Cara Menganti Fuse F1 Epson L120 Sekali Pasang Langsung Jadi

Dalam proses penanganan kasus Printer Epson L120  hasil print out kosong blank putih tanpa noda tinta setitik pun yang disebabkan oleh putusnya sekring pengaman lebih dikenal dengan Fuse F1 diperlukan pengetahuan khusus. Agar ketika proses penggantian Fuse F1 tidak berulang-ulang alias sekali pasang langsung jadi. 


Berdasarkan pengalaman dalam menangani proses penggantian Fuse F1 Epson L120 tidak sembarang Fuse F1 yang compitable. Bahkan Fuse F1 hasil order online yang berlabel Original Compitable sekalipun ketika di pasang hasilnya zonk. Mungkin label tersebut ada kebohongannya juga, compitable All Epson Seri L kata penjualnya, dari bentuk fisinya juga udah beda tuh Fuse F1 yang dibilang Compitable All Epson L120 seperti ini penampakannya:


Sekedar catatan ya.. ini bukan Admin yang gak becus pasang Fuse F1nya, juga bukan bertujuan ngejelekin penjual, ini fakta jadi Admin hanya membeberkan faknya setelah dilakukan uji coba. Uji cobanya juga gak cuma sekali pasang di satu mainboard. Mungkin saja Fuse F1 tipe ini emang gak compitable sama Epson L120 tapi compitable untuk seri Epson L lainnya.



Selain itu Epson L120 juga tidak bisa dipasang Fuse Kanibalan dari Mainboard Epson Seri Epson L lainnya, Seperti contohnya Admin sudah 4 kali bongkar pasang Fuse F1 dari kanibalan mainboard Epson Seri L 110, hasilnya zonk tidak compitable. 

Untuk membuktikannya Admin sengaja mengambil Fuse F1 dari Mainboard Epson L120 yang masih normal sebagai uji coba, hasilnya Printer langsung normal bisa dipakai cetak sebagaimana mestinya. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar Fuse F1 hasil order Online yang bentuk fisiknya berbeda dengan fuse bawaan Mainboard Epson dan Fuse F1  cabutan dari Mainboard Epson L110 tidak compitable dengan Epson L120, dan memang harus benar-benar dipasang dengan Fuse yang sesuai dengan type Mainboard Epson L120.

Selain itu untuk kabel Flexibelnya juga Epson L120 berbeda dengan kabel Flexibel Epson L100, L110, L210, L300, L310, L350, L355. L365, :550, L555. L565 ukurannya lebih panjang sedikit, ini juga pengalaman pahit order online dimana 2x pembelian kabel Flexibel Epson L120 dengan pedangang yang bebeda dikirim kabel flexibel yang panjangnya sama dengan deretan seri di atas, jadi kurang panjang tidak sama dengan flexibel bawaan epson L120.



Gunakan blower untuk melepas fuse F1 dengan suhu 300 derajat, tidak usah khawatir mainboard terbakar, agar aman berikan sedikit flux. Jika suhu dibawah 300 derajat akan lebih lama proses pemanasan dan pengangkatannya, salah-salah jika dipaksa bisa keangkat kulit PCBnya.


Setelah Fuse F1 bawaan printer berhasil dilepas, rapikan mata timah tempat kaki-kaki Fuse F1 menempel, berikan sedikit tambahan timah agar proses pemasangan ulang menjadi mudah.




Jika kalian ngin membeli Fuse Epson seri L Admin sarankan membeli di toko Fast Print Jakarta, selain lebih murah material dan bentuk fisik dari Fuse F1 pun 99% sama minim kemungkinan tidak compitable serta berdasarkan pengalaman berbelanja di Fast Print semua produk di Fast Print kwalitasnya dijamin memuaskan.


Demikianlah uraian cara memilih Fuse F1 yang benar-benar compitable dengan Epson L120 dan cara mengganti/memasangnya agar sekali pasang langsung jadi. Semoga pengalaman Admin di atas bisa membantu sobat-sobat yang menangani service Epson L120.  

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.