Cara Check Status Postingan Baru Sudahkah Terindeks Google

Ketika selesai membuat postingan dan mempublikasikannya serta tidak lupa melakukan submite url dari postingan yang baru saja dipublikasikan di Webmsater Tools baik itu Google Webmaster Tool, Bing Webmaster Tool dan Yandex Webmaster Tool serta share ke media sosial. Sudah dapat dipastikan semua pasti berharap postingan yang telah dibuat dan dipublikasikan tampil di hasil pencarian pengguna Google, Yandex dan Bing atau dalam kata lain terindex di data base search engine dan dapat bersaing dengan konten blogger lain dengan nice dan tema pembahasan yang sama.

Banyak juga yang penuh harap postingannya masuk halaman page one hasil pencarian pengguna, karena memang hanya postingan yang masuk halaman 10 besar saja yang memiliki peluang besar mendapatkan visitor yang banyak otomatis makin banyak pengunjung pendapatan klick iklan pun meningkat.

Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan postingan yang baru saja dibuat dan dipublikasikan beberapa jam yang lalu sudah terindeks oleh mesin perincari atau belum, apakah sudah dapat ditemukan oleh pengguna yang membutuhkannya? atau justru masih dalam proses pengindekan atau dibaikan oleh mesin pencari karena adanya eror struktur kode pada postingan, sehingga postingan dianggap tidak valid dan akhirnya gagal diindeks mesin pencari?

Untuk memastikannya tidak cukup hanya dengan melakukan chek jumlah pengunjung atau visitor melalui halaman postingan blogger saja, karena bisa saja trafik tersebut hanya berasal dari trafik pelacakan halaman sendiri atau segelintir orang yang membaca postingan melalui promosi konten via media sosial.

Ada 3 cara untuk melakukan chek status indeks postingan baru yang telah dipublikasikan, dan cara ini adalah yang paling mudah untuk diterapkan.

Cara yang pertama bisa melalui check status indeks di Google Webmaster Tool tempat dimana kita mensubmite URL sebelumnya agar postingan lebih cepat terindeks dengan memasukkan link postingan ke dialog url inspensi elemen kemudian tekan enter pada keyboard

Jika postingan sudah terikdeks maka akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa URL ada di Google, URL dapat muncul di hasil google penelusuran.  Namun jika muncul keterangan bahwa URL bermasalah dan dikecualikan maka anda perlu memperbaiki kesalahan eror struktur kode postingan kemudian melakukan request ulang penindekan.

Terkadang juga meskipun kita sudah rajin submite URL postingan setiap selesai dibuat dan dipublikasikan hasilnya URL dari postingan tersebut belum terindek, biasanya ciri-ciri postingan yang belum terindeks adalah jumlah visitornya tidak bertambah dan hanya jalan ditempat meskipun sudah berhari-hari atau berbulan-bulan yang lalu lamanya. Maka dari itu perlu diadakannya check ulang status indeks pada postingan yang tidak mengalami penambahan jumlah visitor.

Cara yang kedua adalah dengan mencopy judul dari postingan secara keseluruhan kemudian mempastekan di bar peselusuran. Tekan tombol Enter keyboard untuk memulai check hasil penelusuran berdasarkan judul postingan.

Jika postingan sudah terindeks maka secara otomatis akan muncul di halaman page one pencarian, entah itu nomor urut pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Namun perlu dipahami muncul dihalaman page one dengan kata kunci atau keyword judul yang sama persis dan lengkap bukan berarti postingan anda  mendominasi masuk dihalaman page one secara keseluruhan.

Cara yang ketiga adalah dengan mencopy link URL postingan kemudian mempastekan URL tersebut pada adress bar dan menambahkan kata "site: " pada awal URL postingan dengan dipisahkan dengan satu spasi antara kata site: dan URL postingan kemudian tekan Enter untuk memulai pengecekan.

Yang Keempat ini adalah cara check dan memastikan apakah postingan yang telah dibuat dan dipublikasikan terindeks dan mampu bersaing dengan konten postingan blogger lain dengan nice dan tema pembahasan yang sama yaitu dengan menggunan browser lain yang tidak pernah terlogin Account Blogger yang sedang dikelola dan atau terlogin account Google lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan blog yang sedang dikelola. Dapat juga menggunakan komputer, laptop atau handphone android yang tidak biasa kita gunakan untuk keperluan pengelolaan blog.

Masukkan kata kunci atau keyword pencarian yang sebagian kata mewakili judul dari postingan yang telah kita buat, usahakan keywordnya tidak terlalu panjang dan tidak terkesan terlalu mirip dengan judul postingan yang ingin dicheck dengan kata lain keyword bersifat umum tidak mengarah ke judul postingan sendiri. Seperti contoh berikut ini Admin mencoba chek postingan yang telah admin buat dan publikasikan sekitar 5 jam yang lalu dengan menggunakan kata kunci pencarian MENGAKTIFKAN MENU DESKRIPSI PENELUSURAN BLOG sementara judul postingannya adalah Tutorial Cara Mengaktifkan Menu Deskripsi Penelusuran Pada Entri Postingan Blogger

Hasilnya karena tidak menggunakan keyword yan sama persis dengan judul yang digunakan maka postingan Admin tersebut tidak nampak di halaman Page One dan setelah Admin telusuri ternyata berada di halaman ke 3 hasil pencarian. Satu halaman pencarian menampilkan 10 judul postingan dari sumber yang berbeda-beda, itu berarti postingan admin tersebut berada pada posisi urutan ke 23 dari jumlah 30 postingan yang ditampikan 3 halaman pencarian.

Hal tersebut wajar dan termasuk bisa dikatakan postingan yang telah Admin buat tersebut lumayan berkualitas dan memiliki peluang mampu bersaing duduk di posisi Page One karena baru dipublikasikan 5 Jam yang lalu saja sudah berhasil bersaing dengan postingan blogger lain yang dibuat beberapa bulan dan bahkan tahun yang lalu.

Bila nantinya pengunjung dari postingan Admin tersebut bertambah banyak secara berangsur-angsur melebihi jumlah pengunjung postingan blog lain yang ada di depannya maka dapat menggeser postingan blog lain alias naik tingkat, dan sebaliknya jika ternyata kedepannya pengunjung dari postingan admin kalah dengan postingan dengan urutan dibawah Admin maka semakin lama akan berjalan mundur bisa saja masuk halaman pencarian ke 4, 5, 6 dan seterusnya sampai dengan tenggelam. 

Demikianlah uraian singkat dan mudah cara melakukan pengecekan terhadap postingan yang baru dibuat dan dipublikasikan apakah sudah terindeks dan muncul di hasil penelusuran google atau mesin pencari lainnya seperti Yahoo dan Yandex. Untuk area Negara Indonesia dapat dipastikan 90% pengguna menggunakan mesin pencari Google.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.