Tutotrial Cara Mengatasi Notifikasi Konten Salinan Ajuan AdSense

Menanggapi beberapa keluhan teman-teman Admin sesama Blogger yang mengalami kegagalan persetujuan ajuan bergabung sebagai publisher iklan Goggle AdSense dengan studi kasus Konten Salinan. Pada kesempatan ini Admin merasa tertarik untuk membahasnya dan memberikan solusi atas masalah tersebut.

Pada awalnya admin sendiri juga pernah mengalami kasus ini, dan ternyata kasus ini adalah momok yang selama ini menyelimuti blog pertama Admin yang didirikan pada tahun 2014. Sementara masalah ini baru terpecahkan diakhir tahun 2018, suatu pengalaman pahit yang tidak akan terlupakan dan menjadi pembelajaran yang sangat berarti dalam ilmu pengetahuan menjadi seorang blogger.

Pelanggaran kebijakan tersebut baru dijelaskan oleh Team Google AdSense ketika admin sudah memiliki acount Google AdSense yang diaproved melalui Blog baru Admin. Ternyata dan ternyata disini letak kesalahannya. Bagi kalian yang belum memiliki acount Google AdSense Aproved akan merasa bingung dan bertanya-tanya kenapa dan mengapa ajuan saya selalu ditolak? sementara jawaban dari google hanya memberikan informasi bahwa ada kebijakan yang telah dilanggar, sementara seperti kita ketahui banyak sekali kebijakan google yang ada, dimana letak kesalahannya?

Disinilah terkadang letak sulitnya memperoleh persetujuan Account Google AdSense bagi para blgoger pemula, karena ya itu tadi penolakan tidak dijelaskan secara rinci apa penyababnya, hanya disebutkan ada pelanggaran kebijakan privacy saja. Sementara untuk mendapatkan informasi detail pelanggaran adalah dengan mengajukan Blog yang ditolak melalui Acount AdSense yang sudah Aproved seperti screenshot berikut ini: 



Seperti tampak pada Screenshot di atas sangat jelas adanya pelanggaran kebijakan Privacy berupa Konten Salinan. Google tidak akan menerima Blog dengan konten hasil salinan.

Apakah yang dimaksud Konten Salinan? Apa saja bentuk kategori Konten Salinan? Bagiamana Cara Menghindari Konten Salinan? Bagaimana Cara Mengatasi Diaproved karena Konten Salinan?

Yang dimaksud konten salinan adalah segala bentuk konten yang dipublikasikan ulang yang bersumber dari hasil menyalin konten orang lain, baik itu berupa text, gambar atau vidio rekaman dalam bahasa keren pendidikan disebut plagiat. Tentu hal ini sangat dilarang oleh Google AdSense karena dapat merugikan orang lain. Dimana seseorang yang sudah susah payah mendokumentasikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain kemudian ia mempublikasikannya ke public melalui blog kesayangannya harus sakit hati karena karyanya diduplikasi orang.

Jika kalian pernah lakukan hal itu, segeralah bertaubat hentikan mulai dari sekarang karena itu merupakan kejahatan merugikan orang lain, sudah pasti pemilik konten asli tidak akan iklhlas dan ridho hasil karyana diduplikasi juga akan berdampak buruk bagi blog kalian bisa saja jika yang punya mengetahui kontenya dicopas orang ia akan melaporkannya ke google dan bisa saja blog kalian kena sanksi dari mbah google. Jika kalian merasa tertarik dan timbul dihati ingin membuat postingan dengan topik yang sama maka jadikanlah postingan tersebut sebagai referensi atau sebagai panduan buatlah konten yang sama namun dengan hasil karya sendiri, mulai dari gambar dan penjabaran teksnya.



Jawaban pertanyaan kedua konten apa saja yang termasuk kategori konten salinan? perlu kalian ketahui tidak semua konten yang dikategorikan kontan salinan itu berasal dari copy paste karya orang lain secara keseluruhan. Konten Kategori salinan cukup luas meliputi;

  1. Konten hasil copy paste karya orang lain meski sudah 50% - 90% dimodifikasi rangkaian kata-katanya juga bisa saja terdeteksi konten salinan. Karena konten yang sudah dipublikasikan dan terindeks oleh google secara otomatis terindex perkata kunci. Pernakah kalian mencari sesuatu kemudian judul hasil pencarian berbeda dengan keywoard pencarian kalian? namun keyword ada pada deskripsi postingan. Nah disitulah letak atau penyebab terdeteksinya konten salinan karena ada kata-kata yang sama persis dengan konten yang sudah dipublikasikan dan terindex oleh google.
  2. Konten dengan gambar hasil copas searching google. Gambar hasil copas dari google bisa saja menyabkan konten blog kamu terdeteksi konten salinan. Karena bisa saja gambar yang kamu copas itu memiliki hal cipta.
  3. Konten hasil copas dari google dan sudah direedit di Mircrosoft Word dengan tambahan kata-kata sendiri atau dengan tambahan dari berbagai sumber digabungkan menjadi satu. Membuat postingan Copy paste text dari file Ms. Word juga bisa menyebabkan konten blog kamu terdeteksi konten salinan. Untuk menghindarinya jika kamu bisa membuat konsep atau membuat postingan secara offline kemudian mempublikasikannya, maka buatlah konsep atau artikel melalui Notepad. Karena dengan menyalin tekx dari notepad sepanjang pengalaman Admin aman tidak terdeteksi konten salinan. Akan lebih baik jika kalian hanya mengkonsep point inti saja sebagai panduan ketika nantinya membuat postingan. Carilah waktu yang tepat untuk membuat postingan dan mempublikasikannya, dengan waktu yang tepat, rilex dan tenang maka secara alamiyah ide-ide rangkaian kata akan mengalir dengan sendirinya.
  4. Konten hasil copy paste teks secara langsung dari kiriman/konten shared baik WhatsApp, Facebook atau media sosial lainnya meskipun itu bukan hasil duplikat konten orang lain. Jika ingin mempublikasikannya, salin dulu keseluruhan konten kemudian pastekan di Notepad kemudian copas ulang ke postingan blog yang akan dipublikasikan.


Menghindari konten blog terindikasi konten salinan wajib hukumnya bagi kalian para blogger yang ingin menjadi bagian dari Publisher Iklan Google AdSense. Untuk menghindari konten terindikasi salinan yang bahannya berasal dari konten orang lain  adalah dengan trik sebagai berikut:

  1. Membuat konten postingan blog menggunakan kata-kata sendiri meskipun isi dari konten tersebut hasil mencontek konten orang lain.
  2. Memodifikasi gambar hasil copypaste pencarian google agar tidak sama dengan aslinya, bisa dengan memberi efek bingkai, menambahkan text atau gambar cuplikan lainnya dan modifikasi-modifikasi kreativ lainnya.
  3. Berhenti membuat postingan terlebih dahulu melalui Ms. Word, atau menyimpan salinan konten orang lain yang sudah dimodifikasi di Ms. Word kemudian secara langsung mencopypaste dan menerapkannya di publikasi postingan sebagaimana sudah admin bahas pada point 3 di atas.
  4. Memastikan bahwa konten yang berasal dari media sosial atau kiriman teman yang ingin kita publikasikan di blog bukan hasil copas dari postingan blog orang lain. Pastikan bahwa konten tersebut belum pernah dipublikasikan oleh orang lain dengan cara mengecek keyword konten di pencarian google, kemudian simpan di Notepad baru kemudian salin kembali untuk dipublikasikan


Untuk mengatasi Kasus Konten Salinan silahkan terapkan beberapa tips berikut ini, Admin tidak bisa menjamin namun berdasarkan pengalaman tips berikut ini berhasil mengubah status konten salinan blog Admin sendiri sebagaimana Admin ceritakan di bagian pembuka di atas menjadi Aproved 100% dan aman sampai dengan sekarang

  1. Kembalikan semua postingan ke Draf. Buat postingan baru antara 1 - 10 postingan yang benar-benar karya kalian sendiri dengan rentang waktu  minimal 1  minggu, maksudnya jangan memporsir membuat postingan 1 - 10 tesebut secara porsir dalam satu atau dua hari buat jeda setiap postingan, lebih baik satu hari 1 postingan saja agar tidak terkesan terburu-buru.
  2. Ajukan ulang permohonan Acount AdSense setelah membuat postingan asli karya sendiri, seperti pada poin 2 dan jangan publikasikan postingan yang masih di Draf, biarkan saja  nanti ada waktunya yang tepat untuk mempublikasikannya kembali.
  3. Jika Ternyata masih ditolak jangan putus asa, buat postinga lagi secara rutin sembari mengajukan permohonan, dalam waktu kurang dari 3 minggu dan paling cepat 1 minggu acount Google AdSense Kalian akan disetujui.
  4. Setelah Acount Kalian berhasil diaproved Team Google AdSense, waktunya mempublikasikan kembali konten yang sudah di kembalikan ke draf. Namun cara mempublikasikannya jangan langsung kesemuanya secara bersamaan, lakukan postingan ulang satu persatu diselingi dengan postingan baru dan lakukan edit ulang dibagian-bagian yang kalian rasa itu 100% hasil copas konten orang lain atau untuk menghindari pemberhentian penampilan ulang iklan karena mungkin saja terdeteksi pelanggaran konten salinan kembali hapus saja relakan apa yang sudah kalian buat susah payah selama ini dengan ganti Acount Google AdSense Aktif. Jadi setiap kali akan membuat postingan baru, publikasikan 1 atau beberapa postingan draf kemudian baru publikasikan postingan baru.

Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Diaproved Ajuan Google AdSense dengan Notifikasi Konten Salinan, Semoga kalian yang memiliki masalah ini bisa terselesaikan dengan tutorial ini dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.