Cara Daftar Peserta Beasiswa Lanjut Kuliah di BANPEM

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tertanggal 22 Mei 2019 bahwasannya dalam rangka peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4 bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mempunyai Program Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4.

Tentunya hal ini  merupakan salah satu momen yang berharga dan ditunggu-tunggu kehadirannya, jangan sampai terlewatkan kesempatan emas ini. Bagi Guru atau Tenaga Kependidikan tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang kebetulan masih kuliah jenjang D4/S1 atau putus kuliah dan berminat untuk melanjutkan kuliah kembali dapat segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan Pemerintah pada portal gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019 paling lambat 31 Mei 2019. 

Untuk memulai pendaftaran silahkan akses alamat portal di atas, maka kita akan disambut dengan halaman dasboard BANPEM seperti di bawah ini:



Klick Menu Login untuk memulai dan mengakses halaman pendaftaran, maka akan muncul menu + Daftar



Masukkan data sesuai form yang disediakan terdiri dari NUPTK, Nama, dan Email serta Pasword Login Account. Setelah semua form terisi klick +Daftar


Akan muncul notifikasi bahwa pendaftaran berhasil, silahkan  buka inbox email yang dipakai untuk mendaftar, kita akan mendapatkan pesan email Konfirmasi pendaftaran, kemudian Klick  Verifikasi Akun untuk melanjutkan.





Konfirmasi Verifikasi Akun berhasil,Klick OK kemudian login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat sebelumnya. 


Sekarang kita sampai pada halaman Dasboard Account, Lengkapi data Diri yang terdapat pada menu Profil, Data Tambahan dan Dokumen Pendukung, setelah itu baru lanjut ke Ajukan Bantuan.
 


Pada Menu Profil terdapat beberapa form informasi identitas yang harus dilengkapi, isi semua form sesuai prosedur kemudian klick Simpan. Pada kolom NUTP berisikan alamat email ganti dengan Nomor NUPTK. Dengan mengganti alamat email dengan NUPTK maka ketika nanti logout dan ingin login kembali maka pada username isikan dengan nomor NUPTK. 




Setelah selesai mengisi data pada menu Profil lanjutkan ke menu Data Tambahan, ada tiga Sub Menu yang harus dilengkapi datanya yaitu Riwayat Pendidikan, Pengalaman Pelatihan, dan Penghargaan. 









Lengkapi semua data pendukung yang ada terutama pada bagian riwayat pendidikan dan riwayat pelatihan serta lampirkan data penghargaan yang pernah diperoleh. Dengan lengkapnya data maka akan membuka peluang besar diterimanya ajuan.


Adapun Dokumen pendukung yang harus diupload sebagaimana tampak pada screenshot di atas. Scand semua data pendung bertype file PDF gunakan resolusi 150 - 200 dpi jangan menggunakan resolusi standar 300 dpi karena file akan berukuran besar dan kemungkinan akan menyulitkan dalam proses upload file. 

Untuk surat Pernyataan Belum Berkualifikasi S1 dan Surat Pernyataan Tidak Sedang Memperoleh Bantuan Pendidikan dari Instansi/Lembaga Lain dapat di download di GALERISURAT.COM




Setelah semua data dilengkapi dan dokumen pendukung sudah diupload klick menu Ajukan Bantuan



Akan muncul notifikasi verifikasi mengajukan bantuan, klick Yes, setelah itu akan muncul notifikasi seklilas proses ajuan berhasil. Untuk memastikannya silahkan reload browser pada menu Ajukan Bantuan maka akan status ajuan akan berubah menjadi SUDAH DIAJUKAN.




Demikianlah Tutorial Singkat Cara Mendaftarkan DIri Sebagai Peserta Penerima Beasiswa Lanjut Kuliah program Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4 bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang ada di Indonesia. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.