Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Tutorial Cara Pendaftaran CPNS Online 2019 Berhasil

    Malam ini adalah malam yang ditunggu-tunggu ribuan dan mungkin juga jutaan orang di Indonesia. Dimana tepat Selasa 12 November 2019 pukul 00:00 WIB pendaftaran Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kuota Tahun 2019 dibuka untuk seluruh pemerintah Kabupaten kota dan provinsi yang ada di Indonesia.

    Sedikit mukodimah......
    Alhamdulillah saya dalam waktu beberapa menit terhitung dari mulai dibukanya pendaftaran CPNS Online 2019 berhasil mendaftarkan satu orang dari beberapa pelanggan saya yang menyewa jasa pendaftaran CPNS secara online ini. Saya sengaja malam ini menargetkan pendaftaran CPNS untuk beberapa pelanggan saya yang sudah menyerahkan sepenuhnya pendaftaran CPNS sampai dengan selesai. Semoga saja malam ini saya hoky bisa tembus mendaftarkan pelanggan setia yang sudah terlebih dahulu mengikat kontrak kerja. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah, karena sudah dapat dipastikan server BKN malam ini dan untuk beberapa hari kedepan sangat super sibuk. Dimana banyak orang berlomba-lomba mencoba memaksakan diri untuk mengakses halaman website sscndaftar.bkn.go.id.

    Tips Pendaftaran CPNS Onlie 2019 melalui halaman website sscndaftar.bkn.go.id

    Bagi anda yang belum pernah mendaftar CPNS secara online, atau anda merasa tidak begitu memiliki kemampuan untuk melakukannya sendiri melalui tutorial ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara dan alur pendaftaran CPNS secara Online. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pendaftaran CPNS Online sebenarnya mudah, anda tinggal mengikuti alurnya saja dengan mengisi data-data indentitas diri pada form pendaftaran. Hanya saja yang membuat sulit yaitu website pendaftaran yang sering down karena mungkin ribuan dan bahkan jutaan orang secara serentak mengakses halaman website SSCN, untuk hari pertama dan hingga beberapa hari mendekati tanggal penutupan server SSCN akan super sibuk, ketika diakses hanya loading saja sampai puluhan menit bahkan jam.

    Anda tidak perlu takut dan cemas dan terburu-buru untuk mendaftar, selama masih ada tenggang waktu pembukaan anda bisa mendaftar. Berdasarkan pengalaman 2 - 3 hari menjelang penutupan website SSCN dapat dengan mudah diakses karena sudah pasti jumlah pendaftar yang mengakses halaman SSCN sudah berkurang tidak meledak seperti awal pembukaan.

    Selain dari pada itu tidak ada keistimewaan atau point plus dapat tembus pendaftaran di awal pembukaan, tidak ada yang istimewa kecuali rasa kepuasan dan bangga telah berhasil daftar paling awal sementara banyak teman, kerabat dan orang lain sedang bersusah payah mendaftar siang dan malam. Anda mendaftar paling pertama atau paling akhir itu hasilnya sama saja, tidak ada jaminan yang siapa yang dapat daftar di awal pembukaan pasti lulus cpns, yang menentukan adalah hasil test CAT berdasarkan nilai tertinggi atau perangkingan.

    Jangan terburu-buru nafsu sehingga membuat anda ceroboh dalam mengisi atau input data, terkadang ada beberapa orang yang gagal verifikasi berkas karena adanya salah upload identitas pribadi dan dokumen atau tampilan dokumen yang diupload buram tidak jelas. Pastikan dokumen yang anda upload secara tampilan jelas dan mudah dibaca, dan tidak melebihi batas maksimal ketentuan ukuran size file upload.

    Peralatan Yang Perlu Disiapkan Pendaftaran CPNS Online
    Tentunya untuk mendaftar CPNS secara online dibutuhkan perangkat atau alat untuk bisa mengakses halaman pendaftaran secara online yaitu Komputer, Laptop atau Android. Disini saya akan memberikan tips bagaimana agar anda bisa cepat tembus mengakses halaman pendaftaran:
    1. Gunakan Perangkat Device dengan Spesifikasi yang mumpuni. Maksudnya alat atau media yang anda gunakan untuk mengakses halaman pendaftaran haruslah sudah memiliki kecepatan load data yang cepat, ibarat anda sedang berjuang sebagai seorang pembalap. Tentunya anda perlu kendaraan dengan kapasitas mesin yang besar sehingga dapat bersaing dan mengalahkan kecepatan lari kendaraan kompetitor anda. Untuk Komputer atau Laptop usahakan dengan Processor minimal Core i3 dan RAM 4 GB dan untuk handphone Android tentunya tidak jauh beda anda harus menggunakan Android dengan Chipset tinggi dan RAM cukup besar minimal 3 GB. 
    2. Jangan terpaku dengan satu browser. Gunakan beberapa jenis browser secara bersamaan untuk mengakses halaman pendaftaran, misalnya anda menggunakan Crome, Opera dan Firefox. Jalankan semua browser yang anda miliki untuk mengakses halaman pendaftaran. Dengan cara ini dapat menambah peluang besar anda untuk bisa lebih cepat mengkses halaman pendaftaran.
    3. Gunakan Penyedia Jaringan internet yang mumpuni. Kecepatan jaringan internet juga menjadi faktor penentu sebagaimana ilustrasi poin pertama. Untuk salah penyedia jasa layanan internet sementara ini yang paling cepat adalah Telkomsel, dan yang sering down atau lambat adalah Indosat. jadi gunakan kartu internet Telkomsel agar anda bisa lebih cepat mengakses halaman pendaftaran. 
    Langkah-langkah Pendaftaran CPNS Online

    Yang pertama tentunya siapkan dokumen data identitas anda, seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Ijazah, Pas Photo max 200 Kb dan alamat email.

    Kedua akses halaman pendaftaran Resmi Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kuota Tahun 2019 yaitu melalui https://sscndaftar.bkn.go.id/akun menggunakan browser Google Crome atau yang lainnya. Saya rekomendasikan gunakan Google Crome dan Mozila Firefox

    Ketika anda berhasil mengakses halaman pendaftaran maka akan muncul halaman pendaftaran SSCN seperti screenshot di bawah ini:

    Pilih menu Pendaftaran akun SSCN di bawah area login atau klick menu Buat Akun di pojok kanan atas, kemudian anda akan di bawa ke halaman form pendaftaran SSCN 2019 seperti screenshot di bawah ini: 

    Masukkan identitas anda sesuai dengan form pendaftaran, hati-hati dalam mengisi biodata anda, pastikan sebelum anda  menekan tombol Lanjutkan identitas sudah sesuai dengan Kartu Identitas (KK dan KTP). Klick Lanjutkan jika data yang anda input sudah benar



    Muncul halaman form pedaftaran berikutnya, isi form sesuai dengan identitas diri anda pastikan nama sesuai KTP dan Ijazah serta Kabupaten/Kota Tempat Lahir Anda benar. Upload foto pas photo (Foto Resmi) dengan ekstensi JPG maksimal 200kb kemudian setelah semua dirasa cukup  lengkap klick  Lanjutkan




    Cek kembali Identitas anda sebelum klick menu Proses Pendaftaran Akun, hal ini untuk mengantisipasi kesalahan input data dan tidak dapat dilakukan perbaikan ulang. Klick Proses Pendaftarfan jika sudah yakin data yang diinput benar sesuai data kependudukan dan Ijazah.


    Sampai disini Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran tahap awal dan sudah bisa mencetak kartu Informasi Pendaftaran. Klick menu Cetak Informasi Pendaftaran untuk mendownload Kartu Informasi Pendaftaran SSCN Anda. Kemudian Klick menu Lanjutkan Login Pendaftaran untuk step berikutnya.

    Kartu Identitas Pendaftaran SSCN bereksetensi PDF, simpan di tempat drive yang aman. Cetak kartu Identitas pendaftaran untuk keperluan upload swafoto pada tahap ke dua.


    Berikut ini tampilan Kartu Informasi Akun Sistem Seleksi CPNS Nasional Tahun 2019


    Setelah Mencetak Kartu Informasi Account selanjutnya adalah Swafoto mengikuti contoh yang ada pada aplikasi pendaftaran.




    Login Kembali ke SSCN menggunakan NIK dan paword yang telah dibuat sebelumnya, kemudian siapkan file swafoto tidak tidak lebih dari 200 Kb. Anda bisa menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop untuk crop dan resize image. Ambil area yang penting saja  dan gunakan resolusi 150 px.



    Hasil crop seperti screenshot di bawah ini, ukuran yang di dapatkan dibawah 200 KB.


