Cara Mengatasi Laptop Error Load Previous Values Masuk Bios

Salah satu jenis kerusakan atau error pada laptop yang jarang sekali terjadi dan ditemui adalah dimana laptop ketika dinyalakan langsung masuk bios dan muncul notifikasi convirmasi Load Previous Values? Admin sendiri baru kali ini mendapatkan job service laptop untuk type kerusakan seperti ini dan lumayan bingung bagaimana cara mengatasinya. 

Setelah googling sana sini dan berdasarkan informasi yang sudah banyak blogger bahas ternyata hal ini disebabkan oleh Errornya System Bios, bisa karena laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama hingga daya batri habis (drop), bisa juga karena bateri CMOS sudah aus sehingga tidak lagi dapat menyimpan setting system bios termasuk di dalamnya setting Jam dan Tangal atau hal lain yang Admin belum ketahui. 


Berdarkan foto di atas bisa dilihat bahwa settingan jam dan tanggal tidak sesuai dengan Jam dan Tanggal sesungguhnya, kejadian ini admin tangani pukul 07:52 tanggal 07-02-2019. 




Langkah pertama yang bisa dipraktikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melakukan setting waktu Jam dan tangal sesuai dengan Jam dan Tanggal sebenarnya, kemudian mengubah setting Secure Boot pada tab menu Security menjadi Disable bagi laptop yang diinstal Windows 7 secara bawaan laptop ini sudah mengusung windows 10.





Kemudian mengubah OS Selection UEFI OS menjadi Legacy OS, ini berlaku khusus bagi laptop yang diinstal Windows 7, untuk Windows 10 pengaturan tetap pada pilihan UEFI OS. 







Seperti biasanya lakukan setting Boot Priority ke Hard Disk yang terpasang pada laptop





Setelah itu lakukan Save Settingan dengan cara menekan tombol F10 kemudian akan muncul konfirmasi Save & Reset pilih Yes Enter.


Pada kasus ini masalah tidak terselesaikan dengan metode di atas karena System Bios memang sudah dalam keadaan Crash Error tingkat Lanjut sehingga harus dilakukan Flash Ulang Bios ditandai dengan tombol save dan  reset yang seharusnya secara default menggunakan tombol F10 berubah menjadi tombol F4. 

Jadi solusinya jika kalian sudah melakukan beberapa setting di bios sebagaimana mestinya namun masalah Laptop Error Load Previos Values Langsung masuk bios ketika dinyalakan adalah dengan melakukan Flash Ulang Bios. File bahan flash bios dapat di didownload pada situs resmi sesuai merk laptop. Untuk cara flash bios sendiri admin belum pernah melakukannya dan tidak berani mengambil resiko gagal flash bios yang nantinya bisa mengakibatkan laptop matot. Untuk itu bagi kalian yang mengalami kasus yang sama lebih baik diserahkan ke ahlinya kecuali kalian siap menanggung resiko dan penasaran ingin mencoba sendiri flash bios. Metode flash bios ada yang melalui flasdisk dan ada pula yang harus mencopot IC bios kemudian melakukan flash menggunakan alat khusus flash IC. 

Demikianlah Tutorial Cara mengatasi Laptop Masuk Bios dengan notifikasi  Load Previous Values ketika dinyalakan. Semoga bermafaat sebagai informasi cara mengatasi masalah seperti ini dan terima kasih telah berkunjung.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.