Cara Membuat Konten Berkwalitas Disukai Pengguna Google

Membuat konten atau postingan blog yang nantinya dapat bersaing dan mendatangkan banyak trafik pengujung tidak mudah. Jika selama ini anda seorang blogger ketika membuat konten atau postingan hanya asal saja yang penting up-to date dan hanya mengikuti mood menulis tanpa memperhatikan cara-cara membuat konten yang baik secara susunan bahasa (grammer) dan banyak mengandung keyword potensial  yang banyak dicari di hasil penelusuran google itu berarti selama ini anda sudah melakukan suatu hal yang kurang tepat sasaran dan bisa cenderung salah.

Pastinya anda begitupun saya sendiri sering mengalami kecewaan dimana konten yang menurut kita berkwalitas, banyak dibutuhkan orang, asli buatan sendiri (unique) dan lengkap dengan pembahasan yang panjang lebar ternyata setelah dipublikasikan tidak mendatangkan banyak trafik. Hal seperti ini memang paling umum dan banyak di rasakan oleh blogger pemula yang masih pada tahap bejar seperti saya pada saat ini.



Hal tersebut di atas disebabkan karena kita kurang memperhatikan point penting lain diluar kwalitas konten itu sendiri, point-point tersebut diantaranya adalah long tail keyword atau keyword populer, backlink, promosi konten, metode penulisan konten dan penyisipan gambar dan lain sebagainya yang memang sangat berpengaruh pada kwalitas konten nantinya ketika dipublikasikan.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat konten yang baik, menarik dan berkwalitas agar mudah ditemukan dan disukai oleh pengguna, pembaca setia atau pengunjung serta memiki peluang untuk tampil di halaman page one hasil penelusuran google. Apa yang akan saya jabarkan disini mungkin merupakan suatu hal yang sudah tidak asing dan sering kita baca atau kita dapatkan dari orang lain yang se profesi dengan anda. Terdengar mudah namun sulit sekali untuk dipraktikkan pada kenyataannya.

Gunakan Keyword Long Tail atau Populer Pada Judul Konten

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah menentukan judul konten yang tepat, yang mewakili seluruh isi dari konten yang akan anda tulis dan bagikan. Usahakan judul konten tidak terlalu panjang, singkat, padat dan tepat sasaran dan merupakan kombinasi keyword yang banyak digunakan oleh pengguna pada pencarian google. Anda dapat mencoba menggunakan Keyword Tool atau penelusuran judul untuk melihat apakah susunan kata yang akan anda jadikan judul mendapat volume pencarian yang banyak. Hindari keyword yang sedikit volume pencarian atau bahkan tidak ada sama sekali volume pencariannya. Gunakan Keyword yang minim volume pencarian sebagai pelengkap judul saja.

Gunakan Kombinasi Keyword Dengan Volume Pencarian Tinggi pada URL

Salah satu metode kedua yang dapat diterapkan setelah menentukan judul yang tepat dengan volume pencarian keyword yang tinggi adalah dengan menyisipkan keyword tersebut pada url halaman konten. Hal ini bertujuan agar antara judul dan url postingan saling berkaitan. Usahakan jangan membuat url yang panjang, buat singkat, padat, dan jelas serta mudah dipahami oleh mesin telusur.

Gunakan  Keyword Dengan Volume Pencarian Tinggi dan Rendah pada Deskripsi Penelusuran Konten

Sama halnya dengan URL agar antara judul dan deskripsi saling berkaitan, gunakan kobinasi keyword dalam memberikan deskripsi konten. Deksripsi Penelusuran yang anda tulis akan ditampilkan pada halaman pencarian setelah judul dan url. Apabila Anda menggunakan beberapa keyword dengan kobinasi yang tepat dapat meningkatkan klick pengjung. Karena jika judul tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, terkadang pengguna juga lebih tertarik dengan deksripsi singkat yang ditampilkan yang di dalamnya mengadung kata kunci atau keyword yang digunakan dalam penelusuran pencarian google.

Gunakan banyak Keyword dari hasil pencarian penelusuran google oleh pengguna dan hasil percobaan tingkat volume pencarian kata kunci pada keyword tool yang anda gunakan. Kumpulkan semua keyword yang muncul dengan volume pencarian tertinggi dan sedang dan gunakan kumpulan keyword tersebut sebagai kerangka konten. Intinya konten anda nantinya adalah menjawan atau menjabarkan semua keyword yang dijadikan kerangkan konten. Buat konten dengan penjabaran yang tidak terlalu panjang namun lengkap dan jelas dan hindari pembahasan yang keluar dari topik yang dibahas.

Konten dengan Pembahasan Yang Lengkap dan Jelas adalah yang Lebih Baik

Buatlah isi konten bahasan yang lengkap dan jelas serta tidak terlalu pendek. Karena konten dengan penjelasan yang singkat kurang dikusi Google dan mesin penelusuran lainnya bahkan pengguna sakalipun. Rata-rata orang lebih suka dengan suatu bahasan yang panjang lebar namun terfokus pada apa yang dibahas, semua dijelaskan secara rinci dan mudah dimengerti sehingga pembaca akan puas, tidak menutup kemungkinan mereka akan meluapkan kepusannya dengan berkontar yang berisi sanjungan atau motivasi.

Gunakan Gambar atau Vidio Pendukung Yang Sesuai dan Relevan

Gambar merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari konten postingan. Dimana hampir semua postingan yang dibuat dan dipublikasikan rata-rata menggunakan gambar sebagai pemanis. Jarang sekali ditemukan konten yang hanya berisi teks saja tanpa adanya gambar sebagai pelengkap konten agar lebih terlihat menarik. Apabila konten yang anda buat bukanlah berupaka konten tutorial, misalnya artikel yang lebih berfokus dan berisikan teks, gunakan minimal satu buah gambar saja sebagai pemanis agar konten terlelihat lebih menarik dengan catatan gunakan gambar yang ada kaitannya dengan konten yang sedang anda buat.

Namun apabila konten yang sedang anda buat berupa konten tutorial, gunakan gambar secukupnya yang berfungsi hanya sebagai penjelas atau gambar pendukung agar pengguna tidak bingung dengan apa yang anda jelaskan dan jangan berlebihan. Karena konten dengan gambar yang terlalu banyak disisipkan di dalamnya cenderung beresiko memiliki beban load yang berat saat diakses oleh pengguna terkadang dan banyak kasus butuh waktu agak lama untuk membuka keseluruhan konten karena beban load gambar yang ada di dalamnya.

Sisipkan Judul dan Link Url Postingan yang Yang Berkaitan

Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan dan memeratakan visitor konten blog yang telah dipublikasikan adalah dengan menyisipkan Judul berikut Link Halaman Konten Postingan lain yang ada kaitannya dengan apa yang sedang dibicarakan dalam sebuah postingan. Tidak menutup kemungkinan pengunjung yang merasa tertarik dengan Judul Postingan lain akan melakukan klick sehingga dapat meningkatkan dan memeratakan jumlah kunjungan konten postingan blog dan juga dapat membuat pengjung lebih bertahan lama untuk membaca postingan lain yang saling dikaitan menggunakan Link Url Postingan Berantai.

Demikianlah beberapa point penting atau metode yang dapat diterapkan untuk membuat sebuah konten artikel yang berkwalitas disukai oleh pengguna dan google serta berpeluang muncul di halaman Page One hasil Penelusuran Google.

Dapat disimpulkan bahwa membuat artikel yang disukai oleh Google dan berpeluang masuk halaman Page One Google bukanlah hal yang tidak mungkin. Langkah selanjutnya yang dapatanda terapkan adalah mempromosikan konten artikel yang telah dipublikasikan di media sosial atau tempat-tempat lain sehingga semakin banyak yang mengunjungi dan membacanya.

Pengunjung dari media sosial juga menjadi salah satu penentu sebuah konten artikel cepat masuk ke peringkat halaman page one google. Karena Konten yang masuk page one google adalah konten yang unik lain dari pada yang lain dan banyak dikunjungi orang meskipun bersumber dari media sosial bukan hasil penelusuran organik.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.