Tutorial Cara Mengatasi Error Paper Jam Epson L220

Beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan keluhan dari pelanggan pengguna Printer Epson Multi Fungsi All in One Epson L220 melalui pesan WhatsApp, bahwa sannya printer tersebut mengalami kendala error paper jam. 

Biasanya error paper jam pada printer epson disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk ke area mekanik printer terutama pada area rol kertas melalui lubang baking kertas, bisa seperti tutup bulpoin, isi staples, paku dan benda-benda kecil lainnya yang berada di sekitar area tempat printer. Berbeda dengan error paper jam pada printer canon yang rata-rata disebabkan oleh rusaknya sensor kertas. 

Ketika Admin coba cek untuk melakukan test percetakan dokumen hasilnya ketika printer dinyalakan langsung blink tombol power dan indokator resume secara bersamaan, serta muncul notifikasi dekstop Paper Jam seperti gambar berikut ini: 

Karena biasanya penyebab error paper jam pada printer epson ini kebanyakan adalah karena adanya benda asing yang mengahalangi pergerakan mekanik printer, langsung saja untuk membuktikannya Admin bongkar case printer tersebut.

Untuk melepas case cover printer epson L220 caranya dengan melepas satu buah baut di area atas pengunci box scanner.

Kemudian lepaskan satu buah baut pengunci yang ada diarea bawah cover box scannner

Angkat case penutup kabel flexibel dengan sebelumnya melepaskan case penutup kabel flexibel dari dua buah pengunci plastik, congkel saja dengan plat pipih secara perlahan jangan menggunakan kekerasan cari selahnya saja.



Setelah penutup kabel flexibel scanner berhasil dilepas, lepaskan kabel scanner dari konektor mainboard, kemudian angkat box scanner untuk melepasnya.

Ternyata betul seperti apa yang diperkirakan tampak ada benda asing yaitu sobekan plastik bungkus makanan yang masuk ke area mekanik rol kertas sehingga menghalangi pergerakan mekanik akibatnya timbullah error paper jam.

Setelah plastik dibuang hasilnya printer dapat menyala kembali dengan normal tanpa error Paper Jam.

Untuk penanganan kasus ini tergolong mudah karena plastik dapat diambil dengan mudah namun apabila benda yang masuk sudah terjepit di area rol kertas dan ukurannya kecil anda harus membongkar total cover printer untuk memastikan adanya benda asing yang menghalangi pergerakan mekanik printer.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.