Cara Pasang Widget Related Post Keren Full Valid AMP

Salah satu fitur yang banyak dipasang pada template blogger adalah fitur Recent Post, yaitu sebuah fitur yang menyeguhkan beberapa cuplikan judul konten sebuah blog yang baru dan belum lama dipublikasikan, ibarat makanan masih anget-angetnya. Sehingga diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk berlama-lama membaca isi blog dengan mengunjungi atau membaca berberapa konten postingan yang dianggapnya menarik. Hal ini merupakan salah satu trik untuk menaikkan visitor blog dan bahkan mungkin dapat membuka peluang penghasilan Klick AdSense.

Pada umumnya fitur Recent Post yang ada hanya menampil beberapa judul konten postingan yang baru saja, dan pengunjung tidak dapat mengakses lebih dalam keseluruhan postingan yang telah dibuat dimasa lalu melalui fitur Recen Post, sebagai laternatif lain pengunjung dapat mengakses fitur SiteMap jika ingin melihat-lihat isi dari sebuah blog.

Berbeda dengan Fitur Recent Post yang akan Admin bagikan saat ini, secara tampilan mungkin hampir sama yaitu menampilkan beberapa konten postingan terbaru dan yang telah dibuat sebelumnya Namun Fitur Recent Post ini memiliki tombol Go Back, Home, dan Next Preview. Sehingga Pengunjung hanya dengan menggunakan navigasi tersebut dapat melihat atau mengakses seluruh kontek terbaru yang ada berdasarkan urutan waktu dengan mudah, berikut ini tampilannya: 



Terlihat di atas pada tampilan halaman Blog Berbagi Tutorial sebelah Kiri ada menu Recent Post kemudian diarea bawah recent post terdapat tombol navigasi yang akan memudahkan pengunjung untuk mengakses konten terbaru berdasarkan urutan waktu. Bagaimana apakah Anda sobat blogger ingin mencoba menerapkan fitur ini pada blog kalian? 

Cara pemasangannya sangatlah mudah, namun tidak seperti pada umumnya pemasangan melalui menu tata letak kemudian add widget html. Anda hanya cukup mencopy dan pastekan source kode html Related Post berikut ini pada area widget pada tata letak tempate melalui menu EDIT HTML. Buka halaman Dasboard Blogger kemudian pilih Blog target yang ingin anda pasang fitur ini, pilih menu Tema kemudian pilih Edit HTML.
 
<b:widget id='HTML97' locked='false' title='' type='HTML' version='1'>
<b:widget-settings>
<b:widget-setting name='content'><![CDATA[<!--recentpost-->]]></b:widget-setting>
</b:widget-settings>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<amp-iframe expr:src='&quot;https://cdn.staticaly.com/gh/KompiAjaib/kompi-html/master/recentpost-amp.html?fontSize=16px&amp;color=333&amp;url=&quot; + data:blog.homepageUrl' frameborder='0' height='488' layout='fixed-height' noloading='' sandbox='allow-forms allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups' title='Recent Posts'>
<amp-img height='488' layout='fixed-height' noloading='' placeholder='' src='https://1.bp.blogspot.com/-x1yVa6ztsWY/WyHFPLG0uLI/AAAAAAAAyIg/3C5Lb5EjGywOPzO_XSwK1XTu6VlBZE4SgCLcBGAs/s1600/back-iframe.png' width='auto'>
</amp-img>
</amp-iframe>
</b:if>
</div>
</b:includable>
</b:widget>


Anda bisa meletakkan Source kode Related Post ini di bawah source kode widget yang ada pada template kalian, source kode widget pada umumnya diawali dengan kode <b:widget id="......" kemudian diakhiri dengan kode </b:includable> </b:widget>. Jadi letakkan sour code related post setelah kode </b:includable> </b:widget> yang merupakan kode penutup widget yang sudah ada. 
Setelah penempatan kode dirasa pas, klick Simpan Tema untuk menerapkan, apabila terjadi eror berarti Anda salah dalam meletakkan kode, coba ulanggi dan posisikan pada area penempatan kode yang tepat. 

Kesimpulan: 
Widget Related Post merupakan salah satu fitur yang memanjakan pengunjung dengan suguhan konten postingan terbaru yang dengan mudah dapat diakses tanpa harus mengakses halaman home page atau mengakses menu SiteMap untuk berselancar menjelajahi isi dari sebuah blog. Tentunya fitur ini juga penting dan sangat direkomendasikan untuk ada pada halaman blog dengan harapan dapat meningkatkan jumlah kunjungan postingan dan pendapatan klick iklan AdSense. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.