Cara Mengatasi Epson L310 Blink Indikator Lampu Bersamaan

Setelah sekilan lama Admin tidak membuat postingan mengenai Service Printer, Akhirnya beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan bahan postingan  Job Service Printer Type Epson L310. Problem kerusakan pada Printer Epson L310 ini dimana printer tidak bisa dipakai untuk print sama sekali. Karena begitu dihidupkan printer hanya merespon beberapa saat belum sapai Rumah Head bergerak sebagaimana mestinya langsung blink semua lampu indikator menyala. Untuk Lebih jelasnya silahkan perhatikan rekaman vidio berikut ini:


Terus terang Admin baru kali menemui Type Kerusakan atau Problem Printer Epson khususnya seri L310 ini dengan indikator kerusakan semua lampu indikator power, tinta dan resume blink secara bersamaan. Untuk menangani kasus ini Admin baru menemukan solusinya setelah dua hari kemudian. Berbagai cara test kerusakan sudah admin lakukan diantaranya test area rumah head dan ketrid, test kabel fleksibel yang menghubungkan head dengan mainboard, test dinamo, test kabel power sampai test ganti mainboard dengan cara mencopot mainboard printer L110 Admin yang kebetulan sama persis tata letak partnya. Namun hal tersebut tidak membuahkan hasil. 

Bagi kalian yang belum mengetahui cara membongkar case printer Epson L310 dapat mengikuti tutorial berikut ini ini:

Pertama buka kedua buah baut di atas printer dekat dengan baking paper kanan dan kiri

Buka Tiga buah baut yang letaknya di balik Ink Tank Printer




Buka dua buah baut kanan dan kiri yang letaknya di balik penutup area pergerakan rumah ketrid


Setelah itu  buka case bagian atas dengan cara menariknya ke atas, hati-hati jangan dipaksa rawan pecah atau patah, ketika bagian kiri sudah terangkat, congkel pengait case yang berada di sebelah kanan (dorong ke dalam)



Akhirnya ktia sudah berhasil membuka case body penutup bagian atas printer, semua komponen printer dapat dilihat dengan jelas.


Setelah melalui aneka test kerusakan seperti yang Admin jabarkan di attas, ternyata kerusakan printer blink lampu indikator secara bersamaan adalah tidak sesuainya letak sensor sebelah kiri. Kemungkinan besar pemilik printer sudah melakukan percobaan service sendiri namun karena tidak memiliki pengetahuan tentang service printer dan asal-sal coba akhirnya ada komponen yang terpasang tidak sesuai pada tempatnya. Perhatikan pemasangan sensor berikut ini, posisi pemasangan sensor yang salah kaprah. 



Sangat sepele ternyata masalahnya, membuat Admin merasa sedikit kesal namun juga tersenyum sendiri, ternyata dan ternyata sangat-sangat mudah tentunya nota siap dibuat tanpa adanya perbaikan. 



Dari permasalahan di atas dapat disimpulkan bahwa jika printer epson sobat mengalami kerusakan yang sama namun belum sempat mencoba bongkar sendiri, kemungkinan besar kerusakan terletak pada sensor tersebut. 

Demikianlah Tutorial cara mengatasi atau memperbaiki Problem Epson L310 tidak berfungsi dengan indikator kerusakan semua Lampung Indikator blink bersamaan. Untuk selanjutnya Amin Akan membahas Printer Epson L220 yang tidak bisa dipakai print dengan kerusakan kertas pada baking paper ngadat  tidak dapat tertarik sempurna alias paper jamed. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.