8 Point Penyebab Blog Kurang Menarik Minat Pembaca

Memiliki sebuah blog yang dikenal dan disukai oleh banyak orang memang merupakan impian Kebanyakan blogger. Banyak upaya dapat dilakukan untuk membuat blog kita tampil perfect, seperti menggunakan template premium, memasang widget yang menarik, dan sebagainya.

Tapi apakah itu semua cukup untuk membuat blog kita tampil sempurna?

Baik atau tidaknya sebuah baik dari segi tampilan dan isi kontenya tidak bisa dinilai oleh pemiliknya sendiri, atau bahkan dinilai oleh segelintir orang saja karena sudut pandang penilaian setiap orang pasti berbeda-beda. Sempurna menurut Anda belum tentu sempurna menurut orang lain. begitupun sebaliknya jelek di mata segelintir orang  bisa jadi sempurna menurut orang banyak orang lainnya.

Tetapi jika blog anda masuk dalam kategori yang akan saya jelaskan pada pembahasan berikut ini, bisa jadi blog anda adalah salah satu dari sekian banyak blog yang buruk secara kwalitas dan perlu adanya pembaharuan.



Berikut ini adalah 8 point alasan mengapa blog Anda masuk dalam kategori buruk secara kwalitas:

1. Blog Anda Berisikan Konten Campuran yang Tidak Tertarget

Hal pertama yang membuat blog terlihat buruk dan kurang menarik menarik adalah karena blog Anda berisikan terlalu banyak topik bahasan  "konten campuran " yang tidak terarah dan kwalitas penulisan serta informasi yang disajikan kurang akurat dan cenderung tidak bisa dipercaya.

Sebenernya tidak ada yang salah dan tidak ada yang melarang untuk membuat blog dengan topik pembahasan campuran. Namun kebanyakan pada kenyataannya blog konten campuran cenderung  buruk. Mengapa?

Yang pertama karena blog Anda tidak akan memiliki ciri khas dan juga akan sulit untuk mendapatkan pembaca setia. Akhir akan datang dan pergi tanpa mengingat blog Anda lagi.

Yang kedua banyak kasus Blog dengan konten campuran berisikan konten hasil plagiarisme, secara logika tidak mungkin satu orang menguasai banyak topik bahasan dengan tepat. Semua orang memiliki keahlian dan bidang masing-masing. Hanya manusia super yang memiliki kelebihan ahli di segala bidang, ilmuwan pun terbagi-bagi menurut bidangnya masing-masing.

2. Blog Anda adalah Blog Berisikan Konten Berita

Blog dengan konten berita hampir tidak ada bedanya dengan blog gado-gado dengan konten campuran. Sudah pasti informasi atau berita yang disampaikan konten mencakup banyak topik atau bidang. Blog dengan konten berita memang sangat menjanjikan mendapatkan visitor yang banyak, namun jika anda seorang pemula dan bukan seorang jurnalis tentunya kan sangat sulit untuk bisa up-to date membagikan informasi terkini dan trending pada waktunya. Ujung-ujungnya konten berita yang anda publikasikan adalah hasil contek sana sana sini dan tentunya anda akan kalah bersaing di telan waktu karena apa yang anda bagikan bukan ide anda sendiri melainkan hasil menyalin karya orang lain.

3. Konten blog Anda Biasa Saja tidak Ada Yang Istimewa

Ratusa, Ribuan, bahkan jutaan blogger setiap hari mempublikasikan konten yang mereka buat. Sudah dapat dipastikan kancah persaingan antar blogger semakin hari semakin memanas dan sulit. Dimana setiap harinya muncul Blogger Pemua baru yang mungkin memiliki topik blog yang sama dengan anda. Belum lagi para blogger kawakan yang sudah profesional dan berpengalaman malang melintang di dunia blogging yang tidak menutup kemungkinan juga memiliki topik yang sama dengan blog anda. Anda harus membuat konten yang berkwalitas baik secara isi dan tulisan agar konten blog anda mampu bersaing dengan konten blog lain dengan pembahasan yang sama. Jika konten blog yang anda buat kurang memberikan manfaat dan terkesan biasa-biasa saja anda hanya menungu waktu dimana suatu saat anda akan merasa lelah dan pada akhirnya menyerah begitu saja.

4. Konten Blog yang Anda Publikasikan Hasil Plagiarism

Blog dengan konten asli buatan sendiri (unique) belum tentu dapat bersaing dengan konten blog orang lain dengan topik pembahasan yang sama di hasil penelusuran google. Butuh kerja keras yang ekstra untuk membuat konten yang berkwalitas, menarik, disukai pengguna dan google baik secara sruktur penulisan dan informasi yang dibagikan. Jika anda mempublikasikan konten hasil salinan karya orang lain tanpa adanya nilai tambah, sudah dipastikan anda hanya membuang-buang waktu saja. Konten salinan yang anda publikasikan hanya akan menjadi sampah dan akan sangat sulit mendatangkan trafik kecuali anda seorang yang memiliki banyak pengikut setia di media sosial. Karena faktor konten yang masuk ke halama page one hasil penelusuran google ditentutkan oleh 2 faktor utama yang pertama konten tersebut memang benar-benar berbobot dan yang kedua konten tersebut meskipun kurang bermanfaat, kurang baik secara tulisan, hasil salinan copy poste artikel orang lain namun banyak mendapatkan kungan dari hasil promosi di media sosial (visitor non organic). 

5. Blog Anda Memiliki Halaman Load yang Berat

Blog beserta halaman konten dengan load yang berat cenderung banyak ditinggalkan oleh orang. Dimana ketika ada pengguna yang mencoba mengunjungi salah satu konten menarik namun konten tersebut tidak kunjung ditampilkan karena loading halaman blog yang berat dan lama, bisanya mereka akan cenderung cepat mengambil tindakan keluar/close tab dan beralih ke konten situs lain. Google sendiri menyarankan agar kita mengoptimalkan kecepatan load halaman tidak lebih dari 2.5 detik, apabila lebih dari itu maka blog akan masuk dalam kategori slow page.

6. Desain blog Anda Over Acting hingga terkesan berlebihan

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang dan bahkan banyak orang tidak suka dengan tampilan halaman blog yang over acting atau terkesan berlebihan. Dimana halaman terlalu banyak efek animasi, terlalu banyak memasang widget hingga tampak berantakan, fitur notifikasi yang berlebihan sehingga terkesan sangat menggangu kenyaman dan lain sebagainya yang dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman sehingga akan terburu-buru meninggalkan halaman konten blog anda meskipun konten yang disajikan cukup baik dan menarik. Terlalu banyak optimasi dan Over Acting justru terkadang bertampak buruk terhadap kwalitas blog dimata search engine dan pengguna.

8. Terlalu Banyak Menerapkan Banner Iklan

Semua blogger pasti ingin mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan, semakin banyak iklan yang ditampilkan semakin besar peluang klick iklan. Sampai-sampai berlebihan dalam menerapkan pemasangan banner iklan di area konten (halaman postingan). Terlalu banyak memasang banner iklan selain terkesan berlebihan, tidak disukai banyak orang, mengurangi kenyamanan membaca, juga dapat menyumbang beban load halaman. Terkadang juga berakibat pada penggunaan Browser anti iklan, karena pengunjung sudah mengetahui bahwa situs yang dikunjungi banyak mengandung banner iklan. Berdasarkan informasi yang beredar pada umumnya orang tidak suka dengan halaman blog yang terlalu banyak iklan dengan alasan kenyamanan.

Demikianlah beberapa point atau alasan yang menjadi dasar mengapa sebuah blog dikatakan buruk dan cenderung tidak disukai oleh banyak pengguna google. Apabila terdapat pembahasan yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan realita yang anda rasakan saya mohon maaf. Setiap orang memiliki sudat pandangnya masing-masing yang berbeda.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.