3 Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer dan Laptop Lemot

Bekerja atau bermain game menggunakan komputer atau laptop dengan spek rendah dengan kondisi system window slow respon adalah suatu hal yang membosankan dan bahkan cenderung membuat kita merasa tak sabar dan berakhir dengan emosi.

Bagaimana tidak, bila respon komputer atau laptop ketika diperintah sangatlah lambat alias lemot, dan membutuhkan waktu jeda tunggu setiap kali ada perintah baru. Saya yakin pasti lama kelamaan anda akan merasa bosan, jenuh, habis kesabaran dan berujung emosi serta terkadang berujung tindak kekerasakan kepada komputer atau laptop entah itu dipukul, dimatikan paksa bahkan dibanting.

Lalu siapa yang salah? mengapa bisa seperti itu? dan bagimana solusinya?
Untuk kasus seperti ini sebenarnya apabila dilakukan analisa yang mendalam semua kesalahan itu kembali ke pemilik perangkat. Kenapa? karena jika anda ingin perangkat komputer atau laptop dengan performa yang fast respon tentunya anda harus membeli perangkat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda, bukan berdasarkan daya beli atau penghematan pengeluaran.

Jika anda ingin mempunyai komputer atau laptop dengan performa full speed, seharusnya anda membeli komputer atau laptop dengan spek yang tinggi. Namun pada kenyataannya kebanyakan orang salah beli dan salah paham. Ingin Komputer atau Laptop dengan performa full speed namun yang dibeli masih perangkat dengan spek standar atau rata-rata untuk keperluan ketik mengetik bukan perangkat dengan spek premium editor multimedia atau gaming begitulah realitanya di masyarakat. Pengennya yang murah-murah tapi berkualitas tinggi, kira-kira ada gak ya? ingat...harga menentukan kwalitas itu saja patokan simpelnya.

Bagi anda yang sudah terlanjur membeli komputer atau laptop spek standar dengan type processor core i3 ke bawah serta kapasitas ram di bawah 8 GB tentunya yang dirasakan adalah ketidak puasan pada hal atau point tertentu (misal main game berat) dimana komputer atau laptop anda slow respon alias lemot.



Disini saya akan membagikan 3 tips jitu bagaimana cara meningkatkan kecepatan komputer atau laptop yang lemot dengan spek standar agar terasa lebih fast respon  saat digunakan.

Yang Pertama, Gunakan Windows sesuai dengan kemampuan processor dan jangan karena ingin terkesan up to date anda lantas memaksakan diri menggunakan versi windows terbaru misalnya windows 10 saat ini. Sementara perangkat komputer atau laptop anda tergolong produk lawas dengan processor di bawah core i3 tiga dan RAM yang hanya 4 GB atau dibawahnya.




Untuk komputer atau laptop produk lawas di bawah tahun rilisnya Windows 8 sebaiknya dan saya rekomendasikan gunakan windows 7 atau Windows XP untuk komputer atau laptop yang produksinya di sebelum dirilisnya windows 7.

Untuk komputer atau laptop produk keluaran baru jika memang Processornya masil Dual Core atau Core 2 duo atau bahkan core i3 namun secara bawaan RAM hanya berkapasitas 2 GB saya juga rekomendasikan gunakan Windows 7 agar performanya cukup baik. Memang secara bawaan laptop dan komputer sekarang semua sudah menggunakan Windows 10, namun saya rasa untuk Device dengan spek rendah menurut saya itu sebuah pemaksaan. Banyak Laptop dengan kapasitas processor di bawah core i3 dan RAM bawaan yang hanya 2 GB sudah menggunakan Windows 10 dari pabrikan. Tapi tidak dapat dipungkiri sudah dapat dipastikan untuk performanya jelas-jelas slow respon, memang bisa dan compitable namun kurang compitable sebenernya dari segi daya dukung performa komponen device penunjangnya.

Yang Kedua, Gunakan Hardisk SSD minimal untuk Drive System Windows. Hardisk dengan type SDD secara performa dan kecepatan load data lebih cepat 2 kali lipat bila dibandingkan dengan hardisk type lama yang masih menggunakan piringan. Penggunaan Hardisk SDD untuk saat ini cenderung meningkat, semenjak banyak tersedianya Hardisk SSD dalam berbagai merk dan harga yang terjangkau. Sebenarnya hardisk SSD sudah lama ada, namun di pasaran masih jarang yang jual karena harganya yang cukup tinggi waktu itu. Mungkin karena dulu produsen Hardisk SSD masih sedikit, perusahaan-perusahaan besar dan terkenal saja yang mengeluarkannya seperti intel.



Namun sekarang Hardisk SSD dapat anda dapatkan secara mudah dan dengan harga yang terjangkau. Sekarang banyak sekali pilihan hardisk SSD dalam berbagai merk dan kapasitas. Masing-masing produsen berlomba-lomba di pasaran dengan penawaran kwalitas dan harga yang bersaing. Anda bisa mendapatkan secara mudah melalui belanja online seperti di Buka Lapak, Toko Pedia, Lazada, Shopee dan tempat pusat belanja online lainnya.

Untuk harga hardisk SSD sendiri saat ini harganya lebih tinggi dari harga hardisk type lama yang masih menggunakan piringan, rata-rata 2 sampai 3 kali lipat harga Hardisk Biasa. Memang terkesan mahal namun sesuai dengan kwalitasnya. Jika anda memiliki dana yang cukup dan keperluan lain sudah terpenuhi tidak ada salahnya untuk membeli Hardisk SSD dengan kapasitas yang besar. Namun bagi anda yang hanya punya dana pas-pasan bisa membeli hardisk SSD dengan kapasitas paling rendah yaitu 120 GB yang nantinya hanya digunakan untuk Drive System. Dengan ukuran 120 GB saya rasa itu sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan sebagai Drive System Windows. Rata-rata berdasarkan pengamatan saya pemakaian Drive System pengguna komputer dan laptop masih dibawah 100 GB, kecuali anda seorang gamer sejati yang butuh penyimpanan super besar. Seorang Gamer sejati biasanya komputer atau laptopnya minimal menggunakan hardisk 1 TB (1.000 GB).

Dengan menggunakan Hardisk SSD, secara otomatis load system akan menjadi lebih cepat, respon system pun meningkat. Jika biasanya komputer atau laptop dengan Drive System menggunakan Hardisk HDD ketika booting windows butuh waktu 1  sampai beberapa menit sampai dengan terbukanya jendela windows. Ketika menggunakan Hardisk SSD booting windows akan lebih cepat tidak sampai 1 menit hanya beberapa detik saja jendela windows sudah terbuka dan bisa diakses. Begitu juga ketika komputer atau laptop dengan hardisk SSD dioprasikan untuk kegiatan kerja atau main game, respon sytem terasa lebih cepat mungkin karena waktu load data SSD jauh lebih cepat bila dibandingkan HDD.

Yang Ketiga, Gunakan RAM minimal 4 GB bila perlu tambah kapasitas RAM. Dengan kapasitas RAM yang lebih besar system tidak akan kehabisan ruang untuk menjalankan banyak program sekaligus dalam satu waktu bahkan untuk menjalankan program-progam berat yang memakan banyak space RAM seperti sofware editing Vidio, Gambar dan Game-game Berat misal game perang online dan offline.



Disini kebanyakan orang awam salah pemahaman, dimana kebanyakan orang mengira bahwa kecepatan komputer atau laptop ditentukan dan tergangtung oleh RAM. Padahal RAM itu sendiri fungsinya untuk menampung data-data dari program yang sedang dijalankan bukan memingkatkan kecepatan. Fungsinya mirip seperti hardisk, jika hardisk berfungsi untuk menyimpan data yang berupa file, RAM berfungsi untuk menyimpan data aktivitas yang sedang berjalan dari program-program yang dijalankan di jendela windows. Jika penggunaan RAM sudah melebihi batas (terlalu banyak program yang dijalankan) efeknya kecepatan atau performa akan menurun dan bahkan bisa berakibat blank dan berujung force close program.

Perlu diketahui bahwa performa atau kecepatan kinerja system komputer atau laptop dipengaruhi oleh banyak hal dan didukung oleh beberapa hardware yang saling mendukung dan berkaitan. Setidaknya ada 3 hardware atau perangkat keras yang paling menentukan yaitu, Processor, RAM dan Hardisk dan 3 hardware penunjang yaitu mainboard, VGA dan Powersuply. Ketiga hardware tersebut harus seimbang agar performa yang di dapat sesuai dengan harapan.

Apabila Anda hendak merakit sebuah komputer dengan Spek yang cukup tinggi, pertimbangkan untuk memilih dan menggunakan powersuply yang menyesuaikan komponen hardware yang disuplay arus oleh powersuply nantinya. Anda harus menggunakan power supply dengan kapasitas besar apabila hardware yang terpasang cukup banyak agar terhindar dari kerusakan hardware akibat kurangan daya konsumsi listrik.



Apabila anda menginginkan komputer atau laptop dengan speed responsif dan performa yang tinggi anda harus memperhatikan ke 6 hardware di atas.
  1. Pilih mainboard dengan spek tinggi sehingga mensuport penggunaan processor kelas tinggi dan keluaran terbaru saat ini dan di masa yang akan datang.
  2. Gunakan Processor dengan performa yang tinggi minimal core i3, core i5, atau core i7 
  3. Gunakan RAM dengan kapasitas besar minimal 4 atau 8 GB, bila perlu gunakan RAM dengan kapasitas penggunaan maksimal RAM yang disuport Mainboard. 
  4. Gunakan Hardisk type SSD agar load data system lebih cepat baik untuk System atau Hardisk untuk penyimpanan data.
  5. Gunakan VGA dengan kapasitas yang besar
  6. Gunakan kipas pendingin processor yang baik misal kipas processor model radiator
  7. Gunakan Power Suply sesuai dengan kebutuhan hardware, semakin banyak komponen hardware tambahan yang terpasang semakin besar konsumsi arus untuk itu power suply harus menyesuaikan
Demikianlah tips atau cara jitu upgrade speed meningkatkan kecepatan komputer dan laptop yang lemot agar lebih fast respon. Silahkan anda terapkan kesemua point atau anda pilih satu satu poin yang sesuai dengan kemampuan anda. Minimal agar komputer atau laptop anda fast respon gunakan hardisk untuk System Windows dengan jenis Hardisk SSD biasa atau SSD M2 untuk komputer dan laptop keluaran terbaru yang mensuportnya (Compatible SSD M2).

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.