Cara Membuat Ratting Bintang Blog Hasil Penelusuran Google

Ratting Bintang Blog. Salah satu cara meningkatkan kepercayaan pengguna  terhadap kualitas konten blog dan mempengharuhi pembaca agar menentukan dan menjatuhkan pilihan pada konten postingan blog anda di hasil penelusuran google adalah dengan cara memberikan efek ratting bintang pada setiap konten postingan.



Pengguna google pada umumnya mungkin lebih tertarik untuk membaca konten postingan blog yang memiliki ratting bintang. Karena mereka memiliki keyakinan bahwa konten postingan dengan ratting bintang pada penelusuran google sudah dipastikan berkualitas, bisa dibuktikan kebenarannya, dan sudah banyak yang mengunjungi dan membacanya bila dibandingkan konten postingan dari blogger lain yang tidak ada ratting bintangnya.

Sebenarnya fitur ratting bintang ini umumnya dimiliki  oleh pengguna platform Wordpress dengan adanya pluggin khusus untuk memunculkan ratting bintang pada konten postingan di hasil penelusuran google  dan untuk pengguna platform blogger tidak tersedia.

Pada pengguna platform wordpress nilai ratting bintang diperoleh secara natural melalui pemberian vote oleh pembaca yang merasa puas dengan konten postingan yang disajikan. Sedangkan untuk pengguna platform Blogger sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya tidak ada pluggin khusus ratting bintang blogger maka nilai ratting bintang ditentukan sendiri oleh pemilik blog (Rekayasa Pemilik Blog).

Meskipun begitu ternyata ada cara khusus agar pengguna blogger tetap bisa memunculkan ratting bintang pada konten postingan di hasil penelusuran google yaitu dengan cara memasang Script Ratting Bintang di dalam kode penyusun template.

Cara Membuat Ratting Bintang Blog di Hasil Penelusuran Google

Untuk membuat dan memasang efek Ratting Bintang pada platform blogger ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Dasboard Blogger kemudian cari dan temukan menu EDIT HTML

2. Salin dan tempelkan Script Ratting Bintang berikut ini di atas <head>
 

<script type="application/ld+json">
{
"@context": "https://schema.org/",
"@type": "Book",
"name": "Basith Stevie Jhei",
"aggregateRating": {
"@type": "AggregateRating",
"ratingValue": "4.1",
"ratingCount": "14",
"bestRating": "5",
"worstRating": "1"
}
}
</script>



Keterangan :

@context      : merupakan kode  schema
@type           : merupakan Niche blog
Name            : merupakan nama pemilik atau admin blog
ratting value : merupakan jumlah ratting bintang

3. Sesuaikan type (Niche) Blog menggunakan beberapa pilihan type berikut ini: Book, Course, Event, How-to, Local business, Movie, Product, Recipe, Software App.

4. Tentukan ratting value sesuai selera namun jangan melebihi nilai maksimum  5 ratting bintang

5. Klick Simpan Tema  untuk menerapkan

6. Lakukan validasi struktur kode template melalui Google Markup Data dengan menggunakan salah satu URL konten postingan



7. Apabila hasil validasi tidak menunjukkan ada kesahalan kode khususnya pada opsi @type berarti pemberihan type blog sudah sesuai dengan Niche Blog.



8. Untuk hasil penerapan Ratting Bintang ini tidak bisa secara langsung ditampilkan oleh Google pada hasil penelusuran, biasanya Google perlu waktu beberapa hari mengindeks ulang seluruh konten postingan yang sudah dipublikasikan.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat dan Memasang Ratting Bintang Blog di hasil penelusuran pengguna google. Semoga tutorial di atas mudah dimengerti dan dipraktikkan oleh sobat blogger. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan Like FansPage, Subscribe dan Share.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.