Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Membuat Menu Footer Blog AboutUs dan Lainnya

    Melanjutkan Tutorial Sebelumnya Cara Menambah dan Mengurangi Widget Gadget Blog Dengan Mudah, sekarang kita akan membahas salah satu komponen penting yang disarankan ada pada suatu blog yaitu componen Footer berupa About Us, Contact Us, Provacy Policy, Term Of Service dan Disclaimer.



    Mengapa admin katakan komponen ini disarankan? disarankan berarti tidak wajib akan tetapi ada penekanan lebih baik ada dari pada tidak ada karena ada fungsinya, itulah jawabannya. Lalu apa fungsinya?

    Fungsi dari dibuatnya menu-menu tersebut adalah untuk melengkapi informasi, ketentuan dan kebijakan blogger yang harus kita ikuti dan miliki. Salah satu fungsi yang sampai saat ini menjadi alasan kenapa banyak orang yang membuat menu tersebut pada blognya terutama pada blog-blog yang mendaftarkan diri pada program pengiklanan GoogleAdsense adalah karena komponen tersebut kabarnya menjadi salah satu syarat blog yang harus ada ketika blog tersebut akan didaftarkan pada program publisher iklan adsense?

    Jadi kesimpulnnya jika sobat bloger dalam membuat blog dan menshare segala sesuatu berupa hasil karya yang tujuan awalnya blog tersebut akan di daftarkan dalam program GoogleAdSense komponen tersebut hukumnya wajib ada. Akan tetapi jika sobat blogger membuat blog hanya sekedar ingin berbagi pengetahuan dan tidak berminat untuk menjadi puslisher iklan Google AdSense maka hal ini menjadi mubah hukumnya.

    Untuk membuat daftar menu footer sebagaimana dimaksud di atas, langkah pertama yaitu wajib login Blogger dulu, setelah kita masuk ke Menu Dasboard Blog pilih menu Page. Terlihat pada gamabr di bawah ini masih kosong tadi ada Pages yang telah dibuat, untuk membuatnya Klick New Page




    Akan muncul halaman form page baru, pada page Title isi dengan menu apa yang pertama akan kita buat misalnya kita akan membuat "Privacy Policy" maka tulis Privacy Policy sebagai page title



    Langkah selanjutnya setelah menetukan Page Title Sekarang kita menuju situs Gerator tempat membuat Provacy Policy dkk secara geratis. Untuk Link bisa Lewat Sini



    Sekarang kita sudah masuk ke Website Privacy Policy online, silah diisi form kebijakan, jika masih binging bagaimana cara mengisinya bisa melihat Screenshot berikut ini.



    Setelah mengisi semua data-data yang diperlukan, Click menu Hasilkan HTML/Generate HTML, maka hasilnya akan seperti berikut ini.



    Copy semua kode HTML, kembali ke menu blog page kemudian pastekan pada halaman penulisan page dengan sebelumnya memilih format penulisan HTML (bukan Compose) kemudian klick Publish




    Kita sudah berhasil membuat halaman Privacy Policy, langkah selanjutnya buat halaman Disclaimer. untuk caranya hampir sama persis dengan cara di atas buat Page Baru, beri judul Disclaimer kemudian pergi ke situs Provacy Policy Online cari dan pilih menu Discalaimer Generator maka akan tampil form Disclaimer seperti gambar di bawah ini:



    Isi semua form yang wajib diisi seperti gambar di bawah ini



    Kemudian click Hasilkan Penafian, akan muncul kode HTML hasil Genread Disclaimmer seperti gambar di bawah ini. Copy semua kode HTMLnya lalu pastekan pada Page HTML Disclaimer yang sedang kita buat.



    Untuk selanjutnya kita akan membuat Term of Service (TOS), kembali ke Dasboard Blog kemudian buat Page Baru pada judul title tulis "Term of Service" kemudian kembali lagi ke situs Privacy Policy Online. Masuk ke menu Ketentuan Generator Layanan/Term of Service. Isi Form Informasi dan Kontak Situs Anda, dua opsi form selanjutnya tidak perlu diisi.



    Setelah form Informasi dan Kontak Situs Anda kita isi, scrol ke bawah lalu pilih menu Hasilkan HTML, seperti langkah sebelumnya copy semua kode HTMLnya kemudian pastekan pada Page TOS yang sedang kita buat. Apabila muncul Notifikasi peringatan seperti gambar di bawah ini maka klick saja Fix maka secara otomatis kode HTMl yang tidak valid akan diperbaiki.



    Khusus Menu About Us pada bagian isi silahkan dikarang sendiri, isinya mencakup latar belakang dibuatnya blog seperti kapan didirikan, apa tujuan didirikan blog, isi atau konten blog, nama pendiri dan pernyataan bahwa blog mengikuti semua kebijakan yang telah ditentukan Google. Jika masih binging bisa melihat Menu About Us blog in atau blog lain sebagai referensi.

    Untuk membuat Menu Contact Us silahkan berkunjung ke Website FoxyForm. Isi Form yang dibutuhkan atur pengaturan sesuai selere kemudian Klick Buat Formular




    Selanjutnya kita akan membuat menu SiteMap, SiteMap adalah sebuah menu blog yang isinya menampilkan seluruh postingan blog yang telah kita buat dari awal sampai dengan yang terbaru. Biasanya pada postingan yang terbaru akan diberi tanda "New" sebagai pemberitahuan.



    Untuk kode HTML silahkan copy paste dari Potingan Blog Pena Indigo DISINI

    Sekarang kita sudah berhasil membuat 6 Menu Footer About Us, Contac Us, SiteMap, Term Of Service, Disclaimmer, dan Provacy Policy. Pada gambar di bawah ini sengaja Admin masukkan draf (tidak dipublikasikan) karena pada saat dibuat blog ini domain blog masih dalam kondisi geratisan (blogspot) jadi admin akan mempubliskan ketika domain TLD sudah siap order.



    Demikian Tutorial Cara Membuat Menu Footer About Us dkk, semoga mudah dipahami dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: