Cara Mengganti ID Shortname Disqus Komentar Bawaan Template

Penggunaan komentar Disqus pada saat ini sudah hampir digunakan pada semua jenis template baik AMP dan Non AMP terutama pada template basis AMP karena pada dasarnya tidak suport dengan fitur Komentar Blogger. 

Bagi blogger pemula seperti Admin sendiri ketika mencoba berganti template blog dimana fitur comentar bawaan template adalah disqus dan tidak ada fitur comentar blogger akan mengalami kesulitan dalam mengubah Id Comentar Disqus. Sampai-sampai untuk bisa mengganti Id Disqus bawaan template Admin sendiri membutuhkan waktu berhari-hari. Sudah mencoba mencari-cari tutorial namun kebanyakan tidak menunjukkan inti dimana lokasi code Id Disqus yang harus diganti dengan Id Disqus milik kita sendiri. Wajar saja menggunakan template AMP merupakan hal baru yang penuh sejuta pertanyaan bagaimana penerapannya, karena memang sebelumnya hanya menggunakan template-template Non AMP yang mudah pengelolaannya. 

Bagi Anda yang mungkin saat membaca postingan ini baru saja menerapkan template baru dengan fitur Disqus dan belum memiliki Account Disqus, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat Account Disqus terlebih dahulu. Silahkan akses websiten resmi disqus.com

Bagi anda yang sudah membuat atau sudah memiliki akun disqus langsung saja login dengan account anda kemudian pilih I Want To Comment on Sites. 


Pada halaman dasboard Account Disqus, buat comentar disqus untuk blog anda, sebagai contoh disini admin akan membuat account disqus untuk website Galeri Surat. 


Karena Admin sebelumnya sudah membuat fitur comentar disqus untuk blog ini, maka Admin memilih menu +New. 


Masukkan Nama Website Anda kemudian pilih Category Website kemudian klick Create Site

Kemudian tentukan paltform blog Anda, Pilih blogger untuk website type Blogger


Kemudian pada halaman selanjutnya Klick Configure


Masukkan alamat website atau blog anda, masukkan juga peraturan komentar yang harus ditaati oleh pengjung blog. 


Jangan lupa untuk bahasa pilih Indonesia kemudian klick Complate Setup. Pada halaman selanjutnya pilih Confiqure Your site's Community Setting

Pilih Website yang sedang kita kelola dan akan dibuatkan Id Account Website Disqus

Masukkan foto profil account disqus dengan klick Choose File, kemudian klick Save


Kemudian gulir ke halaman paling atas, dan copy shortename  yang Admin berikan tanda panah merah, ini adalah id shortname disqus yang nantinya akan kita pasang. 
Buka daboard Blogger, pilih Tema kemudian pilih Edit HTML. Cari lokasi code Id Comentar Disqus yang berupa shortname dengan cara aktifkan fitur pencarian ctrl+f kemudian gunakan kata kuncu disqus atau shortname.

Setelah lokasi id shorname disqus ditemukan ganti dengan shortname Anda yang telah dibuat sebelumnya dan untuk menerapkannya klick Simpan Tema

Sekarang coba anda buka salah satu postingan blog Anda kemudian chek pada fitur komentar disqus, apakah sudah berhasil mengganti Id Disqus. Jika prosedurnya benar maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. 

Muncul Peraturan komentar dan nama Blog yang telah dibuat sebelumnya. 

Kesimpulan:
Mengganti Id Disqus bawaan template sebenarnya mudah, namun bagi pemula yang belum mengetahui prosedur pembuatan akun disqus dan cara penerapannya hal ini akan sangat sulit dan membingungkan, oleh karna itu kita dituntut untuk selalu belajar dan pengalaman adalah guru yang terbaik bagi kita.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.