    Upload Swafoto kemudian Klick selanjutnya, maka anda akan dibawa pada form input indentitas seperti screenshot di bawah ini:



    Isi semua data sesuai Kartu Identitas Kependudukan Anda, kemudian masukkan kode chapcha dan klick menu Selanjutnya.


    Kemudian pada tahap 3 Mendaftar Formasi pilih Kabupaten/Kota pilihan anda dan pilih jenis formasi



    Masukkan data Identitas Anda sesuai Data Kependudukan dan Data Diri yang ada pada Ijazah serta Transkip Nilai. Hati-hati dalam menginput data jangan sampai salah input karena tergesa-gesa meskipun nantinya masih ada kesempatan untuk diralat sebelum konfirmasi kebenaran data.

    Khusus untuk Sertifikat Akreditasi Ban-PT Universitas dan Jurusan dapat anda lihat di website resmi tempat anda kuliah, seperti contonya disini saya melakukan check Akreditasi Universitas Terbuka.





    Setelah semua diisi dengan benar, masukkan kode Chapcha dan Klick Selanjutnya


    Langkah selanjutnya adalah Upload bukti fisik dokumen data kependudukan dan pendidikan anda serta dokumen lain yang menjadi syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019



    Sesuaikan ukuran dan jenis setiap file dengan ketentuan yang tertera pada halaman Upload Dokumen tidak boleh melebihi batas maksimal ketentuan dan juga tidak boleh terlalu kecil. Dokumen yang diupload menjadi penentu apakah anda nantinya dinyatakan lulus verifikasi berkas dan mendapatkan kartu ujian atau tidak. Jika dokumen yang anda upload buram, tidak begitu jelas atau anda salah upload sudah dipastikan anda akan gagal dan dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas.



    Setelah selesai upload semua dokumen yang menjadi persayaratan pendaftaran, Klick menu selanjutnya maka akan muncul halaman RESUME PENDAFTARAN.



    Masing-masing point penting diberi area checklist kebenaran data, ini merupakan feature baru aplikasi pendaftaran CPNS pada aplikasi SSCN Online. Pada tahun kemaren tidak seperti ini penampakannya. Kemungkinan karena tahun kemaren banyak yang gagal karena tidak teliti dan tidak melakukan verifikasi kebenaran data sebelum klick menu akhiri pendaftaran.



    Check satu persatu data yang telah anda input, kemudian berikan checklist jika sudah benar, pada bagian Dokumen yang terunggah klick menu lihat sebelum checklist untuk memastikan dokumen yang anda upload tidak salah sasaran dan tidak buram (Blur) atau ada bagian yang terpotong ketika scan. Jika ternyata ada dokumen yang salah upload atau buram kurang jelas klick menu kembali dan upload ulang dokumen yang harus diperbaiki.


    Jika semua sudah dipastikan benar, lakukan checklist kemudian Klick Akhiri Proses Pendaftaran. Saya ingatkan sekali lagi, pastikan data sudah benar sebelum klick Akhiri Proses Pendaftaran karena setelah anda mengakhiri proses pendaftaran data tidak dapat lagi diperbaiki dan bersifat permanent.



    Jangan sampai anda menyesal karena kesalahan yang anda buat sendiri akibat terburu-buru atau kurang teliti. Hanya ada satu jalan apabila anda terlanjur melakukan kesalahan besar salah upload atau salah input data, anda harus menghubungi dan datang ke kantor BKD setempat untuk mengurus perbaikan data. Tentunya tidak akan mudah mengurus hal tersebut di kantor BKD apalagi anda hanya seorang masyarakat biasa.




    Setelah mengakhiri proses pendaftaran akan muncul informasi halaman resume data diri anda dan diakhiri halaman terdapat menu cetak KARTU PENDAFTARAN CPNS yang nantinya harus dibawa ketika mengikuti test CAT.


    Berikut ini tampilan KARTU PENDAFTARAN CPNS yang terdiri dari 2 halaman.



    Proses pendaftaran selesai langkah selanjutnya adalah menunggu proses pendaftaran di tutup dan menunggu proses verifikasi berkas oleh Team BKD Kabupaten/Kota. Lulus atau tidak lulus, anda akan mendapatkan detail informasinya pada saat pengumuman verifikasi berkas. Jika anda tidak lulus maka akan ada pemberitahuan apa yang menyebabkan anda dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas. 

    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: