas. Hal ini bertujuan agar text hasil ketikan nantinya dapat diatur jarak spasinya di bawah 2 spasi. Jika kita tidak melakukan pilihan No. Spasi maka nantinya hasil ketikan hanya bisa disetting spasinya minimal 2 spasi keatas tentunya jarak antar text akan terlihat sangat lebar dan renggang. 



Setelah kita melakukan pengaturan pada jarak spasi text langkah selanjutnya adalah tentukan jenis huruf yang akan dipakai, jenis huruf yang paling sering digunakan dalam pengetikan adalah Times New Roman, Arial dan Thoma silahkan dipilih mana suka. 




Setelah menentukan jenis huruf langkah selanjutnya adalah memilih ukuran huruf. Pengetikan standar menggunakan huruf ukuran 12. 



Setelah Mengatur Kertas, Jenis Huruf, dan ukuran huruf langkah terakhir adalah menentukan jarak spasi antar text, untuk standar pengetikan spasinya adalah 1.5m kemudian mulailah mengetik.

Demikianlah Tutorial Cara Setting Pengetikan di Microsoft Word sebelum memulai pengetikan teks agar nantinya rapih dan mudah diedit ulang spasinya. Semoga mudah dimengerti dan sampai jumpa di Tutorial Selanjutnya. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.