Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Tutorial Cara Edit Label Menu dan Link Header Footer Blog

    Memiliki kemampuan  atau skill untuk editing menu header dan footer template adalah hal yang harus dimiliki dan dipelajari oleh anda yang sedang belajar membangun sebuah blog. Karena sudah dapat dipastikan semua fitur template baru yang anda pasang pada blog yang sedang anda kelola memiliki menu header dan footer yang belum sesuai dengan kebutuhan blog anda. Selain itu juga perlu  adanya setting  link (penanaman link) pada setiap menu navitasi header footer agar halaman dari menu navigasi tersebut dapat diakses oleh pengguna, tidak menimbulkan eror navigasi seperti halaman tidak ditemukan  atau yang lebih dikenal dengan istilah error 404.

    Berikut ini admin contohkan cara edit menu dan link header footer blog pada 2 buah template dengan struktur kode yang berbeda. Perlu diketahui bahwa tidak semua template sama struktur kodenya, namun pada umumnya rata-rata memiliki kemiripan atau tidak jauh berbeda.

    Contoh yang pertama adalah melakukan edit menu header dan footer template AMP yang digunakan blog in-wepo ini. Perhatikan label menu yang ada di tampilan home diantaranya ada Android, Blogger, Komputer, Printer, MedSos dan Pendidikan, Menu-menu navigasi header tersebut dapat diubah namanya sesuai dengan kebutuhan, dikurangi atau ditambah menyesuaikan label postingan yang ada melalui menu Edit HTML Template.

    Buka halaman Edit HTML Template, kemudian untuk memudahkan pencarian lokasi kode menu navigasi header tersebut, gunakan fitur pencarian dengan menekan kombinasi tombol keyboard CTRL + F kemudian masukkan kata kunci pencarian bisa diambil dari salah satu nama menu yang ada diakhiri dengan tombol enter.

    Setelah lokasi kode Navigasi Menu Header ditemukan, rubah link label dan nama label menu sesuai kebutuhan anda, jika ingin dikurangi maka tinggal hapus saja kode menu header yang ingin dihilangkan misalnya ingin menghapus kode label MedSos berarti kode yang harus dihapus adalah

     
      <li><a href='/search/label/MedSos' itemprop='url' title='MedSos'>MedSos</a></li>
    

    Dan sebaliknya jika ingin menambah menu label, copi kode salah satu kode label yang ada misalnya kode label Pendidikan

     
      <li><a href='/search/label/Pendidikan' itemprop='url' title='Pendidikan'>Pendidikan</a></li>
    

    Copy dan pastekan dibawahnya kemudian ganti URL link dan Nama Label Menu

    Untuk link URL tidak perlu ditulis secara keseluruhan, dapat dipotong agar lebih singkat contohnya seperti ini link Label Andorid secara lengkap adalah

     
      https://www.in-wepo.com/search/label/Android
    

    Dapat ditulis dan disingkat menjadi seperti ini

     
      /search/label/Android
    

    Anda dapat mengetik URL link secara manual berdasarkan Label yang telah dibuat sebelumnya, dengan catatan perhatikan penggunaan huruf besar dan kecil serta spasi. Dapat juga dengan cara mengakses halaman blog kemudian pada salah satu menu label klick kanan Copy Link Adres kemudian pastekan link tersebut pada area penempatan link berdasarkan label, seperti penjelasan di atas dapat dibiarkan lengkap atau disingkat linknya.

    Untuk type susunan kode menu header dan footer seperti contoh pertama ini, biasanya ada dua versi yang pertama untuk menu header footer yang ditampilkan browser pengguna Dekstop dan menu header footer untuk pengguna Mobile Android. Jadi temukan kedua versi kode tersebut dan rumah sesuai kebutuhan Anda.

    Contoh yang kedua adalah template mirip tribun news Non AMP, dimana terdapat beberapa label menu diatnaranya Berita Terkini, Ilmu Pengetahuan, Ilmu Agama dan seterusnya. Dan pada menu Footer yang biasanya menu navigasi About Us, Contact Us, Disclaimmer, dkk pada template ini menggunakan label Redaksi, Pedoman, Beli Iklan, Info Template.

    Caranya sama persis dengan contoh pertama yaitu melalui menu edit HTML Template dan untuk memudahkan pencarian gunakan salah satu nama label yang ada di menu header atau footer yang akan diubah.

    Tampak widged dan link menu header tidak ditampilkan secara keseluruhan, klick tiga titik horizontal, klick titik tersebut untuk menampilkan keseluruhan teks kode widget.

    Silahkan dirubah nama label dan linknya atau dikurangi, atau ditambah menu label headernya sesuai dengan kebutuhan. Kode text-0 merupakan kode nama label menu pertama dan untuk kode link-0 adalah kode link label pertama.

    Untuk menu footer pun caranya sama, ambil salah satu nama label dan gunakan sebagai keyword pencarian letak kode, kemudian setelah ditemukan edit sesuai kebutuhan.

    Setelah Label menu Header dan Footer telah selesai diedit sesuai kebutuhan untuk menerapkannya klick Simpan Tema dan lihat hasilnya dengan memuka home page blog atau salah satu postingan blog anda.


    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: