Cara Mengatasi Canon MG 2570 S Tidak Bisa Narik Kertas

Masalah Printer mengalami Paper Jammed tidak bisa dipakai ngeprint sering kali terjadi dan dialami oleh penggana printer khususnya merk canon. Dimana ketika printer ketika diperintah untuk mencetak dokumen tidak bisa menarik kertas dan pada layar monitor muncul notifikasi Paper Jammed.

Saya sering mengatasi masalah printer canon yang mengalami kendala paper jammed atau tidak bisa menarik kertas ketika digunakan untuk print dokumen. Rata-rata disebabkan dan dinominasi oleh 2 faktor yang perttama sensor kertas rusak sudah aus dan saatnya di ganti dan yang kedua karena adanya benda asing yang masuk melalui area baking kertas kemudian terjepit di dalam mekanik printer area lalu lintas kertas.

Pada rekaman vidio di atas tidak ada suara sama sekali, karena terjadi kesalahan teknis pada handphone

Kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mengatasi printer Canon MG 2570 S yang tidak bisa ngeprint karena kendala Paper Jammed tidak bisa menarik kertas. Seperti biasanya sebelum memulai service saya selalu mencoba test printer terlebih dahulu dengan mencoba mencetak dokumen.



Setelah saya perhatikan Canon MG 2570 S ketika digunakan untuk mencetak dokumen berfungsi normal merespon printah cetak, namun ketika pergerakan mekanik printer menarik kertas terjadi paper jammed. Kertas berhasil masuk dan tertarik sedikit namun  seperti terhalang  sesuatu.

Jika ketika Printer mengalami paperjamed dengan ciri kertas berhasil tertarik namun gagal masuk seperti terhalang sesuatu itu menandakan bahwa di area mekanik ada benda asing yang menghalangi jalu kertas bukan karena rusaknya Sensor Kertas.

Berbeda jika yang rusak sensor kertas biasanya kertas tertarik sempurna namun los (blablas) dan kadang berulang-ulang menarik kertas dengan sendirinya, atau kertas masuk sebagian sampai area lintasan head kemudian terjadi error paper jamed itu menandakan sensor kertas yang bermasalah.

Jadi anda harus bisa membedakan dan menganalisa ciri-ciri penyebab paper jamed apakah karena sensor rusak atau karena adanya benda asing yang masuk ke dalam area mekanik printer.

Setelah mengamati gejala dan tanda-tanda Printer MG 2570 S Paper Jamed yang menunjukkan dan terindikasi adanya benda asing, langkah perbaikan yang dapat dilakukan adalah membongkar case printer dan memastikan apakah benar ada benda asing yang terjepit mekanik printer sehingga menghalangi masuknya kertas. Bagi Anda yang belum berpengalaman bongkar case printer MG 2570 S silahkan simak Tutorial Cara Bongkas Case Printer Canon MG 2570 S terlebih dahulu.

Setelah saya bongkar total Printer MG 2570 S yang mengalami Paper Jamed ternyata benar di dalamnya ada beberapa butir telor Cicak yang berada di area mekanik printer.



Setelah saya bersihkan dan pastikan tidak ada telor cicak yang tertinggal saya mencoba memasang case Printer MG 2570 S dan mencoba test apakah masalah Paper Jamed sudah teratasi. Seperti tampak pada vidio di atas yang merupakan gabungan 2 vidio sebelum dan sesudah saya bongkar. Masalah Paper Jamed ternyata belum teratasi, printer tetap mengalami paper jamed dan menunjukkan seperti masih ada benda asing yang tertinggal.

Saya pun mencoba membongkar kembali dan ternyata di dalam unit Printer sang Induk Cicak Pemilik Telor masih bersarang di dalam printer.



Untuk menghindari bongkar pasang printer berkali-kali, pada proses pengecekan kedua saya lakukan dengan teliti dan ternyata ada benda asing selain telor cicak yang masuk dan terjepit mekanik rol kertas. Awalnya hanya terlihat sedikit ujung plastik dan saya mencoba untuk mengeluarkannya seperti tampak pada foto di bawah ini:



Karena posisi kertas terjepit dan tidak bisa diatasi dengan cara ditarik, untuk mengatasinya dengan cara melepas baut pengunci mekanik.



Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Printer Canon MG2570S yang mengalami Paper Jamed tidak bisa menarik kertas yang diakibatkan oleh adanya benda asing yang masuk dan terjepit mekanik printer sehingga menghalangi lalu kertas. Perlu di ingat bahwa ada 2 kemungkinan printer mengalami paper jamed yang pertama karena sensor kertas aus dan yang kedua biasanya karena adanya benda asing yang masuk dalam printer. Jadi Tempatkan printer di tempat yang tepat dan hindari menaruh benda-benda kecil di area printer, tutup printer ketika tidak digunakan dengan kain untuk menghindari masuknya benda asing ataupun hewan serangga.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.