Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Mengatasi Error Canon MG2570S Blink Indikator Petir

    Salah satu Printer Merk Canon Multi Fungsi All In One dengan harga yang lumayan terjangkau adalah seri MG2570S yang dibandrol dengan harga berkiras 700 ribuan, dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan Seri Printer Canon All In One lainnya membuat printer ini lumayan banyak peminatnya. Hanya saja dari tampilan fisiknya printer ini terkesan kurang kokoh dan elegan, namun secara fungsi kegunaan setara dengan printer sejenisnya. 



    Seperti pada umumnya sebuah printer ketika dipakai secara rutin dan terus menerus akan sampai pada waktunya menemui kendala, baik itu kendala secara hardware ataupun sofware. Seperti yang terjadi pada Printer MG2570S berikut ini yang mengalami kendala software dimana printer ketika dinyalakan lampu indikator petir blink kuning dan printer tidak bisa digunakan untuk kegiatan copy dokumen. Apabila digunakan untuk print out melalui komputer atau laptop maka pada dekstop akan muncul jendela notifikasi error : Suport Code: 1700 The ink absorber is almost full. Press the printer's Star Button to Continue Printing. Contact the Service Center. 

    Type Error seperti ini disebabkan karena memory penyimpanan data (IC Eeprom) sudah penuh dan saatnya untuk dilakukan reset ulang. Namun sayangnya untuk type printer canon MG2570S sampai saat ini belum ada sofware resetter yang compitable. 

    Jika anda mencoba mengatasi hal ini dengan cara seraching goolge dengan kata kunci cara meresset printer canon MG2570S, akan ada banyak blog atau website yang membahas bagaimana cara mengatasinya melalui sortware resetter. Namun perlu anda ketahui bahwa  sampai saat ini belum ada sofware resetter yang compitable atau suport dengan printer MG2570S, anda hanya akan membuang-buang waktu saja dan kecewa karena mempraktikkan tutorial resetter yang tidak menyelesaikan masalah. 

    Solusi untuk mengatasi Erorr The ink absorber is almost full pada Printer Canon MG2570S hanyalah dengan mengganti IC Eeprom dan tidak bisa dengan sofware resetter. Untuk seri IC Eeprom Canon MG2570S adalah 4G08  62823 berikut ini penampakannya IC berada di balik papan Mainboard. 

    Dalam proses pengganti IC Eeprom peralatan yang Anda butuhkan diantaranya, Solder Manual, Tempat Pembersih Mata Solder, Pinset, Flux, dan Blower. 





    Untuk mengangkat IC Eeprom 4G08 gunakan pinset dan Blower dengan suhu 300 derajat, jangan lupa untuk menambahkan flux pada IC agar timah pada kaki-kaki IC cepat meleleh ketika dipaskan dan IC pun dengan mudah dapat dilepas. 

    Proses pencopotan IC menggunakan blower dengan setelan suhu yang tepat hanya membutuhkan waktu 1 - 2 menit saja dan hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini: 



    Setelah IC berhasil dilepas, rapikan timah yang melekat pada area mata kali IC, tambahkan sedikit timah apabila diperlukan. 

    Siapkan penganti IC Eeprom Canon MG2570S dengan kode 4G08 kemudian pasang menggunakan pinset dan solder manual. Jika pada proses pelepasan menggunakan blower, pada proses pemasangan ulang tidak menggunakan blower karena akan lebih sulit pemasangannya, lebih mudah menggunakan solder manual. 


    Setelah penggantian IC Eeprom Selesai, pastikan tidak ada jalur yang short. Bersihkan sisa-sisa timah dan bekas cairan flux menggunakan tissue kering, kemudian coba pasang kembali mainboard dan lakukan pengetesan apakah proses replace IC Berhasil. Jika cara pemasangannya benar sesuai prosedur pemasangan (IC tidak terbalik/tidak ada short) dan IC Pengganti dipastikan compitable seharusnya printer Canon MG2570S akan kembali menyala dengan normal dan siap digunakan. 


    Pada Praktik pembuatan tutorial ini Admin Kebetulan tidak memiliki IC Eeprom yang sesuai dengan seri IC pada mainboard Canon MG2570S sebagai ujicoba admin mencoba menggunakan IC Eeprom milik Canon IP2770 dengan kode IC T80 yang secara fisik sama persis dan berdasarkan informasi di jual beli online ada yang menjual IC Eeprom Canon MG2570S dengan kode IC T80. Ternyata setelah ditest memang tidak suport meskipun indikator tinta Catrid terdeteksi, seperti tampak pada gambar di atas Printer error 6800 ketika digunakan untuk mencetak dokumen. 

    Kesimpulan:  Untuk mengatasi Problem Error Code 1700 The ink absorber is almost full. Press the printer's Star Button to Continue Printing. Contact the Service Center pada printer Canon MG2570S adalah dengan cara mengganti IC Eeprom dan tidak dapat diatasi dengan menggunakan sofware resetter karena sampai saat ini belum ada sofware resetter yang terbukti compitable. Selain itu bagi Anda yang hendak mengganti IC usahakan jangan membeli IC dengan kode yang berbeda meskipun secara fisik bentuknya sama, gunakan IC dengan kode 4G08 untuk printer Canon MG2570S Black. 
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: