Cara Mengatasi Epson L120 Blink Paper Out or Incorrect Loading

Beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan job service Printer Epson L120 dengan kendala kerusakan ketika dipakai untuk print Rol penarik kertas seperti ngadat, dan tidak bisa menarik kertas seperti biasanya, ketika admin perhatikan bagian box kertas tidak ada pergerakan sama sekali ketika diprintah untuk print hanya bunyi mekanik bagian dalam saja yang ada pergerakan. Padahal normalnya ketika printer menarik kertas secara otomatis bagian box belakang (baking kertas) ada pergerakan mendorong kertas masuk ke mekanik bagian dalam. 


Untuk mengetahi penyebab dari masalah tersebut diatas adalah dengan membongakas case printer, dan memastikan apakah memang benar ada kendala pada mekanik penarik kertas. 

Setelah case penutup area mekanik dan mesin printer epson L120 dilepas, lakukan pengecekan pada area rol penarik kertas, barang kali ada mekanik yang selip, patah, atau terhalang oleh benda asing, jika tidak ditemukan dan bingung apa penyebabnya maka jalan satu-satunya adalah membongkar satu persatu mekanan dan mengeceknya secara teliti setiap komponen atau dapat menggunakan printer lain yang typenya sama untuk perbandingan posisi dan fungsi mekaniknya. 


Dan Akhirnya masalah terpecahkan ternyata masalahnya hanya sepele, Admin gerak-gerakan bagian Rol Penarik kertas, dan backing kertas bagian belakang dan setelah admin gerak-gerakkan paksa printer kembali normal. 



Kesimpulan: 
Kasus Error pada Printer epson L120 Blink Paper Out or Incorrect Loading selain biasanya disebabkan oleh posisi pemasangan kertas yang tidak pas, juga dapat disebabkan adanya gangguan pada stystem mekanik Rol atau Baking Kertas yang bergerak namun tidak dapat kembali ke asalnya dan hanya dengan digerak-gerakkan saja terkadang masalah bisa teratasi.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.