Cara Mudah Mengatasi Berbagai Macam Error Aplikasi Raport K13

Diantara kendala atau masalah yang sering dihadapi oleh Tenaga Pendidik Terutama Wali Kelas dalam mengelola hasil penilaian belajar siswa menggunakan aplikasi raport K13 adalah adanya beberapa jenis error yang mengakibatkan aplikasi raport k13 tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Saya sering menangani kasus tersebut di atas, diantaranya :

  1. Aplikasi raport tidak bisa dibuka karena Microsoft Office yang dibuka tidak compitable dengan minimum requidmen dimana aplikasi raport k13 hanya bisa dijalankan di Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013 dan Microsoft Office 2016. 
  2. Aplikasi Raport K13  tidak bisa dibuka meskipun sudah menggunakan Microsoft Office yang direkomendasikan seperti munculnya error The Operation Has Been Canceled Due to Restriction in Effect on this Computer. Please contact your System Administrator .
  3. Aplikasi Raport K13 Terbuka namun menu yang ada di dalamnya seperti disable tidak aktif, tidak bisa diakses sama sekali ini juga sering terjadi. 
  4. Hasil Rekap Aplikasi Raport K13 tidak sesuai dengan yang diharapkan, dimana digit angka atau koma yang ditampilkan tidak sesuai dengan ketentuan juknis penilaian. 
  5. Dan masih banyak masalah  lainya 
Semua masalah tersebut di atas biasa diatasi satu persatu mengikuti intruksi error yang ada di aplikasi, atau melakukan setting sedimikian rupa pada microsoft office. Tentunya untuk menemukan penyabab dan solusi atas error aplikasi raport k13 tidaklah mudah.

Terkadang solusi atas masalah aplikasi raport k13 tidak ditemukan, setelah anda mencoba mencari solusinya melali pencarian online Google.

Ada solusi yang paling mudah dan simple tanpa harus memikirkan dan mengetahui penyebab adanya error aplikasi raport K13. Hal ini sudah saya buktikan beberapa kali, ketika saya menemukan pelanggan yang mengelukan aplikasi raport k13 bermasalah dan sudah saya coba cari penyebabnya dan mencoba beberapa metode percobaan namun tidak kunjung terselesaikan. Hanya dengan beralih ke aplikasi Office semua masalah biasanya dapat dengan mudah teratasi.



Salah satu Aplikasi Office yang dapat diandalkan dan menjadi senjata ampuh untuk mengatasi berbagai macam error pada aplikasi raport sampai saat ini yang biasa saya gunakan adalah WPS Office. Dengan beralih menggunakan WPS Office aplikasi raport dapat berjalan dengan normal tanpa kenda, dan tanpa harus enable macro seperti pada penggunaan microsoft office.

Bagi anda sedang dihadapkan pada aplikasi raport k13 yang bermasalah dan anda ingin mencoba solusi cerdas ini, silahkan download WPS Office secara geratis di webiste resminya: Download WPS Office Update Latest

Setelah anda download, jalankan Instaler WPS Office secara online seperti tampak pada screenshot di bawah ini:


Checklist Persetujuan, kemudian Klick Install Now


Tunggu hingga proses download dan instal WPS Office selesai selama beberapa menit ke depan


Setelah proses instal selesai, maka WPS Office akan terbuka secara otomatis seperti screnshot di bawah ini tampilan dari WPS Office 2019.


Klick New di bawah menu Home untuk membuat lembar kerja baru, dan berikut ini tampilan lembar kerja WPS Office Word, Exel, Power Point dan PDF









Satu hal yang saya paling suka dari WPS Office yaitu dengan hanya menjalankan satu Aplikasi semua jenis lembar kerja dokumen dapat berjalan secara bersamaan dalam satu aplikasi tidak seperti office lainnya yang masing-masing terpisah.

Untuk penggunaan WPS Office pada dasarnya sama saja dengan Microsoft Office, hanya saja dari segi tampilan dan tata letak menu berbeda. Anda perlu belajar pembiasaan dalam penggunaan WPS Office ini, jika sudah terbiasa semua akan menjadi mudah bahkan anda biasa saja lebih suka dengan WPS Office dibandingkan dengan Microsoft Office yang anda gunakan sebelumnya selama ini.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.