Kebutuhan akan file PDF Dokumen Surat-surat penting hasil scand saat ini merupakan hal yang sering dibutuhkan hampir oleh semua orang yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai swasta dan negeri terutama bagi Tenaga Pendidikan yang sering diminta mengirim atau mengupload Hard File dalam bentuk PDF seperti SK, Surat Keterangan, sertifikat, dan lain sebagainya untuk pendataan Online dan offline pegawai.

Biasanya untuk mendapatkan file PDF dari dokumen atau surat-surat penting kita menggunakan alat berupa Scaner khusus atau printer yang sudah dilengkapi dengan scanner melalui komputer. Sehingga bagi yang tidak memiliki alat scanner sendiri harus menyewa jasa scan dokumen di tempat jasa pengetikan, foto copy atau percetakan yang menyediakan jasa scan dokumen. Belum lagi terkadang lokasi penyedia jasa scan dokumen berada di luar wilayah desa atau bahkan kecamatan. Tentunya hal tersebut merupakan suatu masalah dan kendala, butuh biaya perjalanan dan memakan waktu.

Namun sekarang dengan semakin majunya teknologi dengan adanya ponsel pintar Android, satu persatu masalah kebutuhan yang berkaitan dengan teknologi dapat dengan mudahnya diselesaikan menggunakan fasilitas aplikasi adroid seperti berbelanja online, mengirim data atau dokumen secara cepat melalui aplikasi whatsapp dan email dan lain sebagainya.

Kabar baiknya saat ini khusus untuk masalah kebutuhan scand dokumen juga sudah dapat diatasi menggunakan Handphone Android dengan adanya aplikasi scan dokumen android yang memanfaatkan fitur camera pada android yaitu dengan mengubah foto hasil tangkapan camera menjadi dokumen file PDF menggunakan aplikasi Camera Scan to PDF Android. Untuk jenis aplikasi Camera Scan Adroid saat ini sudah tersedia banyak pilihan. Banyak developer Aplikasi Camera Scand android yang bersaing mempublikasikan hasil karya mereka yang dapat kita dapatkan melalui Google Play Store seperti: CamScanner, Easy Scanner, Tiny Scanner, Clear Scan, Fast Scanner, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan secara keseluruhan.

Disini saya akan membagikan Tutorial Cara Scand Dokumen dengan Menggunakan salah satu Aplikasi Camera Scanner Android  yaitu Easy Scanner. Dengan aplikasi Easy Scanner kita dapat dengan mudah memperoleh file dokumen PDF dari hasil Scan menggunakan Android. Saya memilih aplikasi ini karena Easy Scanner merupakan salah satu aplikasi Camera Scan untuk Android yang dapat kita gunakan secara gratis namun full filture.

Berbeda jika Anda memilih menggunakan aplikasi Camera scanner Android lain seperti CamScanner atau Camera Scan to PDF yang berbayar harus langganan aplikasi dengan membayar beberapa ribu rupiah atau dollar setiap bulan atau tahun, masa uji coba atau trilnya juga sangat singkat hanya bisa digunakan selama 3 hari atau 60 menit dalam satu harinya. Setelah itu aplikasi akan terkunci, dan bila anda ingin terus menggunakannya harus berlangganan.

Meskipun aplikasi ini geratis, untuk fiturnya menurut saya sama saja dengan yang berbasis pro atau premium. Hanya saja berbeda segi tampilannya, untuk versi aplikasi ini tampilannya lebih simple sementara untuk yang basis pro premium memang tampilannya lebih menarik baik dari segi tampilan antar muka aplikasi dan icon-icon menunya yang lebih menarik.

Terlebih dahulu silahkan download Camera Scanner Android to PDF Easy Scanner Pro

Setelah anda download, Instal aplikasi Easy Scanner Pro seperti instalasi aplikasi apk android biasanya. Lalu setelah selesai bisa langsung anda jalankan (Buka Aplikasi) atau tutup jika ingin menggunakannya di lain waktu.

Tab icon + untuk memulai membuat file PDF dari Scan Dokumen.

Pilih menu pindai dari foto apabila anda ingin membuat file PDF dari hasil foto tangkapan camera sebelumnya.

Pilih menu Pindai dengan camera jika anda ingin membuat file PDF Dokumen Baru yang belum pernah anda ambil gambar foto sebelumnya.

Ambil gambar dari dokumen yang hendak anda jadikan file PDF, agar hasilnya bagus ambil gambar dari atas dokumen yang di foto, usahakan sudut-sudut gambar simentris sesuai dengan sudut dan lebar kertas. Jangan mengambil gambar foto dari samping, harus tegak lurus sehingga area di luar dokumen tidak ikut terambil.

Setelah dirasa tepat posisi pengambilan gambar, tekan tombol ambil gambar dan hasilnya seperti gambar dibawah ini, lumayan rapi meski ada sedikit sudut yang kurang pas keluar area kertas.

Agar Warna hasil Scand mendekati sama warna dokumen aslinya, Tab menu Sulap Tongkat Peri, maka warna dokumen hasil scand akan beribah lebih baik seperti screenshot di bawah ini:

Jika anda masih merasa kurang puas dengan hasil perbaikan warna secara otomatis melalu menu Tab Sulap Tongkat Peri anda dapat mengatur warna dan pencahayaan pada menu setting warna manual. Geser deretan menu ke arah akan kemudian pilih menu warna Abu-abu, atur juga tingkat persentase pencahayaan dengan menggeser bar pengaturan pencahayaan.

Tambah persentase pencahayaan apabila hasil gambar terlalu gelap dan buram, dan kurangi persentas pencahayaan apabila hasil gambar kurang tajam karena terlalu terang.

Untuk membuang area di luar kertas dokumen yang ikut terfoto, pilih menu Potong yang berada di sebelah paling kiri. Kemudian atur skala pemotongan agar lebih pas.

Anda juga dapat memutar hasil pengambilan gambar menjadi tampilan Potraid (berdiri) atau Landscip (mendatar).

Klick selesai apabila pengaturan area dokumen yang diambil dirasa sudah pas.

Langkah terakhir menyimpan hasil pengambilan dan beberapa penerapan pengaturan gambar. Tab gambar terpilih kemudian tab menu Simpan.

Disini anda dapat menentukan Folder direktory penyimpanan Dokumen File PDF, seperti tampak pada screenshot di bawah ini. Simpan File Gambar PDF ke folder yang anda kehendaki agar nantinya lebih mudah menemukan file dalam folder pencarian manager file misalnya disimpan di folder Unduhan atau di Folder Dokumen.

Tab Simpan untuk menkonfirmasih penyimpanan file PDF.

Muncul notifikasi penyimpanan berhasil, pilih buka file jika ingin langsung melihat hasilnya, pilih bagi untuk berbagi file ke perangkat lain atau pilih tutup untuk membukanya lain waktu.

Berikut ini tampilan File PDF hasil dari scan melalui Handphone Android menggunakan Easy Scanner yang sudah saya transfer ke Komputer dan saya buka menggunakan aplikasi Adobe Reader. Hasilnya cukup bagus tidak kalah dengan file PDF hasil scan menggunakan Mesin Scanner Canon. Untuk size ukuran filnya juga sangat baik tidak begitu besar hanya berukuran 360 Kb. Sangat praktis sekali bila dibandingkan menggunakan Mesin Scanner yang harus mengatur Resolusi terlebih dahulu untuk menentukan ukuran file PDF hasil scanner.

Resolusinya gambarnya juga cukup baik, saya coba perbesar hasilnya tetap bagus tidak pecah atau blur, menurut saya mantap.

Saya coba juga melakukan test membuka file hasil scan menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop. Hasilnya juga tetap mantab tidak kalah dengan hasil scan menggunakan mesin scanner canon. Tinggal bagaimana cara anda mengatur pengambilan gambar agar presisi saja point pentingnya.

Demikianlah Tutorial cara scan dokumen untuk mendapatkan file PDF menggunakan handphone Android yang praktis dan mudah sekali semua pasti bisa. Dengan adanya aplikasi camera scanner Android ini kebutuhan akan file PDF hasil scand menjadi cepat dan mudah terpenuhi. Kapan pun dan dimanapun anda bisa melakukan sendiri scan dokumen untuk mengambil dan mendapatkan file PDF dengan mudah tanpa harus keluar rumah pergi ke tempat-tempat penyedia jasa scan dokumen.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments