Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Mengatasi Aplikasi Raport K13 yang Tidak Bisa Dibuka

    Semenjak diterapkannya Kurikulum Pendidikan 2013 di sekolah-sekolah negeri dan swasta, system pendataan nilai siswa sudah tidak secara manual seperti dahulu. Guru dituntut untuk bisa dan menguasai pengolahan nilai siswa melalui sebuah aplikasi pengolah data nilai Microsift Exel yaitu aplikasi Raport (Penilaian Pembelajaran ) berbasis Kurikulum 2013. 

    Aplikasi Raport jenis ini hanya suport Microsoft Office Tahun 2010 ke atas dan tidak akan bisa diakses melalui Microsoft Office di bawahnya seperti Office 2017. Beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan keluhan dari pelanggan dari seorang Guru pengguna Aplikasi Raport Kurikulum 2013 dimana Aplikasi tersebut eror hanya bisa diakses pada menu awal saja. Sementara sub-sub menu dalam aplikasi tersebut tidak bisa diakses sama sekali dengan notifikasi eror "The Operation Has Been Canceled Due to Restriction in Effect on this Computer. Please contact your System Administrator" dan Satu Orang lagi dengan Keluhan Nilai Siswa Apabila diinput kemudian ditekan Enter menjadi nol koma sekian Misal nilai 80 apabila diinputkan menjadi 0,80.



    Awalnya Admin mengira masalah ini disebabkan adanya eror pada system Microsoft Office yang terinstal di Laptop yang bersangkutan. Langsung saja Admin coba Uninstal Office dan Instal Ulang, Namun hal tersebut tidak membuahkan hasil. Kemudian Admin  mencoba melakukan Instal Ulang Windows Laptop. Pada awalnya setelah proses instal ulang Windows selesai berikut Microsoft Office 2010 juga selesai diinstal, Admin lakukan test membuka Aplikasi Raport K13 semua bejalan normal eror Aplikasi Raport K13 tidak bisa dibuka dan kesalahan input angka terselesaikan. 

    Mungkin Anda Tertarik: Tutorial Cara Convert File PDF ke Word Hasil Rapi Tidak Berantakan Bisa dan Mudah Diedit


    Seperti biasanya jika menginstal ulang laptop secara otomatis kita harus menginstal Driver dan sofware-sofware editing yang dibutuhkan pengguna. Setelah semuanya selesai dan semua program cukup termasuk browser yang terinstal ada beberapa pilihan seperti Crome, Opera, dan Mozila Firefok. Untuk memastikan Aplikasi Raport berjalan normal Admin melakukan test untuk kedua kalianya, dan...ternyata eror Aplikasi Raport Tidak Bisa dibuka dengan notifikasi The Operation Has Been Canceled Due to Restriction in Effect on this Computer. Please contact your System Administrator terulang kembali. 

    Bayangkan saja untuk menyelesaikan Instal Windows, Driver dan Program Sofware yang dibutuhkan pengguna itu tidak mudah memakan waktu yang cukup lama sekitar 1 Jam lebih dan ternyata eror kembali muncul setelah semua selesai. Spontan saja Admin langsung shock dan pening bercampur emosi, masa harus intstal ulang lagi, iya kalau nanti tidak kejadian eror lagi setelah semua selesai diinstal? 

    Dengan penuh rasa penasaran apa sebenarnya penyebab eror diatas dimana pada awalnya sebelum sofware-sofware pendukung Aplikasi Laptop selain Microsoft Office di Instal Aplikasi Raport berjalan normal kemudian eror begitu saja setelah adanya tambahan sofware pelengkap lainnya,  pasti ada sesuatu di balik semua itu. Admin mencoba-coba searching google dengan kata kunci eror aplikasi rapot di atas. Namun tidak ada satupun blog yang membahas sesuai dengan permasalahan tersebut yang menimpa aplikasi raport K13. Justru pesan Eror di atas juga banyak terjadi pada Aplikasi lain selain Mincrosoft Office. 

    Dari sekian banyak tutorial yang Admin coba pelajari tentang mengatasi masalah eror pada program dengan notifikasi The Operation Has Been Canceled Due to Restriction in Effect on this Computer. Please contact your System Administrator adalah bersumber dari Aplikasi Browser yang terinstal pada system windows. Admin coba ingat-ingat browser apa saja yang terintal dan urutan penginstal browser pada proses penginstalan sebelumnya. 

    Dari hal inilah akhirnya mulai ditemukan titik terang, dimana pada saat Aplikasi Raport dapat dibuka dan berjalan lancar hanya ada satu browser yaitu Google Crome, dan eror tersebut terjadi setelah terinstalnya beberapa browser lain. Untuk membuktikannya Admin langsung menguinstal semua browser yang ada dan hanya menginstal Google Crome.



    Kemudian melalui menu pengaturan browser Amin menjadikan Google Crome sebagai Default Browser. 



    Setelah itu Admin mencoba kembali menjalankan Aplikasi Raport K13, hasilnya tara..... Aplikasi Raport dapat dibuka dan berjalan dengan normal sesuai harapan. Dari kejadian ini dapat disimpulkan bahwa sumber eror dari Aplikasi Raport K13 yang tidak bisa dibuka menu-menu di dalamnya adalah tidak singkronnya Program Office dengan Browser yang ada. Entah di bagian mana pengaturan tersebut yang jelas untuk membuka Aplikasi Raport K13 dibutuhkan system dari Browser Google Crome.

    Mungkin Anda Juga Tertarik:



    Jika Tutorial di atas tidak mengatasi masalah error pada aplikasi Raport K13 yang sedang anda hadapi, anda bisa mencoba Tips Jitu Mengatasi Berbagai Macam Error Aplikasi Raport K13

    Demikianlah Tutorial Cara mengatasi Aplikasi Raport K13 yang eror tidak bisa dibuka menu-menu editing nilai di dalamnya dengan mudah hanya dengan menjadikan Browser Google Crome sebagai Default Browser. 
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.

    Berbagi Tutorial Online juga menerima Jasa Remot Flash, ByPass Android & iPhone seperti kendala Android Bootloop atau Stuck di Logo Boot, Terkunci Akun Mi, FRP Google Account, Terkunci iCloud untuk iPhone hubungi saya via WhatsApp Chat.
    Artikel Terkait: