Extensi Add-On AdBlocker Plus Best AdBlocker

Sebelum kita membahas tentang Adblocker pernahkan kalian mengunjungi situs-situs website dengan iklan yang bejibun alias banyak sekali iklan yang muncul sehingga terkesan mengesalkan bagi kita yang mengakses konten blog tersebut, seperti contohnya website berita TribunNews. Atau kalian mengunjungi blog download dengan link safelink yang menjengkelkan ketika akan mendownload file? Nah salah satu solusi dari masalah tampilan iklan yang menjengkelkan tersebut adalah dengan menggunakan Adblocker.

Apa itu AdBlocker?

AdBlock adalah ekstensi penyaringan konten dan pemblokiran iklan sumber terbuka untuk penjelajah web Google Chrome dan Apple Safari. AdBlock memungkinkan pengguna mencegah munculnya elemen web tertentu seperti iklan. AdBlock saat ini merupakan ekstensi Google Chrome yang paling populer dan digunakan oleh lebih dari 20.000.000 pengguna. 

AdBlock juga merupakan ekstensi Safari yang paling banyak digunakan. Menurut sebuah artikel di The New York Times, ekstensi ini dibuat pada tanggal 8 Desember 2009, hari ketika dukungan ekstensi ditambahkan ke Google Chrome. Dukungan untuk Safari ditambahkan bulan Juni 2010.

AdBlock berbeda dengan AdBlock Plus. Pengembang AdBlock mengaku terinspirasi oleh ekstensi AdBlock Plus di Firefox, tetapi pengembangan kedua ekstensi ini tidak berhubungan.



Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa AdBlocker berfungsi untuk mencegah atau menghilangkan Iklan yang tampil ketika mengakses suatu website yang sudah bekerja sama dengan perusahaan penerbit iklan seperti Google AdSense atau dengan kata lain website publisher iklan. 

Inilah salah satu dampak positif dari pemasangan Add-On AdBlocker. Namun dibalik keuntungan user mememasang Adblocker sehingga ketika mengakses Blog atau Website secara cepat bersih tanpa adanya iklan sehingga hanya terfokus pada kontennya saja, penggunaan AdBlocker justru merugikan pihak pemilik Blog atau Website karena dengan pecegahan munculnya iklan melalui penggunaan AdBlocker Pemilik Website/Blog tidak mendapatkan pendapatan sama sekali dari pengunjung. 

Maka dari itu gunakanlah AdBlocker sewajarnya dan secara bijak. Bagi Website atau blog dengan pemasangan iklan yang wajar-wajar saja sebaiknya kita nonaktifkan AdBlocker untuk menghargai pemilik Blog yang sudah susah payah membuat konten dan membagikannya secara geratis kepada publick. Toh kita juga mengambil manfaat darinya dan lebih diuntungkan dengan isi konten blog yang kita butuhkan. 

Sekarang kita kembali ke topik inti yaitu penggunaan AdBlocker, dari sekalian banyak program atau ekstensi AdBlocker  dan dapat kita peroleh secara geratis ada satu Add-On Browser AdBlocker yang cukup baik yaitu AdBlocker Plus. Kalian dapat memasang AdBlocker Plus ini secara geratis dengan mengunjungi Crome Web Store. 

Kunjungi situs Crome Web Store dengan cara mengetikkan kata kunci "Crome Web Store" pada kolom pencarian Google 



Pada kolom pencarian Ekstensi ketik kata kuncu "AdBlocker Plus" kemudian tekan Enter



Maka akan muncul Ekstensi AdBlocker Plus hasil pencarian, pada sisi kanan terdapat tombol Instal/Tambahkan ke Crome. Klick Tambahkan untuk memulai pemasangan.



Setelah kalian berhasil memasang Ekstensi AdBlocler Plus, maka di pojok Kanan atas Adress Bar akan muncul icon ABP (AdBlockerPlus) warna Merah. Kalian dapat Enable dan Disable Ekstensi melalui icon tersebut dan setiap kali penerapan action klick Refresh.




Hasil dari penerapan AdBlocker Plus pada Browser seperti screenshot berikut ini:



Blog Tauisyah Islami milik Admin yang sudah Aproved Google AdSense tampak bersih tidak ada iklan yang muncul dengan penggunaan AdBlocker Plus. Pada icon ABP muncul informasi sekitar ada 7 Iklan AdSense yang diBlockir.


Penggunaan AdBlocker Plus ini tidak dapat dipastikan dapat memblockir seluruh Iklan atau Ads pada Website alias tidak menutup kemungkinan Iklan-iklan pada website tertentu akan tetap ditampilkan, karena sebagaimana Admin singgung di atas penggunaan AdBlocker ini merugikan pemilik Blog atau Website maka tentunya mereka juga akan berusaha menerapkan metode Anti AdBlocker sehingga meskipun pengguna mengaktifkan AdBlocker, Website Atau Blog yang sudah menerapkan Anti AdBlocker akan tetap menampilkan Iklan.


Demikianlah ulasan mengenai AdBlocker Plus; pengertian, fungsi, dan cara pemasangan serta penggunaannya. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Sampai Jumpa di Tutorial Selanjutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.