Cara Mengatasi Ketrid Mampet Canon MX397 Seris

Salah satu akibat dari printer yang tidak digunakan untuk cetak dokumen dalam jangka waktu yang lama dimana printer hanya disimpan dan didiamkan saja selama berminggu-minggu adalah keringnya tinta dan busa ketrid sehingga pada akhirnya terjadi penyumbatan pada mata ketrid sehingga tinta tidak bisa keluar ketika dipakai untuk mencetak dokumen hasil cetak blank putih tanpa noda tinta.


Solusinya adalah dengan mencoba terlebih dahulu mengisi ulang atau refil tinta secukupnya kemudian coba Anda test gunakan untuk mencetak dokumen. Apabila hasilnya tetap blank putih tanpa adanya nota tinta Anda bisa mencoba menggunakan metode berikut ini sebagai alternatif service awal.


Pada dialog Print pilih menu Properties, kemudian akan muncul menu  properties printer pilih tab Maintenance atau dalam bahasa indonesia Perawatan.



Kemudian pilih Menu Cleaning, pilih ketrid yang bermasalah dinisi contohnya ketrid hitam yang bermasalah, kemudian klick Excute


Jika muncul notifikasi konfirmasi klick OK, tunggu sampai proses cleaning selesai


Setelah selesai coba lakukan test kembali untuk mencetak untuk melihat hasilnya


Apabila hasilnya masih blan kosong seperti gambar di atas, kembali ke menu Maintenance kemudian pilih step pembersihan tahap kedua yang lebih serius yaitu Deep Cleaning.


Pilih Ketrid yang bermasalah dan akan dilakukan Deep Cleaning, klick Excute untuk konfirmasi


Bila muncul notifikasi konfirmasi seperti gambar di bawah ini klick OK



Pilih menu Cancel kemudian OK  untuk kembali ke dialog Print


Lakukan Test Cetak Dokumen kembali, dan bisa dilihat hasilnya tinta warna hitam sudah mulai keluar namun hasil cetaknya masih putus-putus tulisannya.


Lakukan Deep Cleaning sekali lagi, seperti prosedur di atas. Hasilnya hasil cetak warna hitam sudah sempurna, tinta dapat keluar secara maksimal dan tidak blank putih kosong. Apabila sudah dilakukan head cleaning berkali-kali namun tinta tidak mau keluar sama sekali berarti memang ketrid sudah aus dan waktunya diganti dengan unit ketrid baru.


Kesimpulan:
Meskipun tidak digunakan, printer juga membutuhkan perawatan secara berkala yaitu dengan cara mencetak dokumen sesekali dalam beberapa hari, selain itu juga menjaga kebersihan printer juga sangat penting agar printer lebih terawat dan tidak ada benda asing yang masuk dalam unit printer yang bisa mengakibatkan kerusakan atan kendala error ketika akan digunakan kembali.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.