Cara Melihat dan Memantau Visitor Blog Secara Real Time

Mengetahui sumber lalu lintas visitor dan konten postingan yang mendatangkan trafik sebuah blog yang dikelola adalah suatu hal yang perlu di pantau dan kita ketahui sebagai seorang blogger. Pada umumnya para blogger pemula seperti saya dalam hal melihat jumlah pengunjung dan postingan blog mana saja yang mendatangkan trafik adalah melalui dasboard blogger. Melalui menu statistik di dasboard blogger kita dapat mengetahui jumlah page view, postingan dengan grafik pengjunjung, sumber lalu lintas berdasarkan mesin pencari yang digunakan, dan asal negara pengunjung.

Namun perlu Anda ketahui meskipun kita dapat memantau dan mengetahui lalu lintas statistik blog melalui dasboard blogger, data yang ditampilkan sebenarnya masih kurang detail atau real. Agar kita dapat mengetahui lalu lintas visitor blog secara detail maka kita perlu mendaftarkan blog ke Google Analytics. Dengan google Analytics kita dapat mengetahui lalu lintas visitor blog secara detail dan real time baik itu visitor organik lama maupun visitor organik baru.

Berikut ini saya akan membagian cara melihat dan memantau Lalu Lintas Visitor Blog secara Real Time menggunakan aplikasi Google Analytics Android. Dengan cara ini kita dapat dengan mudah mengetahui jumlah visitor secara real time berdasarkan perangkat yang digunakan dan postingan mana yang sedang dikunjungi visitor dan yang paling banyak dikunjungi.

Bagi anda yang belum mendaftarkan blog kalian dan  memasang Google Analytics silahkan daftarkan dan pasang terlebih dahulu kode pelacakan Google Analytics agar nantitnya anda dapat memantau lalu lintas blog melalui Website Google Analytic secara langsung melalui Perangkat Komputer dan Android. Tutorial Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics Blog Template Non-AMPTutorial Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics Blog Template Full AMP

Setelah Anda menginstal Aplikasi Google Analytic pada Android buka dan login menggunakan akun google yang anda gunakan untuk mendaftarkan blog ke website Google Analytics.

Pada halaman Dasboard akan muncul informasi Real Time Visitor dan ringkasan Audiens yang akan berubah-ubah mengikuti jumlah visitor yang sedang aktif mengunjungi blog anda secara real time. Disini anda hanya dapat melihat Real Time Visitor aktiv dan detail Ringkasan Audiens jumlah pengguna berdasarkan waktu, sesi dan jumlah pengguna baru, Ringkasan Perilaku yang meliputi durasi ra-rata, rasio pentalan, pageview dan lainnya. Anda tidak dapat melihat detail Visitor berdasarkan perangkat yang digunakan dan konten postingan yang sedang dikunjungi pada menu Beranda ini.



Untuk melihat detail Visitor berdasarkan Perangkat yang digunakan dan halaman konten mana yang sedang dikunjungi anda harus beralih ke menu Real Time dengan cara menekan tiga garis veritikal yang ada disudut kiri dan pilih menu Real Time.



Sekarang kita dapat memantau dan melihat jumlah visitor blog secara real time berdasarkan perangkat yang digunakan dan konten blog atau halaman blog yang sedang mereka kunjungi. Data statistik yang ditampilkan akan berubah-ubah berkurang atau bertambah dalam detik atau menit  kemudian mengikuti jumlah visitor aktiv yang sedang mengakses blog anda seperti tampak pada screenshot berikut ini sebagai contohnya.







Demikianlah Tutorial Cara Memantau Visitor Blog secara Real Time dengan mudah sekali menggunakan bantuan Google Analytics. Anda dapat mengetahui pengguna atau visitor mayoritas berdasarkan perangkat yang digunakan, sehingga anda dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih template yang cocok untuk blog yang sedang anda kelola. Apabila visitor blog anda didominasi pengguna Dekstop maka template yang cocok adalah Template Non AMP dan sebaliknya apabila visitor blog anda di dominasi pengguna Seluler maka template yang cocok untuk blog anda adalah Template AMP.

Pemilihan Template yang tepat berdasarkan Data Mayoritas Pengguna berdasarkan perangkat yang digunakan dapat meningkatkan kwalitas SEO blog anda secara tidak langsung dan anda juga dapat mengetahui konten blog mana yang masuk page one dalam hasil pencarian google oleh pengguna.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.