Tutorial Cara Melepas IC Transistor Matot Penyebab Epson L120 Mati Suri

Dalam mengatasi kasus Printer Epson L120 yang mati total dan kebanyakan untuk kasus mati totalnya Epson L120 adalah disebabkan komponen IC Transistor yang putus atau mati. Rata-rata kasus ini terjadi secara dadakan, tanpa diketahui penyebabnya secara pasti, yang tadinya printer normal biasa-biasa saja ketika akan digunakan kembali tiba-tiba saja sudah tidak bisa dihidupkan sama sekali. 

Untuk melepas IC Transistor bawaan printer yang tertanam pada mainboard dengan timah mentah bawaah pabrikan diperlukan trik khusus dalam proses pelepasan atau pencabutannya. karena seperti kita ketahui timah mentah yang ada pada komponen printer sangat susah sekali dilelehkan baik itu dengan solder maupun blower kecuali dengan suhu yang tinggi tapi sangat beresiko terbakarnya PCB akibat suhu yang terlalu tinggi.



Triknya yang diaplikasikan sangatlah sederhanya hanya menggunakan solder manual saja, yaitu dengan cara menambahkan timah gulung matang secukupnya pada area kaki-kaki IC Transistor. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:



Setelah itu panaskan ketiga mata kali IC Transistor yang sebelumnya telah diberikan tambahan timbah gulung secara bersamaan, kemudian tarik dan sedikit digoyang-goyang secara berlahan sampai dengan IC Transistor berhasil dilepas. Inti dari penambahan timah adalah mempercepat proses pemanasan timah mentah sehingga cepat mendidih.



Setelah kedua buah IC Transistor berhasil dilepas, langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa-sisa timah agar IC Transistor pengganti mudah untuk dipasang. Gunakan bantuan penyedot timah manual untuk mengangkat dan membersihkan sisa timah yang menutupi lubang tempat kaki-kaki IC Transistor.





Pasang IC Transistor baru seperti semula jangan sampai terbalik pemasangannya.



Setelah kedua IC Transistor berhasi diganti, Rapikan dan bersihkan sisa-sisa bekas penyolderan kemudian lakukan test dan hasilnya.



Apabila prosedurnya benar, tara..... mainboard Epson L120 yang tadinya mati suri sudah bangkit dari kematian dan siap untuk digunakan kembali dalam kegiatan cetak dokumen.

Demikianlah Tutorial Cara Melepas IC Transistor Matot penyebab Epson L120 Mati Suri, semoga bisa membantu masalah mati totalnya printer Epson L120 kalian. Trik ini juga berlaku bagi mainboard Epson seri L lainnya. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.