Cara Memasang Iklan Blog Sendiri Sebagai Wahana Promosi

Memiliki Blog dengan Trafik Pengujung yang Tinggi dan stabil adalah impian dan dambaan setiap Blogger. Namun pada kenyataannya untuk mencapai hal itu sangatlah sulit. Banyak Sekali metode-metode yang harus dikuasai dan diterapkan dalam mengelola blog seperti yang saat ini masih menjadi kepercayaan dan viral adalah seorang blogger harus panda SEO dan Baclink untuk meningkatkan performa website dimata Google. Namun tidak semua orang dapat mencerna ilmu tersebut, apalagi para blogger pemula autodidak yang belajar ngeblog secara gratis melalui hasil pencarian google tentunya untuk menguasai ilmu tersebut sangatlah sulit. Selain itu untuk dapat belajar SEO secara penuh diperlukan biaya kursus  dengan orang-orang yang memang sudah ahli di bidang SEO yang tidak sedikit jumlahnya. Sementara biaya pengelolaan blog dari segi penggantian Domain TLD saja sudah lumayan biayanya.

Bagi kalian para blogger pemula seperti Admin sendiri, yang memiliki Blog lebih dari satu, dapat menggunakan Blog kalian untuk saling mempromosikan antar blog dengan cara membuat iklan blog sendiri dan memasangnya di blog milik pribadi secara silang. Admin rasa cara ini akan bekerja baik untuk mendongkrak trafik salah satu dari blog yang masih sepi, karena tidak menutup kemungkinan pengunjung blog akan merasa tertarik dengan iklan konten blog yang sedang dipromosikan. Jika kita hanya mengandalkan atau pasrah dengan hasil searching google dengan harapan blog kita terindex dan tampil pada hasil pencarian konten yang sedang dibutuhkan user, menurut Admin kemungkinan blog kita yang masih tergolong baru dengan tingkat SEO yang rendah akan sulit ditemukan.

Dengan cara ini kalian tidak perlu berlangganan iklan dan membayar klick yang dihasilkan pengunjung kepada situs-situs penyedia jasa iklan seperti Google ADS. Manfaatkan blog kalian yang sudah bertrafik pengunjung stabil untuk mendongkrak blog kalian yang masih sepi pengunjung.

Lalu bagaimana cara membuat iklan blog sendiri? Bagaimana Cara penerapannya? Apakah bisa bekerja dengan baik?

Jawabannya adalah bisa dan work, ini merupakan kabar baik buat kalian yang belum pernah mencoba metode ini. Admin sudah mencobanya dan melalukan test dan hasilnya lumayan.

Untuk membuat iklan blog sendiri, dalam tutorial ini berupa iklan Banner Gambar sangatlah mudah. Kalian cukup mendesain gambar Iklan secantik mungkin untuk blog yang akan kalian promosikan kemudian menempatkannya di area Widget Blog dengan ramuan kdoe HTML yang nanti Admin bagikan. Untuk penampakannya kalian bisa meliahat screenshot promosi iklan blog RumahTausiyah milik Admin berikut ini:




Pertama-tama desain gambar banner iklan blog dengan ukuran iklan banner pada umumnya, pada contoh tutorial ini admin menggunakan banner iklan dengan size 480 x 80. Kalian bisa menggunakan software Adobe Photoshop atau Corel Draw. Desain Gambar Banner dengan type file PNG atau JPG Semenarik mungkin dan berikan Text yang membuat user merasa penasaran ingin klick untuk mengujunginya.



Langkah selanjutnya adalah menconver ukuran file gambar hasil kreasi dengan sofware converter image dalam tutorial ini admin menggunakan sofware geratisan High Quality Photo Resizer. Tujuanya adalah mengurangi ukuran size gambar yang berpengaruh pada kecepatan load blog dan mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran banner iklan yang ingin kita pasang.



Buka sofware image resizer, kemudian add file banner iklan yang telah kalian buat sebelumnya untuk selanjutnya akan kita lakukan pengecilan ukuran file dan penyesuaian bidang banner iklan.



Jangan lupa pada bagian ini rubah ukuran iklan sesuai dengan ukuran banner iklan yang ingin kalian buat, karena disini admin akan membuat iklan dengan ukuran lebar 480 pixel dan tinggi 80 pixel maka pada pengaturan Size 480 x 80 dan dengan type output file PNG. Klick Next untuk melanjutkan




Klick Star untuk memulai mengecilkan ukuran file, tunggu beberapa saat jika proses resize sudah selesai maka akan muncul dialog popup Yes untuk membuka lokasi file hasil conver atau No untuk membatalkan dan keluar dari penawaran.



Langkah selanjutnya kita membutuhkan link atau alamat gambar yang akan dipasang atau dikombinasikan dengan kode HTML banner iklan. Untuk mendapatkan link tersebut kita harus mengupload file banner iklan. 

Kita akan menggunakan filture halaman baru pada menu Blogger, sebagai tempat upload dan penyimpanan gambar serta sebagai wahana untuk mendapatkan link banner iklan.



Buat Halaman baru, kemudian upload gambar dengan cara klick icon gambar pemadangan, pada dialog Add Images klick Pilih File.



Cari dimana kamu menyimpan file banner iklan yang sudah dibuat, jika sudah ketemu select dan klick Open



Setelah banner iklan berhasil diuplaod dan dimuat,  klick kanan pada gambar pilih Salin Alamat Gambar untuk mendapatkan link.



Langkah selanjutnya adalah memasang gambar banner iklan pada blog target promosi, sebelum mempraktikan penempatan iklan ini silahkan download source kode iklan DISINI

Masuk menu tata letak pada blogger, Tambahkan Widget dengan Klick +Tambahkan Gadget, pilih HTML Code, Pastekan source kode iklan yang sudah kalian download sebelumnya pada kolom Konten, untuk judul biarkan kosong saja.




Langkah Terakhir, Klick Simpan kemudian Klick Simpan Stelan dan lihat Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini tampak iklan banner ukuran 480 x 80 di sudut kanan atas. 



Demikianlah Tutorial Cara Membuat dan Memasang Iklan Blog Sendiri sebagai Wahana Promosi Blog target upgrade trafik pengunjung. Semoga totorial ini mudah dipahami dan membantu kalian dalam mengelola peningkatan pengujung blog. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.