Cara Bongkar Case dan Ganti Mainboard Printer Epson L110

Selamat malam sobat TEKSO, melanjutkan tutorial sebelumnya Cara Membuat Selang Pembuangan Tinta pada Printer Epson L110, pada kesempatan ini admin akan berbagi tutorial cara bongkar case kaligus mengganti mainboard printer Epson L110. Bagi yang sudah terbiasa bongkar membongkar printer hal ini pasti sudah menjadi hal biasa dan sangat mudah akan tetapi bagi Pemula tentunya akan merasa takut bahkan kesulitan untuk melakukannya.

Langsung saja berikut step by step cara membongkar case printer Epson L110, untuk penjelasannya bisa melihat pada tutorial sebelumnya Cara Membuat Selang Pembuatan Tinta Printer Epson L110.




Setelah kita berhasil membongkar case printer, langkah selanjutnya yaitu mencopot semua componen kabel yang terhubung dengan mainboard. Lakukan dengan hati-hati dan jangan tergesa-gesa terutama pada kabel fleksibel yang mudah/rentan rusak.



Sekarang kita sudah berhasil mencopot semua komponen kabel yang melekat pada bagian depan mainboard, selanjutnya lepaskan satu buah kabel flexibel yang ada dibagian belakang seperti tampak pada gambar berikut ini




Siapkan mainboard baru (mainboard second) harganya di toko online rata-rata antara 200 - 400 Ribu tergantung penjual.



Pasang mainboard baru sesuai posisinya seperti sedia kala, tempatkan posisi sensor kertas pada tempatnya lalu pasang kembali semua komponen kabel printer.



Pada saat memasang kabel flexibel hati-hati, pasang sedikit jika dirasa sudah pas baru ditekan dengan perlahan kanan dan kiri sejajar atau seimbang.



Setelah Mainboar dan komponen yang melekat pada mainboard sudah terpasang dengan sempurna, pasang kembali casep printer.




Sekarang kita sudah selesai dan printer telah kembali dalam kondisi seperti sedia kala, semua terpasang rapi dan dipastikan printer dapat digunakan kembali.

Terima kasih sudah menyimak tutorial ini sampai habis, sekian dan sampai jumpa di totorial selanjutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.