Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    Cara Mengatasi Error Code 1687 dan 1688 Canon MX390 Series

    Salah satu type printer Multi All In One Canon yang jarang sekali peminatnya, pengguna, atau pemiliknya adala seri canon MX390 Series. Dengan bentuk fisik yang jumbo dan filtur tombol navitasi yang lebih banyak dan compleks membuat kesan tersendiri bagi printer ini khususnya apabila terjadi error atau kendala dimana sudah pasti repot sekali cara perbaikannya bila dibandingkan type printer All In One Canon yang lainnya.

    Salah satu type eror canon MX390 Series yang tergolong mudah penanganannya adalah printer blink orange pada indikator petir yang menandakan ada masalah pada printer dan pada layar display menunjukkan code error 1687 atau 1688. Untuk Error 1687 menandakan ada masalah pada ketrid Warna dan untuk errror code 1688 menandakan ada masalah pada ketrid hitam.


    Error seperti ini diakibatkan adanya gangguan pada ketrid,  sehingga system printer tidak dapat membaca atau mendeteksi ketrid dengan sempurna.


    Penyebabnya adalah Pin Konektor pada ketrid biasanya terkena cipratan tinta, sehingga terjadi short ketika ketrid dihubungkan dengan konektor pada rumah ketrid. Seperti tampak pada gambar di bawah ini tampak ketrid pada area pin konektor kotor terkena cairan tinta.


    Solusinya adalah dengan membersihkan pin konektor ketrid dan pin konektor pada rumah ketrid menggunakan tisue kering sampai dengan benar-benar bersih. Kemudian coba pasang kembali ketrid dengan sempurna.


    Apabila ketika setelah ketrid dibersihan dan dipasang muncul notifikasi The Following Ink has Run Out Suport Code 1688 seperti gambar berikut ini Tekan tombol Reset selama beberapa detik kemudian ketika merinter merespon dengan mengeluarkan bunyi perkegerakan lepaskan.


    Hasilnya printer kembali normal dapat mendeteksi dan membaca ketrid dengan banik sehingga dapat digunakan kembali untuk mencetak dokumen.


    Apabila hasil cetak tampak kosong seperti ini,  tidak ada tulisan yang tampil dari hasil cetak itu berarti ada kendala pada mata head, bisa karena kotor atau tersumbat akibat jarang digunakan atau bisa juga memang tinta dalam tabung kerid sudah benar-benar habis

    Solusinya adalah dengan mencoba terlebih dahulu mengisi ulang atau refil tinta secukupnya kemudian coba Anda test gunakan untuk mencetak dokumen. Apabila hasilnya tetap blank putih tinta seperti mampet gunakan metode berikut ini:


    Pada dialog Print pilih menu Properties, kemudian akan muncul menu  properties printer pilih tab Maintenance atau dalam bahasa indonesia Perawatan.



    Kemudian pilih Menu Cleaning, pilih ketrid yang bermasalah dinisi contohnya ketrid hitam yang bermasalah, kemudian klick Excute


    Jika muncul notifikasi konfirmasi klick OK, tunggu sampai proses cleaning selesai


    Setelah selesai coba lakukan test kembali untuk mencetak untuk melihat hasilnya


    Apabila hasilnya masih blan kosong seperti gambar di atas, kembali ke menu Maintenance kemudian pilih step pembersihan tahap kedua yang lebih serius yaitu Deep Cleaning.


    Pilih Ketrid yang bermasalah dan akan dilakukan Deep Cleaning, klick Excute untuk konfirmasi


    Bila muncul notifikasi konfirmasi seperti gambar di bawah ini klick OK



    Pilih menu Cancel kemudian OK  untuk kembali ke dialog Print


    Lakukan Test Cetak Dokumen kembali, dan bisa dilihat hasilnya tinta warna hitam sudah mulai keluar namun hasil cetaknya masih putus-putus tulisannya.


    Lakukan Deep Cleaning sekali lagi, seperti prosedur di atas. Hasilnya hasil cetak warna hitam sudah sempurna, tinta dapat keluar secara maksimal dan tidak blank putih kosong.


    Kesimpulan:
    Untuk mengantisipasi terjadinya short pada pin konektor ketrid akibat terkena cairan tinta atau kotoran lainnya, jaga kebersihan printer dan lakukan perawatan printer secara berkala. Hal ini untuk menghindari terjadinya kendala error pada printer seperti kasus error code 1687 dan 1688 pada printer MX390 Series. Apabila printer jarang digunakan dalam waktu yang panjang, usahakan beberapa sehari gunakan untuk mencetak dokumen meskipun tidak ada keperluan, hal ini untuk menghindari keringnya tinta dan busa ketrid serta terjadinya mampet pada head ketrid. Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: