Masalah membagikan atau share link  postingan blog  di facebook dianggap spam sudah ramai dibicarakan dan sering terjadi di kalangan pengguna facebook itu sendiri. Hal ini tentunya menjadi suatu masalah yang serius dan dianggap merugikan bagi para pengguna facebook pribadi maupun pengguna fanspage blog karena tidak lagi dapat berbagi postingan melalui link yang dapat diakses secara langsung oleh siapa saja yang merasa tertarik dengan postingan tersebut.

Biasanya para blogger menggunakan media sosial seperti facebook sebagai wahana promosi blog yaitu dengan melakukan share link postingan yang baru saja dibuat dan dipublikasikan melalui halaman beranda profil facebook dan fanspage blog di facebook.

Facebook sendiri saat ini sudah meningkatkan keamanannya dengan memfilter postingan yang dianggap sepam, jika sebelumnya kita bisa bebas berbagi link postingan meluai facebook tidak untuk mulai saat ini. Hal ini mungkin karena disebabkan banyaknya terjadi aksi kejahatan di facebook oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan membuat spam melalui link postingan yang berbahaya bagi pengguna facebook.

Link postingan yang terindikasi spam akan mendapatkan tanda khusus terindikasi spam dengan notifikasi "Postingan ini Melanggar Standar Komunitas Kami tentang Spam. Apabila anda setelah melakukan share link di facebook dan mendapatkan notifikasi ini sudah dipastikan postingan yang anda bagikan difacebook tidak akan ditampilkan dan tidak dapat dilihat oleh siappun kecuali anda sendiri.

Untuk mengatasi mengatasi postingan fb dianggap spam anda dapat melakukan banding, dan facebook sendiri memberikan kesempatan untuk siapa saja mengajukan banding apabila ternyata pihak facebook telah melakukan kesalahan analisa terhadap postingan. Banding juga dapat digunakan untuk memperbaiki postingan anda yang mungkin terindikasi spam di group fb dan ditolak yang pada akhirnya postingan anda tidak muncul dan hilang begitu saja.

Anda dapat mengajukan banding melalui halaman Pusat Bantuan, untuk lebih mudahnya silahkan akses halaman pusat bantuan Facebook melalui link berikut ini: Pusat Bantuan Blokir Facebook.

Isi penjelasan tentang apa yang telah anda bagikan, yakinkan pihak facebook bahwa yang anda bagikan bukanlah tindakan spam, dan facebook telah melakukan kesalahan. Agar nantinya postingan anda yang sementara dihilangkan/ditahan dapat ditunjau kembali oleh pihak facebook dan nantinya apabila penjelasan anda diterima dan postingan dianggap lulus bukan termasuk spam, postingan anda akan ditampilkan kembali kepada publick. Klick Kirim setelah anda selesai menulis ajuan banding.

Kemudian anda masuk ke halaman daftar pesan dukungan, yang berisi daftar postingan yang dianggap spam oleh facebook, agar lebih mudah silahkan akses link berikut ini: Pesan Masuk Dukungan Facebook. Anda juga dapat mengakses halaman tersebut melalui icon Lonceng notifikasi.

Sebagai contoh disini ada beberapa postingan saya yang dianggap spam oleh pihak facebook. Sebelumnya postingan saya tidak pernah dianggap spam, dan baru kali ini terjadi. Hal ini disebabkan karena selama beberapa hari saya yang biasanya hanya membagikan link postingan di Fanspage, mencoba membagikannya juga di Beranda Profil Facebook saya. Sehingga prilaku share link postingan dianggap tidak wajar seperti biasanya, akibatnya link postingan yang saya bagikan keseluruhan dianggap spam baik itu yang dibagikan melalui Halaman Beranda Profil maupun di Fanspage.

Untuk mengatasinya dan mengajukan banding klick Lihat Opsi pada setiap postingan yang dianggap melanggar standar komunitas facebook.

Akan ditampilkan Preview Postingan, Klick Lanjutkan untuk Opsi berikutnya.

Muncul Jendela Halaman Standar Facebook tentnag Spam, Klick Lanjutkan

Klick Minta Peninjauan untuk mengaktifkan menu Lanjutkan.

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan request peninjauan ulang postingan yang terindikasi sebagai spam, Klick Tutup untuk mengakhirnya.

Lakukan hal yang sama pada postingan anda lainnya yang terindikasi dan dianggap spam oleh pihak facebook.

Lama proses peninjauan tidak bisa ditentukan, bisa cepat hanya beberapa menit atau jam, biasa juga sampai berihari-hari. Setelah postingan anda ditinjau dan diverikasi dan banding anda diterima serta postingan anda memang bukanlah spam. Pihak Facebook akan mempublikasikan dan menampilkan kembali postingan anda agar dapat dilihat oleh masyarakat facebook.

Dari kejadian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, apabila anda sebagai seorang blogger yang ingin menjadikan facebook sebagai wahana promosi blog, gunakanlah Fanspage saja sebagai wahana share link postingan dan jangan membagikan postingan melalui Beranda Profil agar tidak dicurigai dan dianggap sebagai spam.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments