Handpone merk Advan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena handphone Android Advan merupakan Adroid dengan harga lumayan terjangakau oleh masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah. Dari segi kwalitas material dan fungsinya juga Advan cukup baik, terbukti dengan laris manisnya Advan Type Tabled sebagai media permainan anak-anak indonesia.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara melakukan flash ulang pada handhone merk Advan type S50 4G model i5G yang mengalami bootloop mentok di logo boot Advan ketika dinyalakan.

Ada 2 cara untuk flash ulang Advan S50 4G, pertama menggunakan file extensi PAC dengan bantuan software Research Download Tool atau Upgrade Doanload Tool. kedua menggunaka nfile extensi CPB dengan bantuan software QGDP Assembly. Pada tutorial ini saya akan membahas flash Advan S50 4G menggunakan QGDP Assembly dengan file Firmware extensi CPB.

Terlebih dahulu donload bahannya melalui link berikut ini:

Ekstrack ke-3 bahan di atas setelah seledai download , agar lebih muda extract saja ke Dekstop. Instal SPD Driver Miracle Instalation. ikuti gambar di bawah ini untuk proses intalasinya.

Jika pada proses instal driver muncul notifikasi konfirmasi pilih Allow Instal Driver, agar proses instal driver SPD sempurna.

Setelah selesai menginstal Drive SPD, hubungkan komputer dengan jaringan internet dan buka aplikasi QGDP Assembly dengan cara klick Kanan QGDP Assembly.exe kemudian pilih Run as Administrator.

Klick menu login beberapa kali sampai dengan muncul profil TEST Login.

Klick Confiq untuk meload file Firmware Advan S50 4G PAC, seperti tampak pada screenshot di bawah ini:

Hubungkan Advan S50 4G dengan komputer melalui kabel USB dengan sebelumnya menekan tombol Volume Up dan Down secara bersamaan kemudian tancapkan konektor USB. Ketika Windows mendeteksi device hardware terkoneksi klick Menu Scan Port pada QGDP Assembli. Setelah serial port muncul select dan klick Save.

Klick Tombol Start untuk memulai Flash, Profes flash akan berlangsung secara otomatis selama beberapa menit, tunggu hingga proses  flash dinyatakan selesai.

Disini saya mengalami kegagalan flash Advan  S50 4G dalam kondisi mati Total, sudah dilakukan flash beberapa kali namun ketika persentase mendekati 98% selalu berakhir dengan kegagalan. Jika kondisinya sudah seperti ini, langkah yang bisa dilakukan adalah mencoba flash dengan menggunakan Research Download Tool atau  Upgrade Download Tool. Jika tetap tidak berhasil seperti munculnya Enable Read Partition atau Incompatible Partition  berarti emmc Advan S50 4G memang sudah bermasalah dan harus diganti Emmcnya.

Setelah proses flash sukses dan selesai, cabut atau lepaskan koneksi kabel USB kemudian coba nyalakan kembali Advan S50 4G. Dalam kondisi Emmc normal seharusnya setelah dilakukan flash Advan S50 4G dapat menyala dengan normal kembali tanpa ada kendala apapun.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments